Mengenal Sejarah Singkat Lahirnya Sang Legenda Nissan GT-R

TOKYO, Carvaganza.com - Siapa tak mengetahui Nissan GT-R. Mobil ikonik ini dikenal dengan kekuatannya yang liar, dan dibuat secara handmade. Perjalanan sampai ke puncak seperti sekarang, berawal dari tahun '60-an ketika GT-R pertama kali digarap. Dari sebuah rentetan sejarah yang begitu panjang, termasuk ketika masih bernama Skyline, Nissan menorehkan nama yang begitu membumi.

Untuk mencapai prestasi seperti sekarang, sejarah GT-R tidaklah mudah. Bermula pada Februari 1969, saat Nissan menciptakan Skyline 2000GT-R. Mobil yang berhasil memenangkan 52 kejuaraan dalam kurun tiga tahun.

Dasarnya, ini merupakan mobil yang pengembangan terinspirasi dari prototipe mobil balap Nissan R380. Model yang dibuat Prince Motor Company pada 1965 untuk bertarung di Grand Prix Japan. Kemudian perusahaan itu bersama Nissan Motor dimerger pada 1966. Berbagai teknologi diadopsi, seperti mesin DOHC empat katup dan suspensi independen pada setiap roda.

Generasi pertama berkode PGC-10 itu menganut jantung mekanis S20 enam silinder berkubikasi 2,0 liter. Mampu menghasilkan tenaga tertinggi 160 PS di 7.000 rpm dan momen puntir maksimal 177 Nmm pada 5.600 rpm. Seluruh daya sedan empat pintu disalurkan ke roda belakang dengan mempercayakan pemindah gigi manual 5-speed. Mobil yang dilengkapi limited slip differential ini bertarung di balap Jepang, melawan Toyota Corona 1600GT (RT55), Isuzu Bellet GTR, Mazda Familia (R100) dan Mazda Capella (RX-2).



Meraih kemenangan pada 3 Mei 1969 di balap TS-B dari JAF Grand Prix 1969 di Fuji Speedway. Pada tahun yang sama, tepatnya Oktober, GT-R menorehkan kemenangan ketujuhnya. Pengembangan terus dilakukan, sampai akhirnya mengadopsi sistem injeksi bahan bakar. Membuatnya output maksimum dapat menyentuh 230 PS di putaran 8.400 rpm. Dua tahun kemudian, di balapan All Japan Suzuka Automobile Race (Maret 1971), hardtop GT-R ditambahkan ke dalam formasi.

Kemenangan paling bersejarah diperoleh pada 20 Maret 1973 di Fuji GC – The Fuji 300km Speed Race. GT-R yang dikemudikan K. Takahasi mampu berada di posisi pertama, memastikan keberhasilan Nissan ke-50. Namun, bukan tanpa halangan. Pada ronde pertama gelaran balap, angin kencang dan hujan lebat melanda. Balapan pun dipersingkat dari 20 putaran menjadi 12 putaran.

Pamor GT-R pun terus berlanjut sampai sekarang. Beberapa model bahkan muncul dalam seri permainan video, seperti Need For Speed. Baik GT-R maupun Skyline juga pernah dihadirkan dalam film Hollywood, yakni Fast and Furious. Puluhan versi GT-R berbeda turut tampak dalam game simulator balapan yang revolusioner Gran Turismo sebagai mobil virtual. Tingginya respon terhadap mobil yang dibuat secara digital itu, mobil konsep nyatanya pun dibikin Nissan.

MUHAMMAD HAFID

 

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda