Beranda New Cars McLaren 720S Edisi Khusus Ini Peringati 25 Tahun Juara Le Mans

McLaren 720S Edisi Khusus Ini Peringati 25 Tahun Juara Le Mans

WOKING, Carvaganza.com – 25 tahun lalu, tepatnya tahun 1995 merupakan salah satu tahun paling bersejarah bagi McLaren. Kala itu, McLaren untuk pertama kalinya dan satu-satunya sejauh ini berhasil memenangkan balapan Le Mans 24 Jam. Keuksesan tersebut diperingati oleh McLaren dengan luncurkan 720S edisi terbatas.

Lewat 720S Le Mans Edition, pabrikan asal Inggris ini ingin mengenang dan merayakan kesuksesan yang diantarkan oleh pembalap JJ Lehto, Yannick Dalmas dan Masanori Sekiya. Kemenangan tersebut diraih McLaren menggunakan mobil balap F1 GTR, debut mereka dengan menggunakan basis mobil produksinya.

720S Le Mans Edition diproduksi eksklusif hanya sebanyak 50 unit di seluruh dunia. 16 alokasi unitnya ditujukan untuk pasar Eropa. Ada sejumlah sentuhan khusus oleh McLaren pada edisi khusus ini, yang mengambil referensi statistik kemenangan di Le Mans.

Pada balapan 24 jam itu, McLaren F1 GTR finish pertama setelah menuntaaskan total 298 lap di Sirkuit de La Sarthe, Perancis. Angka 298 itu digunakan McLaren untuk menandai nomor chassis setiap unit, yang diawali dengan 298.

Perbedaan pada 720S Le Mans Edition dibanding versi standar yaitu aplikasi dua pilihan warna eksterior. McLaren melansir warna khusus yaitu McLaren Orange dan Sarthe Grey, dengan kombinasi Ueno Grey di sisi bawah dan belakang. Sehingga menciptakan nuansa two-tone pada warna eksterior 720S ini. Sentuhan klasik ala F1 GTR diberikan lewat velg palang lima berdesain retro, sama seperti pada mobil balap.

Penanda edisi khusus hadir lewat logo di sisi belakang side skirt, karpet interior dan headrest. Supercar ini juga mendapat tambahan air scoop di atap berwarna gloss black. Intake depan mendapat aksen serat karbon, berikut kaliper rem berwarna emas. Masih ada trim body berwarna hitam untuk memberikan kesan kontras pada tampilan luar.

Untuk interior, material Alcantara mendominasi trim, yang bisa dipilih dalam warna oranye atau abu-abu. Kedua jok menggunakan bahan serat karbon ala mobil balap, serta strip penanda di setir pada arah jam 12. Tidak ketinggalan plakat penanda edisi dan nomor seri dipasang di dalam kabin juga.

Personalisasi ekstra masih tersedia via divisi MSO (McLaren Special Operations). Di antaranya bisa menambahkan sabuk pengaman balap enam titik dan paddle shift lebih panjang. Untuk eksterior trim serat karbon ‘telanjang’ bisa didapatkan untuk diffuser, intake depan dan air scoop.

McLaren membiarkan mesin V8 4,0 liter twin-turbo bawaan 720S seperti standar. Tenaganya tetap 720 hp, yang menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam dalam 2,9 detik. Transmisi dual-clucth 7-speed terhubung dengan roda belakang 720S.

Edisi spesial rival dari Ferrari 488 dan Lamborghini Huracan ini ditawarkan dengan banderol mulai £ 254.000 atau setara Rp 4,460 miliar. Harga tersebut £ 36.000 (Rp 632 jutaan) lebih mahal daripada 720S standar. Pengiriman unit ke konsumen dijadwalkan mulai pada bulan September mendatang.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto