Masuk Bursa Saham Milan, Ferrari Resmi Pisah dari FCA

ROMA, 6 Januari 2016 – Ferrari melakukan debut di Milan Borsa Italiana (Bursa Efek Italia) pada hari Senin lalu. Masuknya nama Ferrari melengkapi pemisahan pembuat supercar dari Italia itu dengan Fiat Chrysler Automobiles (FCA) Group.

Upacara dihadiri oleh Charieman Ferrari Sergio Marchionne, Chairman FCA John Elkann, CEO Ferrari Amedeo Felisa, Vice Chairman Ferrari Piero Ferrari, CEO Borsa Italiana Raffaele Jerusalmi dan PM Italia Matteo Renzi. Langkah ini berlangsung kurang dari tiga bulan setelah Ferrari melakukan debut di New Bursa Efek York.

Bos FCA Marchionne mengatakan pendaftaran Ferrari di Bursa Efek Milan merupakan awal yang baru. “Sekaligus melengkapi spin-off dari FCA dan menegaskan kemerdekaan kembali Ferrari,” katanya.

Perusahaan baru Exor SpA diisi antara lain perusahaan induk keluarga Agnelli yang juga mengontrol Fiat Chrysler, menguasai 23,5%. Piero Ferrari, putra pendiri Enzo, tetap memiliki saham 10%. Fiat membeli 50% saham di Ferrari pada tahun 1969, sebelum meningkatkan sahamnya menjadi 90% pada tahun 1988. Fiat bergabung dengan Chrysler pada tahun 2014 dan membuat FCA.

Spin-off ini akan membantu FCA mengurangi utang dan mendanai rencana besar untuk memperluas margin yang lebih tinggi mewah merek Alfa Romeo dan Maserati. Selama ini Ferrari menyumbang 12% dari laba FCA pada 2014. Saat ini FC fokus pada Fiat, Chrysler, Jeep, Alfa Romeo dan Maserati.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda