KOMPARASI: Honda CR-V VS Nissan X-Trail, Bebuyutan Berduel Fitur

KOMPARASI: Honda CR-V VS Nissan X-Trail, Bebuyutan Berduel Fitur

JAKARTA, Carvaganza – SUV menjadi segmen yang semakin diminati oleh konsumen di pasar otomotif saat ini, tidak terkecuali di Indonesia. Saking menariknya para pabrikan rela menawarkan model SUV yang terbagi sampai beberapa kelas, dari yang proper sampai yang dibuat seterjangkau mungkin harganya. Bicara soal SUV proper, sekarang sudah bukan lagi bicara soal tongkrongan tinggi dan daya angkut besar, melainkan adu teknologi yang dimiliki masing-masing.

Ambil contoh Honda CR-V dan Nissan X-Trail yang bisa dibilang menjadi opsi model SUV medium dengan proporsi ideal untuk harian saat ini. Dimensinya besar, tapi tidak terlalu besar, desainnya up to date, bahkan rangkaian fitur dan teknologinya sudah lengkap. CR-V dan X-Trail menjadi model yang paling menonjol saat ini selain Mazda CX-5 dan Hyundai Santa Fe.

Mengomparasi CR-V dan X-Trail menjadi hal yang menarik untuk disimak. Sebenarnya bisa saja mengajak Santa Fe dan CX-5 ikut bermain di komparasi ini. Tapi sekarang harga CR-V sudah semakin di atas dua model ini. Sementara CX-5 kini semakin mengarah ke segmen premium, seakan memisahkan diri dari CR-V dan X-Trail.

New Honda CR-V 2021

Mesin & Transmisi

Untuk generasi saat ini, Nissan hanya memasarkan X-Trail di Indonesia dengan varian mesin empat silinder 2.4 liter. Nissan sudah tidak menawarkan varian hybrid untuk X-Trail yang pernah dipasarkan mulai tahun 2015 lalu. Mesin 2.4 liter naturally-aspirated ini menyimpan tenaga 169 hp dan torsi 233 Nm.

Transmisi otomatis tentunya menjadi satu-satunya opsi yang disediakan untuk X-Trail. Nissan mempercayakan sistem jenis CVT pada X-Trail yang dilengkapi fungsi Variable Speed.

Honda sudah menggunakan mesin lebih modern untuk CR-V varian tertinggi, yaitu Prestige, dengan tipe empat silinder 1.5 liter turbo VTEC. Output mesin yang dihasilkan tapi lebih tinggi dari X-Trail, yaitu dengan tenaga 187 hp dan torsinya 240 Nm. Transmisi yang dipakai sama-sma otomatis CVT, dengan paddle shifter di balik setir CR-V.

New Nissan X-Trail

Interior

Desain dan tampilan interior untuk masing-masing Honda CR-V dan Nissan X-Trail bisa dibilang tampil konservatif mengikuti gaya desain setiap pabrikan. Fungsionalitas dan kepraktisan lebih diprioritaskan dalam merancang kabin yang mengakomodasi pengemudi dan penumpang.

X-Trail punya tampilan cenderung monotone untuk kabinnya. Warna hitam mendominasi hampir seluruh bagian interior, baik dari jok, dashboard, setir, dan trim pintu. Panel soft touch hadir di pintu dan dashboard untuk memberikan kesan berkelas pada X-Trail, yang dilapisi bahan kulit berwarna hitam. Material yang sama juga membalut seluruh joknya, berikut lingkar setir yang dipadukan aksen aluminium brush.

Interior New Nissan X-Trail

Sentuhan gloss black hadir di area infotainment mengelilingi layar sentuh 7 inci, pengaturan AC, juga tuas transmisi di konsol tengah. Tidak ada tuas atau tombol rem parkir di konsol tengah X-Trail, karena diletakkan oleh Nissan menjadi pedal di ruang kaki. Karena belum mendapat penyegaran lagi sejak 2019, X-Trail memiliki instrument cluster analog yang disertai layar MID di tengah panel speedometer dan tachometer.

Kabin CR-V sedikit lebih modern dan atraktif dibandingkan rivalnya ini. Karena panel instrumennya sudah full digital, menggunakan layar TFT. Layar sentuh sistem infotainment CR-V juga lebih besar sejak versi facelift, menjadi 7 inci yang desainnya menyatu dengan dashboard. Fungsi Apple CarPlay dan Android Auto sudah tersedia saat ini.

Nuansa dashboard CR-V lebih atraktif karena Honda memainkan aksen panel kayu, yang dipadukan dengan lapisan kulit pada panel soft touch. Posisi tuas transmisi tinggi nyaris sejajar dengan setir, dalam satu area dengan tombol rem parkir elektronik dan Brake Hold. Area lingkar setir dilapisi bahan kulit, yang juga dihuni oleh rangkaian tombol pengaturan infotainment dan adaptive cruise control yang menjadi salah satu andalan di CR-V.

Interior New Honda CR-V 2021

Fitur-fitur

Baik Honda CR-V maupun Nissan X-Trail kini sama-sama sudah didukung dengan banyak fitur pendukung, khususnya di sisi keselamatan. Nissan membungkusnya dalam nama Nissan Intelligent Mobility, sementara Honda punya label sebagai Honda Sensing. Tentu masing-masing punya plus dan minus kalau dibandingkan.

Paket yang ditawarkan dalam X-Trail mulai dari i-Key yang adalah keyless entry. Fitur keselamatan standar antara lain 6 unit airbag, immobilizer + vehicle security system, vehicle dynamic control (VDC), ABS, EBD, BA, Active Trace Control, Active Ride Control dan Hill Start Assist. Sistem otomasi sudah tersedia untuk Auto Headlamp, Auto Rain Windshield Wiper with Mist and Drip Wipe Function.

Dan bicara Nissan Intelligent Mobility, bisa dinikmati fitur seperti Around View Monitor, Forward Emergency Braking, Forward Collision Warning, High Beam Assist, Blind Spot Warning, Cross Traffic Alert, Intelligent Cruise Control, dan Lane Departure Warning.

New Nissan X-Trail 2021

Fitur keselamatan yang CR-V tawarkan dalam Honda Sensing juga tidak kalah melimpah. Tercatat tersedia Collision Mitigating Braking System, Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, Lane Keeping Assist, Road Departure Mitigation, dan Auto High Beam. Di luar Honda Sensing ada juga Driver Attention Monitor, Hill Start Assist, Walk Away Auto Lock dan Parking Sensor.

Sebagai kelengkapan standar, CR-V oleh Honda sudah dibekali dengan fitur seperti 6 airbag, ABS, EBD, BA, Brake Override System dan Auto Brake Hold. Untuk membuat kabin nyaman sebelum  melakukan perjalanan, Remote Engine Start bisa dimanfaatkan menyalakan mesin dan AC sekaligus dari luar mobil.

Harga

Banderol tertinggi untuk Honda CR-V dan Nissan X-Trail masing-masing masih berada di bawah ambang Rp 700 juta. Honda menawarkan CR-V yang baru mendapatkan penyegaran di awal tahun 2021 dengan rentang mulai Rp 470,6 juta sampai dengan Rp 550,5 juta (on the road Jakarta). Sementara X-Trail yang versi faceliftnya beredar sejak tahun 2019, hanya ditawarkan dalam satu varian, yaitu VL, dengan banderol Rp 576 juta (on the road Jakarta).

Harga CR-V di Indonesia terbilang lebih terjangkau karena mendapat keringanan PPnBM, berkat skema produksi lokal. Sementar X-Trail oleh Nissan didatangkan impor dari Jepang, membuat nilai pajaknya lebih tinggi dibandingkan CR-V.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Indikasi Kedatangan Honda HR-V Terbaru ke Indonesia Beredar, Mulai Paten Sampai Harga

Pelajari lebih lanjut tentang Honda CRV

  • Tampak Depan Bawah Honda CRV
  • Honda CRV Reverse Parking Sensors
  • Tampak Grille CRV
  • Fog lamp depan CRV
  • Lampu depan CRV
  • lampu belakang CRV
  • Pelek CRV
  • Knalpot CRV
  • Tampak belakang CRV
  • Tampak depan medium Honda CRV
  • Honda
  • Honda CRV Rear Wiper
  • Fog lamp belakang CRV
Honda CRV
Rp 470,6 - Rp 550,5 Juta Cicilan mulai dari : Rp 10,74 Juta

Mobil Honda Lainnya

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda Civic RS
    Honda Civic RS
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda WRV
    Honda WRV

Don't Miss

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya