Beranda Community Inilah Peran Penting Tutup Pentil Ban

Inilah Peran Penting Tutup Pentil Ban

JAKARTA, 30 Juni 2017 – Ada satu bagian pada kendaraan yang mungkin sering kali diabaikan keberadaannya. Bagian tersebut adalah tutup pentil ban kendaraan. Memang benda tersebut sering kali dianggap tidak penting oleh pemilik kendaraan.

Sejatinya tidak ada satupun benda pada kendaraan yang tidak memiliki peran. Tutup pentil ban sendiri memiliki peran. Peran dari tutup pentil itu untuk menjaga kondisi ban. Menurut Sales Training Manager PT Goodyear Indonesia, Andry Adam, penutup pentil ban tidak bisa dipandang sebelah mata lantaran berfungsi menjaga kebersihan bagian dalam pentil ban.

“Debu bakal masuk ke dalam jika pentil ban tidak ditutup. Serpihan debu itu yang nantinya masuk ke dalam dan mengganggu kinerja pentil. Alhasil angin yang ada di dalam ban keluar,” ujar Andry.

Untuk menjaga kondisi pentil ban tetap bagus ada baiknya ketika ingin mengisi angin untuk membersihkan pentil terlebih dahulu. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyemprot dengan angin bertekanan agar debu yang menempel di bagian pentil hilang.

“Hal tersebut ditunjang oleh adanya part didalam pentil yaitu inside core. Bagian tersebut berupa per yang membuka dan menutup jalur angin. Ketika tak ada tutup pentil, kotoran seperti pasir, tanah, kerikil kecil akan masuk. Terlebih saat ini mulai masuk musim hujan, kotoran yang mengering akan mengeras dan secara tak langsung menekan inside core, sehingga terjadi kebocoran angin secara halus,” bebernya.

Risiko ban kurang angin memang tak akan begitu terasa ketika kendaraan melaju pada kecepatan rendah. Namun bahaya mengintai ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Tutup pentil juga tak boleh sembarangan asal pakai karena ada standar spesifikasi tertentu. Pastikan ada sil karet pada tutup pentil, kemudian ukuran dan ulir harus pas. Mengenai tutup pentil aksesoris tak masalah dipakai, asalkan bentuk dalamnya sesuai standar.

Nah sudah kah anda memeriksa pentil kendaraan Anda?

TITO LISTYADI

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Last Updates

OLX Gandeng OtoSpector Sediakan Layanan Inspeksi Mobil Bekas

JAKARTA, 22 Januari 2019 – Platfom jual beli otomotif, OLX, bekerja sama dengan OtoSpector menghadirkan layanan inspeksi mobil bekas. Layanan...

Lexus LX 570 SPORT Hadir di Indonesia Harga Rp 3,255 Miliar

JAKARTA, 22 Januari 2019 – Cukup lama tak terdengar, Lexus Indonesia mengawali tahun 2019 dengan menghadirkan High Luxury SUV, yaitu...
video

VIDEO: Merasakan Kenikmatan BMW Seri 6 GT di Indonesia

JAKARTA, 22 Januari 2019 - BMW Indonesia telah menghadirkan BMW Seri 630i GT (Gran Turismo) di Indonesia. Mobil ini merupakan SUV hasil perpaduan...

MINI Cooper S 3-Door Edisi 60 Tahun Hanya Dijual 500 Unit

COWLEY, 22 Januari 2019 – Merek MINI tahun ini akan memasuki usia ke-60 tahun, sejak pertama kali hadir sebagai BMC...

Carlos Ghosn Dipecat, Mobil Kolaborasi Renault-Nissan-Mitsubishi Tetap Dibuat

YOKOHAMA, 22 Januari 2019 – Penyelidikan terkait skandal yang dilakukan oleh Carlos Ghosn masih berlangsung, terkait kasus penggelapan laporan pendapatan....