Ini Hal Menarik Mazda CX-3 Sport 1,5 Dibanding Versi Lama

JAKARTA, Carvaganza – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai distributor resmi Mazda di Indonesia telah meluncurkan Mazda CX-3 Sport 1,5 sebagai alternatif baru SUV dengan banderol terjangkau. Varian baru CX-3 ini sekaligus membawanya masuk ke segmen baru bagi Mazda, yaitu SUV atau crossover bermesin 1.500 cc. bukan hanya varian mesin baru, ada sejumlah hal menarik yang dari CX.3 Sport 1,5 ini.

Mazda ingin membawa CX-3 untuk bisa ikut ramaikan persaingan segmen yang selama ini dikuasai oleh Honda HR-V 1,5 cukup lama. Dengan mesin lebih kecil, CX-3 kini punya banderol yang lebih terjangkau juga. Untuk menjadi SUV Mazda pertama bagi konsumen, CX-3 Sport 1,5 dipasarkan dengan harga Rp 339,9 juta (OTR Jakarta).

Tentunya, dengan harga yang berbeda ada perbedaan pula dari spesifikasi dan kelengkapan fitur disediakan oleh Mazda. Apa saja yang membedakan antara CX-3 Sport 1,5 dengan varian yang sudah ada sebelumnya?

Mazda CX-3 1,5

Mesin & Transmisi Mazda2

Selain mengadopsi basis atau platform yang sama, CX-3 Sport 1,5 kini juga mengusung mesin dari Mazda2 yang berwujud hatchback. Bisa dibilang, memang CX-3 ini adalah sebuah Mazda2 yang mendapat steroid, alias tampilannya lebih atletis dan kekar menjadi crossover.

Dengan dimensi lebih tinggi dan berotot, mesin 1,5 liter yang dipakai CX-3 juga punya perbedaan output yang lebih tinggi. Tenaga dari mesin ini yaitu 108 hp dengan torsi mencapai 144 Nm. Mesin terkecil dari line up Mazda yang ada saat ini tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis SkyActiv-Drive 6-percepatan.

Mesin Mazda2 generasi SkyActiv sudah cukup lama dikenal luas sebagai salah satu mesin yang paling irit konsumsi bahan bakarnya di kelasnya. Mungkin juga, CX-3 Sport 1,5 bisa mengikuti pencapaian yang sama di kelasnya.

Mazda CX-3 Sport

Upgrade Ala Model 7G

untuk tahun 2021 ini, seluruh penyegaran yang terjadi pada produk-prpduk Mazda turut mengadopsi elemen atau gaya desain dari produk generasi ketujuh alias 7G. Model 7G saat ini tersedia melalui Mazda3 dan CX-30. Beberapa di antaranya sudah bisa dinikmati juga pada CX-3 sekarang.

Seperti keyfob atau remote kuncinya, sekarang sudah berubah dengan bentuk seperti milik Mazda3. Desain yang lebih elegan dengan bentuk balok ini menciptakan kesan bentuk yang lebih ramping juga. Tidak hanya untuk varian CX-3 Sport 1,5, bentuk keyfob baru ini juga kini menjadi standar di seluruh varian crossover berdimensi kompak ini.

Selain keyfob, elemen dari model 7G lainnya yang dibawa ke CX-3 adalah jok depan. Sama seperti di Mazda3 dan CX-30, rancangan jok baris depan punya struktur yang akan menopang tubuh pengemudi dan penumpang. Konstruksi yang lebih mutakhir ini diklaim akan lebih ergonomis dan nyaman, membuat pengendara tidak cepat lelah dalam perjalanan.

Mazda CX-3 Sport

Warna Baru Eksklusif

Bicara soal tampilan eksterior, memang tidak ada yang berubah pada CX-3 Sport 1,5 dibandingkan varian yang ada sebelumnya. Namun, Mazda menyediakan warna eksklusif yang hanya tersedia untuk CX-3 Sport 1,5 yaitu Polymetal Grey. Warna baru ini menjadi alternatif yang lebih segar untuk konsumen, di antara total enam opsi warna eksterior, termasuk hero color Soul Red Crystal Metallic.

Kesan dan tampilan sporty dari CX-3 turut didukung dengan velg 18-inci berdesain multi-spoke yang berpulas warna Gunmetal. Tidak ketinggalan, elemen desain modern kekinian diterapkan dengan warna two-tone.

Mazda CX-3

Infotainment Wireless

Fitur baru pada Mazda CX-3 Sport 1,5 semakin memenuhi kebutuhan konsumen yang kekinian, terutama yang susah lepas dengan gadget. Sistem infotainment MZD Connect kini sudah bisa mengakses Apple CarPlay dan Android Auto. Menariknya, dua layanan konektivitas smartphone itu bisa diakses tanpa menggunakan kabel alias wireless.

Tentu fitur baru ini akan membuat akses aplikasi mobile seperti Spotify, Google Maps, Waze dan lainnya semakin praktis. Meski begitu, akses dua layanan untuk smartphone tersebut tetap bisa digunakan dengan koneksi kabel data USB, apalagi kalau mau sambil mengisi ulang baterai.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda