Beranda New Cars Maserati Ghibli Hybrid Lahir, Tandai Awal Era Elektrifikasi

Maserati Ghibli Hybrid Lahir, Tandai Awal Era Elektrifikasi

MODENA, Carvaganza.com – Era baru kendaraan berelektrifikasi kini sudah resmi dimulai oleh Maserati, yang memperkenalkan Ghibli Hybrid. Model ini menjadi produk pertama Maserati yang menerapkan teknologi hybrid, yang segera diikuti oleh model lainnya tahun ini. Lahirnya varian hybrid sekaligus menandai versi facelift untuk Ghibli sebagai model entry level Maserati.

Sedan yang masuk di segmen sekelas Mercedes-Benz E-Class dan BMW Seri 5 ini mengandalkan mesin empat silinder 2,0 liter untuk versi hybrid. Mesin dengan induksi turbo itu didukung oleh system mild hybrid 48 volt. Powertrain hasil pengembangan baru ini menghasilkan tenaga 330 hp dan torsi 450 Nm, dengan kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,7 detik.

Konfigurasi sistem hybrid pada Ghibli turut mengandalkan supercharger elektrik bernama e-Booster, yang beroperasi dengan tenaga baterai. Perangkat ini diklaim menawarkan komposisi terbaik antara performa, efisiensi dan keasikan berkendara. Namun meski mendapat tambahan baterai, bobot keseluruhan Ghibli Hybrid lebih ringan 80 kg dibandingkan varian Ghibli Diesel.

Baterainya diletakkan oleh Maserati pada bagian belakang mobil, yang bertujuan mengoptimalkan distribusi bobot yang dinamis. Namun meski menjadi hybrid, Ghibli diklaim tetap memberikan sensasi khas Maserati.

Pabrikan Italia ini menyebut saluran knalpot dioptimalkan untuk tetap bisa memberikan suara yang nikmat, berkat resonator khusus. Sementara untuk keramahan lingkungan, emisi yang dihasilkan ditekan menjadi 192 g/km, dengan performa setara mesin V6. Konsumsi bahan bakarnya untuk hasil kombinasi diklaim antara 10,4 – 11,7 km/liter.

Itu tadi soal teknologi hybrid barunya. Ghibli Hybrid juga mengusung tampilan baru untuk menandai debutnya. Paling kentara adalah penyegaran pada desain grille depan, yang kini menampilkan logo Trisula lebih besar di tengahnya. Sementara kisi-kisi grille berbentuk mirip garpu tala, yang dikelilingi lekuk body lebih berotot pada spoiler depan.

Identitas varian hybrid ditandai dengan aksen warna biru pada sejumlah sisi. Bisa dilihat pada ventilasi fender depan yang ikonik, kaliper rem, serta emblem di pilar C. Lampu belakang mendapat penyegaran dengan grafis LED bar berbentuk bumerang, yang terinspirasi oleh 3200 GT dan konsep Alfieri.

Sentuhan aksen biru tidak hanya menghiasi eksterior, karena Maserati ikut membawanya ke bagian interior. Bisa dilihat melalui aksen jahitan pada trim dashboard dan pintu, serta bodir logo pada headrest setiap joknya. Karakter sporty diangkat lewat trim serat karbon yang mendomiasi konsol tengah.

Sistem infotainment disediakan melalui touchscreen lebih besar menjadi 10,1 inci, berikut kombinasi instrumen analog dan digital. Sistem multimedia Maserati Intelligent Assistant semakin lengkap dengan dukungan Maserati Connect terbaru.

Ghibli Hybrid sebagai model pertama berlektrifikasi akan disusul rangkaian model baru lainnya dari Maserati. Pada September 2020 nanti, sudah dijadwalkan untuk debut MC20, sportscar hybrid berteknologi F1. Kemudian generasi baru GranTurismo dan GranCabrio juga akan menjadi full-electric, yang kabarnya siap meluncur pada 2021.

Sumber: Carscoops, Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Audi R8 Green Hell Edition, Tribute Tumpukan Prestasi di Nurburgring

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Audi R8 adalah salah satu supercar yang masih beredar di pasar saat ini, yang juga banyak dipakai menjadi mobil balap. Kesuksesannya...

Beli Peugeot 3008 & 5008 Kini Bisa Tukar Tambah

JAKARTA, Carvaganza.com – Astra Peugeot terus berusaha memberikan solusi dan menawarkan program menarik untuk para konsumen di Indonesia. Terlebih untuk mendorong penjualan dua model...

Tak Hanya Indonesia, Suzuki Ertiga Juga Laris Manis di Meksiko

JAKARTA, Carvaganza -- Suzuki All New Ertiga ternyata tak hanya menjadi andalan penjualan Suzuki di Tanah Air. Low MPV ini ternyata juga laris manis...

TEST DRIVE: Porsche Taycan 4S, Supercar Listrik Dengan Feeling Natural (Bagian 2)

LOS ANGELES, Carvaganza.com – Setelah berbicara tentang akselerasi dan tenaga yang dihasilkan, saya mulai merasakan feeling pengemudian dan pengendaraan. Sekarang ini, mobil-mobil yang kita kendarai...

Naoya Takai Resmi Pimpin KTB, Ini Misi dan Targetnya

JAKARTA, Carvaganza -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) akhirnya resmi dipimpin Naoya Takai sebagai Presiden Direktur baru. Ia ditunjuk sejak 1 April...