LEBARAN DRIVE 2023: Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Kia Carens 1.5

Kia Carens

JAKARTA, Carvaganza - All New Kia Carens disuguhkan dalam dua varian. Versi paling murahnya adalah 1.5 MPI - Premiere yang mampu menampung hingga 7 penumpang. Sebagai mobil keluarga yang memiliki wujud SUV, ia tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen.

Berikut keunggulan dan kekurangan yang kami temui pada Kia Carens yang menemani kami selama masa Lebaran Drive 2023.

Keunggulan

Performa

Salah satu daya tarik Carens yakni jantung mekanis 1.5 liter yang memiliki performa mumpuni. Ia sebenarnya memiliki tenaga yang terbilang moderate, 115 PS di putaran 6.300 rpm dan torsinya 144 Nm sejak 4.500 rpm. Namun, angka segitu nyatanya sudah sangat cukup memberikan pengalaman berkendara memuaskan. Transfer tenaga terasa cepat dan tak memerlukan usaha besar untuk melesatkan mobil hingga kecepatan tinggi. Apalagi ia dipadukan sistem transmisi otomatis IVT (Intelligent Variable Transmission), sehingga perjalanan terasa lebih mulus, tapi tetap mengirimkan tenaga secara presisi ke roda.

Kia Carens Lokasi: Pantai Indah Kapuk 2

 

Pengguna juga bisa bermain dengan kinerja mesin melalui mode berkendara, terdiri dari Eco, Normal dan Sport. Mobil menjadi lebih fleksibel, bisa diajak hemat bahan bakar maupun berakselerasi liar. Untuk efisiensi optimal, MPV ini turut diperkuat fitur Idle Stop & Go, yang mematikan mesin ketika mobil berhenti sementara.

Konektivitas Smartphone

Carens telah mengaplikasikan head unit yang dapat dihubungkan dengan smartphone secara nirkabel (wireless) dengan memanfaatkan Android Auto maupun Apple CarPlay. Hal ini tentunya memberikan fleksibilitas bagi pengguna Carens.

Baca Juga: LEBARAN DRIVE 2023: Fitur Ini Yang Bikin Mengendarai Mazda CX-8 Tambah Asik

Tak hanya pengemudi dan penumpang di baris depan, mereka yang ada di belakang juga bisa menghubungkan smartphonenya tanpa perlu menarik kabel. Tak hanya bisa dimanfaatkan untuk memutar musik, kemudahan dalam mencari rute makin praktis karena dapat membuka peta digital.

Kenyamanan maksimal

Beragam fitur memenuhi kabin guna memaksimalkan kenyamanan seluruh penumpang. Varian termurah sudah dibalut kulit pada seluruh jok. Makin nyaman lantaran ia memiliki fungsi pendingin (ventilated) untuk baris pertama yang bisa diatur dalam tiga level.

Tempat penyimpanan barang Carens terbilang banyak dan tersebar merata di seluruh baris. Fleksibilitas angkut pun didukung dengan pengaturan jok yang praktis dan tepat. Kursi paling belakang dapat dilipat hingga rata lantai dengan dengan mudah. Sementara baris kedua menggunakan tombol tumble yang praktis untuk memaksimalkan ruang.

Kia Carens

Fitur selanjutnya charger gadget. Ia tak hanya tersedia di baris pertama, tapi seluruh area. Makin sempurna karena opsi pengisian daya baterai banyak, mulai dari power outlet 12V, USB standar, hingga fast charging type-c dan wireless charger.

Terakhir adalah perangkat keselamatan. Ia terbilang sudah cukup untuk melindungi seluruh penumpang. Adapun kelengkapannya, yakni cakram di seluruh roda, 6 kantung udara, Anti-lock Braking System, Electronic Brakeforce Distribution, Brake Assist, electronic Stability control, Hill assist System, Downhill Brake Control, dan sensor parkir.

Kekurangan

ADAS Kurang Lengkap

Walau dibekali sejumlah fitur keselamatan, tapi ia terbilang standar. Mengingat pabrikan otomotif semakin lumrah mengaplikasikan perangkat Advanced Driving Assistance System (ADAS). Carens sendiri memiliki Cruise Control yang memudahkan pengemudi saat berkendara jauh. Namun, sayangnya ia tak bersifat dinamis. Selain itu, tak ditemukan perangkat seperti Blind Spot Monitoring, Lane Departure Warning, Lane Keeping Assist, Rear Cross Traffic Avoidance hingga Forward Collision-Avoidance Assist.

Kia Carens

Absennya Panoramic View Camera

Tubuh bongsor Carens cukup tricky untuk dikendalikan. Apalagi saat melewati jalan sempit atau melakukan parkir. Ia memang sudah diberikan kamera belakang untuk memantau situasi di bokong mobil, tapi alangkah lebih baiknya bisa diperkuat Panoramic View Camera atau biasa disebut kamera 360. Pengemudi jadi bisa memperhatikan langsung kondisi di seluruh sisi kendaraan. Risiko tabrakan dengan objek tak terlihat jadi terminimalisir.

Harga

Dibanderol Rp407 juta (on the road DKI Jakarta), Carens terbilang tak murah. Bila tak mungkin menurunkan harga, harusnya Carens dapat memiliki penawaran lebih banyak untuk konsumen. Melihat persaingan dunia otomotif yang semakin ketat, di mana pabrikan berlomba-lomba memperkuat model, termasuk model yang paling terjangkaunya. Bagaimana menurut Anda?
(MUHAMMAD HAFID / WH)
Lokasi Foto: Aloha, Pantai Pasir Putih, PIK 2

Baca Juga: LEBARAN DRIVE 2023: 7 Fitur Unggulan Mercedes-Benz GLB Sebagai SUV 7-Seater Premium

Lokasi: Pantai Indah Kapuk 2 

Pelajari lebih lanjut tentang Kia Carens

  • Tampak Depan Bawah Kia Carens
  • Tampak samping Carens
  • Lampu depan Carens
  • Pelek Carens
  • Tampak belakang Carens
  • Kia Carens Front Side View
  • Tampak belakang tengah Carens
Kia Carens
Rp 410 - 467 Juta Cicilan mulai dari : Rp 9,35 Juta

Mobil Kia Lainnya

  • Kia Sonet
    Kia Sonet
  • Kia Seltos
    Kia Seltos
  • Kia Carens
    Kia Carens
  • Kia EV6
    Kia EV6
  • Kia Grand Carnival
    Kia Grand Carnival
  • Kia EV9
    Kia EV9
  • Kia K2700
    Kia K2700

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Kia Pilihan

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature