Jadi SUV Termewah, Begini Spesifikasi Hyundai Palisade di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Indonesia akhirnya kedatangan SUV mewah dari Korea Selatan, dengan meluncurnya Hyundai Palisade oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Palisade adalah SUV dengan kelas tertinggi yang pernah didatangkan Hyundai ke Indonesia. Secara segmen, posisinya di atas Santa Fe yang telah bertahun-tahun beredar di Tanah Air.

Peluncuran Palisade disambut dengan dibukanya periode “Booking Starts Now” untuk masyarakat bisa memilikinya lebih awal. HMID juga menggelar peluncuran Palisade pada hari ini, Rabu (16/12/2020), melalui sesi virtual di website resmi mereka. Dengan begitu, kini lini model SUV Hyundai di Indonesia bisa dibilang sudah semakin lengkap.

"All-new Palisade adalah SUV terbesar dan terluas yang pernah ada dari Hyundai. Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan fitur keselamatan pintar yang luar biasa. All-new Palisade lebih dari sekadar tampilan premium tetapi juga mengedepankan teknologi yang canggih — yang dapat membuat Anda tetap terlindungi, dan keluarga Anda tetap aman ketika sedang berkendara," kata Makmur, Managing Director HMID.

Kehadiran Palisade melengkapi barisan SUV Hyundai yang sebelumnya telah dihuni oleh Santa Fe, Tucson, dan Kona. Untuk pasar Indonesia, Palisade ditawarkan dengan harga mulai dengan Rp 777 juta (on the road Jakarta). Lalu apa saja yang bisa membuat konsumen Indonesia tertarik pada SUV besar ini?

Desain

Wujud gagah dan bongsor Palisade awalnya didesain untuk menyesuaikan karakter pasar Amerika Utara, yang gemar SUV berdimensi besar. Bisa dilihat dari penerapan grille besar yang mendominasi fascai depan mobil ini. Seakan Hyundai ingin ikut masuk ke segmen yang diisi oleh Cadillac Escalade, Lincoln Navigator dan Ford Expedition.

Grille diapit oleh lampu utama yang terpisah dari kap mesin Panjang, mengandalkan teknologi LED composite sebagai sumber pencahayaan. Desain tegas pada bagian luar Palisade merefleksikan nuansa premium dan elegan pada sosoknya yang gagah. Terdapat opsi velg berdiameter 18 inci dan 20 inci, yang berdasarkan varian tersedia.

Interior Palisade menerapkan konfigurasi 7 seater, dengan opsi versi captains eat untuk baris keduanya. Kursi baris ketiga luas juga diklaim bisa mengakomodasi penumpang, untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berorientasi keluarga. Seluruh joknya dibalut dengan material premium, yaitu Nappa leather yang umum dipakai pada pabrikan Eropa.

Interior dilengkapi dual sunroof yang akan memberikan kesan lapang kepada penumpang dalam setiap perjalanan. Ada sentuhan material woodgrain trim pada bagian instrument cluster Palisade, demi membangkitkan kesan luas dan elegan.

Mesin & Drivetrain

Untuk pasar Indonesia, Hyundai membawa Palisade dengan spesifikasi mesin emapt silinder diesel, R 2.2L CRDi e-VGT. Torsinya mencapai 400 Nm, sementara tenaga yang dihasilkan yaitu 1197 hp, disalurkan melalui transmisi otomatis 8-speed. Untuk varian dasar, mesin menggerakkan roda depan, sementara varian termahal Palisade diberi opsi all-wheel drive.

Hyundai sediakan empat pilihan mode mengemudi dalam Palisade, yaitu Comfort, Eco, Sport dan Smart. Pada mode Smart, sistem akan mempelajari gaya mengemudi dan menerjemahkan algoritmanya ke interval perpindahan gigi.

Pengemudi juga akan dimanjakan oleh Multi-Terrain Control yang sudah terintegrasi saat berganti dari Drive Mode dan Terrain Mode. Untuk Terrain Mode ini juga terbagi dalam tiga pilihan mode, yaitu Snow, Mud dan Sand.

Fitur & Teknologi

Salah satu yang menjadi keunggulan Hyundai pada Palisade adalah kelengkapan fiturnya, terutama dalam hal keselamatan. Mulai dari airbag, Hyundai menyediakan sebanyak 6 buah SRS Airbag yang akan melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan.

Ada juga fitur yang bertindak mencegah terjadinya kecelakaan saat di jalan. Sebut saja Blind-Spot Collision Warning (BCW), Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW), Safe Exit Assist (SEA), dan Rear Occupant Alert (ROA). Atas lengkapnya fitur ini, Palisade dianugerahkan 5-Star Overall Safety Rating oleh NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) 2020, dan The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) 2020.

Tidak hanya dari sisi keselamatan, fitur lengkap juga diberikan untuk aspek convenience. Seperti pintu bagasi yang beroperasi elektrik, alias smart power tailgate. Kesenyapan berkendara datang dari double-laminated glass untuk kaca jendela pengemudi dan penumpang depan.

Secara total ada 7 USB prot di dalam kabin Palisade, 6 untuk pengisi daya gadget di perjalanan, sementara 1 lainnya terhubung ke sistem infotainment. Hiburan di Palisade terpusat pada layar setnuh 8 inci, yang disertai slot untuk wireless charging di dashboard. Sementara saat penumpang inginkan ketenangan dan santai, bisa aktifkan Quite Mode yang akan mematikan speaker di belakang.

Jok baris pertama dan kedua sudah dilengkapi dengan heated & ventilated seats, yang bisa menghangatkan atau mendinginkan jok saat dibutuhkan. AC yang bisa diatur 3 zona secara independen, sudah terintegrasi dengan Cluster Ionizer. Jadi kualitas udara di dalam kabin akan terjaga tetap sehat.

Varian & Harga

HMID menawarkan Palisade untuk pasar Indonesia dalam tiga pilihan varian, yakni Prime, Signature dan Signature All-Wheel Drive (AWD). Varian paling terjangkau, Prime, bisa dimiliki dengan harga Rp 777 juta. Kemudian untuk varain Signature dengan Rp 888 juta, dan Signature AWD yang tertinggi dengan label Rp 1,078 miliar. Seluruh harga tersebut dalam kondisi OTR Jakarta.

Setiap pembelian unit Palisade sudah termasuk paket garansi 3 tahun atau 100.000 km, layanan gratis 5 tahun atau 75.000 km, roadside assistance 24 jam, dan layanan Hyundai Datang ke Mana Saja.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda