Audi RS6 Avant Versi Johann Abt Signature Ini Estate Paling Ganas dan Eksklusif

KEMPTEN, Carvaganza – Layaknya Brabus bagi Mecedes-Benz atau Alpina untuk BMW, Audi juga puya tuning house kepercayaan yaitu Abt Sportsline. Setiap model yang dibuat oleh Audi selalu disertai versi kencangnya oleh Abt, atau sekadar part peningkat penampilan. Salah satu model Audi yang populer di kalangan fans adalah RS6 Avant yang berwujud estate, dan kini Abt hadirkan versi hardcorenya.

Abt telah memperkenalkan Audi RS6 Avant versi Johann Abt Signature, yang berperforma ganas dan diproduksi dalam jumlah yang eksklusif. Performanya tidak main-main, yang diklaim sanggup menyamai akselerasi supercar. Performa spesial dan jumlah yang eksklusif ini bertujuan untuk momen spesial juga, yaitu perayaan 125 tahun Johann Abt, pendiri perusahaan tersebut.

Audi RS6 Avant Johann Abt Signature Edition hadir untuk merayakan hidup dan karya Johann Abt, seorang pandai besi dan pembalap hill-climb yang mendirikan Abt Sportsline 125 tahun lalu. Setiap model yang diproduksi akan menampilkan kapsul waktu berupa pecahan landasan besi (anvil) yang pernah digunakan Johann Abt di bengkelnya.

Audi RS6 Avant ABT

“Penerus Abt RS6-R kami sebanyak 125 unit yang sudah terjual habis ini ditentukan bukan hanya oleh koneksi ke sejarah kami dan berbagai detail menarik; performanya, yang diukur di trek kecepatan tinggi di Papenburg, sangat revolusioner,” ujar Hans- Jürgen Abt, CEO Abt Sportsline.

“Performa tinggi sangat penting, seperti desain model ulang tahun, yang harus sekuat keinginan leluhur dan pendiri kami.”

Oleh Abt, hanya 64 unit RS6 Avant Johann Abt Signature Edition akan diproduksi. Setiap unitnya akan dibuat oleh para engineer Abt secara individual, dengan hanya enam unit akan dibuat setiap bulannya. Mobil ini akan mendapat unit turbocharger baru yang dikembangkan sendiri oleh Abt, lalu peningkatan ECU (engine control unit), intercooler baru dan tambahan sistem oil cooling.

Audi RS6 Avant ABT

Disebutkan, mobil ini akan menghasilkan tenaga hingga 811 hp dari mesin V8 4.0 liter TFSI twin-turbo, meningkat pesat dari versi standar Audi yang hanya 600 hp. Dengan torsi puncak yang bisa mencapai 1.000 Nm, RS6 Avant Johann Abt Signature mengklaim akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapainya dalam 2,9 detik. Sementara untuk 0-200 km/jam, tidak sampai 10 detik atau 9,79 detik saja.

Super estate ini akan dibuat mengadopsi body dengan material karbon berwarna merah, serta aksen merah metalik. Body kit akan meliputi intake udara raksasa di depan, lip spoiler, side skirt, dan velg forged 22 inci yang dirancang Abt khusus untuk mobil ini. Setiap unit velg disebut memangkas bobot 3,5 kg, sementara aero kit mampu menghasilkan downforce sampai 150 kg.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda