Jajaran SUV Supermewah Ini Statusnya Lebih Dipandang Daripada Performa

G-Class

JAKARTA, Carvaganza – Demam konsumen kendaraan terhadap segmen SUV (Sport Utility Vehicle) belakangan ini memang sudah tidak bisa dihindari, terjadi juga untuk pasar Indonesia. Bahkan sejumlah pabrikan tak segan-segan menghadirkan lebih dari dua jenis SUV dan dijual dalam waktu bersamaan. Ternyata hal tersebut tidak hanya datang dari pabrikan otomotif massal seperti Honda, Toyota dan Mitsubishi, bahkan supercar sekelas Ferrari pun saat ini tengah direpotkan oleh proyek SUV pertamanya Purosangue.

Kemampuan dan tampilan gagah yang ditawarkan oleh kendaraan bertubuh bongsor ini adalah salah satu alasan mengapa belakangan begitu laris. Sementara beberapa di antaranya memikat karena fitur dan kelegaan kabin yang memanjakan penggunanya. Beberapa tahun ini, pabrikan otomotif super mewah juga sudah mulai memproduksi SUV pertamanya bahkan ada juga brand yang kini menjadikan SUV sebagai tulang punggung penjualan di beberapa negara. Kami menghadirkan sejumlah SUV mewah bahkan super mewah yang telah eksis di dunia dan tentu saja di Tanah Air.

Rolls-Royce Cullinan

1. Rolls–Royce Cullinan

Sebagai salah satu SUV yang diproduksi oleh produsen otomotif paling mewah di dunia, rasanya Rolls-Royce Cullinan wajib masuk dalam daftar. Anda akan menikmati sebuah mahakarya aristokrat dengan bentuk yang lebih macho berbalut material kelas wahid baik pada eksterior maupun interiornya.

Apalagi Rolls-Royce juga menerapkan konsep Bespoke pada Cullinan yang membuatnya tidak akan sama antar satu konsumen dengan konsumen lainnya. Rolls-Royce Cullinan menghadirkan SUV berkonfigurasi 5-penumpang dalam satu pilihan varian yang tampilan dan materialnya bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen. Salah satu yang pasti Anda terima adalah mesin V12 6.7 liter Turbo bepenggerak all-wheel drive (AWD) yang menghasilkan tenaga 563 hp dengan torsi puncak yang mencapai 850 Nm.

Baca Juga:

Rolls-Royce Cullinan menonjol kabin yang luas serta tampilan belakang dengan viewing suite atau laci bermotor di area kargo. Selain itu, pada model standarnya konsumen juga akan mendapatkan ruang kabin dengan balutan material kulit termasuk jok, serta aksen kayu di sejumlah bagian seperti dashboard dan doortrim.
Harga: Mulai Rp 5,141 miliar (US$ 351.250)

Bentley Bentayga

2. Bentley Bentayga

Meningkatnya kebutuhan kendaraan di segmen SUV ini juga dibaca oleh pabrikan mewah asa Inggris lainnya yakni Bentley Bentayga. Kehadiran Bentayga di pasar SUV mewah diklaim telah melampaui sebagian besar rival dengan keunggulan pada material serta performanya yang khas. Bahkan, Bentley menghadirkan beberapa pilihan mesin berbeda yang terdiri dari V8 4.0 liter twin-turbo, W12 6.0 liter twin turbo serta V6 3.0 liter turbo dengan dukungan plug-in hybrid.

Sejumlah fitur mutakhir juga tidak lupa disematkan pada Bentley Bentayga misalnya peranti night vision untuk mendeteksi objek di sekitar kendaraan pada malam hari serta meja piknik di belakang dan kursi pijat. Material yang ditawarkan untuk ruang kabinnya juga cukup beragam mulai dari kulit, kayu, logam hingga pilihan lainnya demi menghadirkan tampilan ultra mewah di dalamnya.

Bentley Bentayga hadir dalam tiga pilihan varian yakni S, V8 dan Hybrid ditambah lagi dengan pilihan versi lain salah satunya ialah Extended Wheelbase yang memiliki dimensi lebih melar. Karena konsep personalisasi yang ditawarkan oleh Bentley makanya harganya pun terbilang tak bisa dipatok pasti.
Harga: Mulai Rp 9,5 miliar

Lamborghini Urus

3. Lamborghini Urus

Sebenarnya Urus bukan SUV pertama yang diproduksi dan dijual oleh Lamborghini, pasalnya pada 1977 pabrikan asal Italia tersebut pernah memproduksi sebuah protipe dengan nama Cheetah. Mengambil basis SUV, Lamborghini Cheetah sendiri didesain untuk kebutuhan militer AS namun sayangnya protipe tersebut tidak pernah sampai ke jalur produksi. Hingga akhirnya Lamborghini pernah membuat sebuah LM002 yang dibekali dengan mesin V12 5.4 liter dan juga dikenal dengan nama Rambo-Lambo.

Hingga pada 2018 silam, Lamborghini sukses memproduksi Urus yang merupakan suksesor dari LM002 dan menawarkan sebuah SUV dengan cita rasa supercar khas Sant’Agata. Urus dibekali dengan mesin V8 berkapasitas 4.0 liter twin-turbo yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan dari ZF. Paket mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimal 641 hp dengan torsi puncak yang mencapai 850 Nm dan dialirkan ke seluruh rodanya.

Tidak hanya menawarkan performa yang unggul, Lamborghini Urus juga memiliki tampilan eksterior yang estetik serta ruang kabin yang superior.
Harga: Mulai Rp 4 miliar (US$ 222.004)

Range Rover 2022

4. Land Rover Range Rover

Melihat apa yang ditawarkan oleh Land Rover Range Rover seharusnya SUV berukuran gambot ini juga wajib masuk dalam daftar. Pasalnya Range Rover memiliki ruang kabin yang lapang untuk 5-penumpang dengan dukungan material standar seperti kulit asli, aksen chrome hingga trim kayu di beberapa bagian interior. Bahkan varian terendahnya saja sudah didukung dengan sistem pemanas pada joknya dan varian teratasnya dilengkapi dengan kursi pijat untuk penumpang depan.

Jika model standarnya dirasakan masih kurang luas, Anda bisa memilih model long wheelbase dengan tambahan ruang bagasi beberapa meter. Sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk membawa peralatan lain seperti tenda kemah atau tas golf berukuran besar. Range Rover ditawarkan dengan beberapa pilihan mesin di antaranya 6-silinder 3.0 liter turbo, V8 4.4 liter twin-turbo, serta 6-silinder 3.0 liter dengan dukungan sistem plug-in hybrid. Selain itu, kendaraan ini juga dikenal oleh kemampuannya di segala medan berkat fitur off-road yang ditanamkan serta dukungan peranti mutakhir lainnya.

Sejak lama RR dikompetisikan dengan SUV mewah lainnya seperti BMW X7, Mercedes GLS dan Audi Q5. Namun Range Rover menawarkan warna tersendiri dan memiliki identitas off-roader sejati yang lebih populer dibandingkan lawan-lawannya.
Harga: Mulai Rp 1,5 miliar (US$ 106.000)

Aston Martin DBX707

5. Aston Martin DBX

Pertama kali diluncurkan pada tahun lalu, Aston Martin DBX sukses mencuri perhatian konsumen kendaraan super mewah dunia. Desain dinamis serta ruang kabin yang mewah membuatnya terlihat menarik untuk ditunggangi sebagai kereta kencana kaum borjuis. Aston Martin DBX merupakan SUV berkonfigurasi 5-penumpang dengan satu varian tapi tersedia dalam dua pilihan mesin. Trim yang paling populer adalah berpenggerak AWD yang didukung mesin V8 4.0 liter Turbo yang merupakan mesin hasil pengembangan dari Mercedes-AMG.

Di samping tampilan interior yang berkelas, Aston Martin DBX juga menawarkan fitur yang tak kalah canggih di kelas SUV mewah. Salah satunya ialah mode pengendaraan yang terdiri dari GT, Sport, Sport Plus, Terrain dan Terrain Plus with an additional Access mode untuk kebutuhan medan off-road. Sementara itu, tersedia pula sistem tranfer case aktif yang bekerja membagi torsi secara otomatis sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:

Kehadiran Aston Martin DBX di pasar SUV mewah ini tentu saja menjadi ancaman bagi sejumlah pabrikan seperti Maserati, Porsche atau bahkan Lamborghini. Namun Aston Martin memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan lawan-lawannya,.
Harga: Mulai dari Rp 2 miliar (US$ 195.000)

Porsche Cayenne GTS

6. Porsche Cayenne

Bagi saya pribadi, Porsche Cayenne memiliki karakter sports car yang lebih kental ketimbang nuansa SUV yang ditawarkan lewat desainnya. Wajar saja, karena Porsche lebih dulu dikenal kepiawaiannya dalam memproduksi mobil balap dibandingkan sebuah SUV penggaruk tanah. Namun Cayenne punya segudang kemewahan yang juga layak untuk dipamerkan pada jajaran SUV sultan dunia. Di samping desainnya yang sangat sporty ternyata Cayenne menghadirkan ruang kabin yang ultra mewah dan lengkap dengan fitur kenyamanan dan keamanannya.

Pada urusan performanya, Porsche Cayenne cukup detail dalam menghadirkan pilihan mesin sesuai dengan kebutuhan konsumen. Tersedia kurang lebih 10 pilihan varian dengan beberapa pilihan mesin mulai dari V6 3.0 liter turbo hingga V8 4.8 liter twin-turbo yang mengisi strata teratas di jajaran Cayenne. Bahkan pabrikan melansi model E-Hybrid yang juga sudah dipasarkan di Indonesia pada tahun ini.
Harga: Rp 3,5 miliar - 5 miliar.

Mercedes-AMG G63

7. Mercedes-Benz G-Class

Salah satu hal yang membuatnya masuk dalam daftar SUV mewah adalah kemampuannya di segala medan serta dukungan fitur di dalamnya. SUV bernama lain Gelandewagen ini juga memiliki desain eksterior yang ikonik persegi namun tetap terlihat bergaya saat dipacu di jalan raya. Meski beberapa SUV mewah modern tampil dengan desain yang dinamis, G-Class memiliki karakter yang khas dan membuatnya begitu menarik untuk dimiliki.

Meski demikian di dalam kabinnya, G-Class sudah memiliki layanan yang sesuai dengan konsumen modern seperti Apple CarPlay, layar sentuh berukuran 12,3 inci dengan sambungan Bluetooth, kursi pemanas serta sistem audio dari Burmester. Selain itu, Mercedes-Benz juga menghadirkan beberapa pilihan varian yang terdiri dari versi berkonfigurasi dua pintu, empat pintu hingga versi Long Wheelbase Station Wagon.

Sementara model yang paling populer adalah AMG G63 4MATIC yang didukung mesin V8 4.0 liter Twin Turbo dan dikawinkan ke sistem transmisi otomatis 9-percepatan AMG. Paket mesin tersebut menghasilkan tenaga 577 hp dengan torsi puncak yang mencapai 850 Nm dan dialirkan ke seluruh rodanya. Meski memiliki bodi gempal, G63 mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 4,5 detik dengan kecepatan maksimal 220 km/jam.
Harga: Mulai Rp 2,5 miliar (US$ 157.500).

Maserati Levante Trofeo

8. Maserati Levante

Pada proses pengembangannya Maserati Levante sudah didesain agar memiliki performa sporty yang khas dan mesinnya ditangani langsung oleh Ferrari yang dikenal sebagai saudara tuanya.

Levante mengisi segmen SUV berkonfigurasi 5-penumpang dengan dukungan fitur yang lengkap serta tampilan yang modern. Tersedia lima pilihan varian dan yang terlarisnya diisi oleh Levante GT dengan dukungan mesin V6 3.0 liter turbo berpenggerak all-wheel drive.

Baca Juga:

Selain memiliki eksterior yang dinamis, Levante juga menawarkan ruang kabin elegan yang dipadukan dengan sentuhan sporty. Bahkan Maserati juga berkolaborasi dengan rumah desain supermewah asal Italia Ermenegildo Zegna untuk memberikan sentuhan khusus di ruang kabinnya. Sementara itu layanan hiburannya terpusat pada layar sentuh 8,1 inci yang sudah didukung dengan Maserati Touch Control serta dukunga nirkabel ke smartphone konsumen.

Levante tersedia dalam beberapa pilihan varian. Trim tertingginya yakni Levante Trofeo dibekali mesin V8 yang sangat bertenaga dan ganas.
Harga: Rp 3,5 miliar - 4,6 miliar.

BMW X7 facelift 2022

9. BMW X7

Saat ini BMW X7 merupakan SUV terbesar yang dimiliki dan dipasarkan oleh BMW ke konsumen. Seperti pada umumnya sebuah SUV BMW selalu menawarkan kesan premium di setiap sudutnya. Apalagi yang ditawarkan oleh BMW X7 dengan konfigurasi tujuh penumpang serta dukungan fitur modern seperti Automatic Parking Parallel & Perpendicullar (Back in) dan jajaran peranti ADAS (Advanced Driving Assist System).

Di dalamnya tentu saja Anda akan ditawarkan nuansa modern mulai dari material kulit yang membungkus seluruh joknya hingga hamparan panoramic roof yang membentang di atapnya. Selain itu tersedia pula layanan hiburan dengan dukungan In-Car Wifi, Wireless Charger dan layar sentuh tambahan untuk penumpang baris kedua. Tersedia dalam tiga pilihan varian, namun model yang paling populer adalah xDrive40i yang dibekali mesin 6-silinder 3.0 liter Turbo. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimal 335 hp dengan torsi puncak yang mencapai 447 Nm.

Di Indonesia sendiri, BMW X7 sudah dipasarkan secara resmi sejak 2019 dengan pilihan varian terendahnya yakni xDrive40i Oppullance yang dirakit secara lokal di BMW Production Network 2 di Sunter, Jakarta Utara.
Harga: mulai dari Rp 2,3 miliar.

Tesla Model X

10. Tesla Model X

Sejak awal Tesla telah berkomitmen untuk menghadirkan kendaraan yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga mewah dan memiliki dukungan fitur yang mutakhir. Tesla Model X adalah yang paling lengkap untuk menjabarkan seluruh dinamika yang dibutuhkan kaum sultan dalam sebuah SUV mewah. Desain yang paling nyentrik adalah konfigurasi pintu yang terbuka ke luar dan ke atas ini menjadi salah satu nilai lebih Tesla untuk bersaing di segmen ini.

Kelebihan lainnya ialah daya tampung yang mencapai tujuh orang ini benar-benar dibuat senyaman mungkin di setiap barisnya. Bahkan terdapat sejumlah fitur kenyamanan seperti layar hiburan yang tersedia hingga ke baris belakang dengan dukungan In-Car Wifi dan Wireless Charging untuk smartphone. Seluruh pengaturan fiturnya pun sudah menggunakan touchscreen dan meminimalisir penggunaan tombol fisik untuk AC dan audio. Fitur paling menarik tentu saja sistem pengendaraan otonom meskipun di beberapa negara masih belum diijinkan demi menghindari kecelakaan di jalan raya.

Sementara itu motor listrik yang ditanamkan di setiap rodanya mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 1.020 hp dan mampu berakselerasi 0 -100 km/jam hanya dalam 2,6 detik. Selain itu model teratasnya yang dibekali dengan baterai berkapastias 100 kWh mampu menjelajah hingga 597 km dengan sekali pengisian daya. Tesla Model X telah dipasarkan dan terjual  secara global telah terjual hingga lebih dari 100.000 unit.
Harga: Rp 3 – 4 miliar.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga:

Sumber: Truecar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature