Lexus NX 450h+ Pionir Tawarkan Varian Mesin PHEV Pertama

JAKARTA, Carvaganza – Lexus baru saja mengumumkan versi terbaru dari crossover andalannya yakni NX yang dibekali dengan mesin plug-in hybrid. Selain dengan beberapa sentuhan baru pada kabin dan desain eksteriornya, paket mesin ini merupakan hal baru yang ditawarkan oleh Lexus untuk konsumen. 

Pasar pertama yang akan dituju oleh generasi kedua dari Lexus NX ini adalah Eropa, di samping tetap bersiap untuk menyediakan 10 model hybrid, PHEV dan tenaga listrik murni. Pasalnya Eropa sendiri akan segera mengesahkan penjualan mobil baru tanpa emisi pada 2030 mendatang. 

Keluarga baru  yang akan pertama dikenalkan adalah Lexus NX 450h+ dan merupakan kendaraan pertama yang menawarkan paket mesin tersebut. Sebelumnya, Toyota maupun Lexus hanya fokus pada pengembangan kendaraan hybrid yang didukung oleh mesin konvensionalnya.

Lexus NX 450+ PHEV

Lexus NX 450h+ menggunakan mesin bensin dan motor listrik yang sama seperti pada Toyota RAV4 dan Suzuki Across SUV. Dengan mesin 4 silinder 2.5 liter yang dikawinkan dengan motor listrik yang di roda depan dan belakang memiliki performa yang lebih bertenaga dari generasi sebelumnya. Tenaga tersebut terdiri dari 182 hp yang bersumber dari mesin bensin, 180 hp dari motor listrik depan dan 54 hp dari motor listrik di roda belakang. Crossover ringkas ini kabarnya akan dibekali dengan penggerak empat roda sehingga dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih maksimal di berbagai medan.

Sementara itu, untuk mendukung kerja motor listrik pada Lexus NX 450h+ dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 18,1 kWh. Lexus mengklaim bahwa dengan dorongan dari motor listriknya sendiri, 450h+ memiliki daya jelajah hingga 40 mil atau sekitar 60 km. Selain itu, motor listriknya pun mampu berakselerasi hingga ke kecepatan 135 km/jam tanpa bantuan mesin bensin. 

Bahkan ketika motor listrik tersebut kehilangan daya, Lexus NX 450h+ dibekali dengan sistem hybrid yang dapat mengisi daya melalui kerja mesin bensinnya. Dengan sistem hybrid tersebut, Lexus memiliki catatan lebih efisien 20% dibandingkan kendaraan PHEV di segmennya.

Lexus NX 450+ PHEV

Varian NX generasi terbaru ini juga sekaligus menjadi evolusi dari NX 350h bertenaga hybrid dan memiliki tenaga lebih besar serta lebih ramah lingkungan. Selain itu, Lexus NX terbaru juga memiliki desain 20 mm lebih rendah dibanding generasi sebelumnya. 

Lexus juga menyematkan material bodi dan teknik pengelasan yang menghasilkan kendaraan terasa lebih kaku dan stabil. Bahkan Lexus melibatkan pembalap profesional dalam pengembangan respons pedal akselerator dan kerja pengereman. Hal tersebut demi menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih maksimal untuk konsumen Lexus di seluruh dunia. 

Hal tersebut sama seperti NX pertama kali diluncurkan pada 2019 lalu dan menampilkan desain interior dengan gaya kokpit Tazuna dan diadopsi dari konsep LF-30 yang dikenal sangat agresif. Hingga saat ini belum ada informasi resmi terkait banderol untuk generasi terbaru NX maupun Lexus NX 450h+, namun dipastikan harganya akan lebih mahal dibandingkan generasi sebelumnya.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda