Ini Rahasia Truk Listrik Mercedes-Benz eActros LongHaul, Sekali Charge Bisa Tempuh 500 km

  • 2022/09/Mercedes-Benz-eActros-Long-Haul-Truk-Listrik-2.jpg
  • 2022/09/Mercedes-Benz-eActros-Long-Haul-Truk-Listrik-1.jpg
  • 2022/09/Mercedes-Benz-eActros-Long-Haul-Truk-Listrik-3.jpg
  • 2022/09/Mercedes-Benz-eActros-Long-Haul-Truk-Listrik-4.jpg
  • 2022/09/Mercedes-Benz-eActros-Long-Haul-Truk-Listrik-5.jpg

HANNOVER, Carvaganza – Keseriusan Mercedes-Benz dalam mengembangkan truk bertenaga listrik terus ditunjukkan, salah satunya mengenalkan prototipe eActros LongHaul pada ajang IAA Transportation 2022. Lewat eActros LongHaul ini Mercedes akan menghadirkan truk pengangkut yang dirancang untuk perjalanan jauh. Dengan menggunakan baterai berkapasitas 600 kWh, Mercedes mengklaim eActros LongHaul mampu berjalan hingga 500 km per pengisian daya penuh.

eActros LongHaul sendiri merupakan kelanjutan dari truk listrik eActros yang dirilis pada 2021, keunggulan dari model LongHaul ini adalah jarak tempuh dan daya angkutnya. Namun demikian, saat ini tampilan pada eActros LongHaul masih sebatas prototipe, dan pihak pabrikan belum bisa memastikan akan sama dengan model produksinya nanti. Pada bodinya terlihat garis berkontur dengan strip lampu LED di bagian depan, serta fascia depan tanpa grille khas mobil listrik. Slot pengisian dayanya berada di bagian samping rangka dan tidak menempel dengan bodi eActros LongHaul.

Mercedes-Benz eActros Long Haul

Meskipun akan dibekali dengan baterai berukuran besar demi mencapai daya jelajah yang jauh, Mercedes memastikan pengendara tetap dapat menghemat waktu saat mengisi daya. Saat ini Mercedes tengah membangun pengisian dengan spesifikasi megawatt khusus yang bisa mempercepat proses pengisian dari 20 – 80 persen hanya dalam 30 menit.

Baca Juga: Mitsubishi Triton Andalan Konsumen di Tambang dan Perkebunan, Ini Alasannya

Selain itu, pabrikan Jerman ini juga tengah bekerja sama dengan Trailer Dynamic dan Krone untuk mengembangkan eTrailer yang kemudian akan disematkan pada eActros. Hal tersebut dilakukan agar baterai dan gandar memiliki sumber dayanya masing-masing sehingga trailer ini juga dapat meningkatkan jangkauan eActros hingga 800 km. Selain trailer, Mercedes juga tengah menyiapkan model lainnya salah satunya dengan chassis rigid dan akan diluncurkan bersamaan dengan eActros LongHaul.

Mercedes-Benz eActros Long Haul

Namun pastinya, dengan modal baterai berkapasitas besar tersebut eActros LongHaul diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 536 hp untuk digunakan secara konstan. Sementara jika ingin melakukan akselerasi singkat, eActros mampu melesat dengan tenaga sebesar 805 hp. Selain itu, Mercedes juga memastikan bahwa baterai eActros LongHaul akan menggunakan kimia lithium besi fosfat dengan durabilitas yang lebih lama. Bahkan truk listrik heavy duty tersebut juga sudah didesain untuk bertahan hingga masa pemakaian 10 tahun atau lebih dari 1,2 juta km, serupa dengan truk konvensional.

Setelah resmi diproduksi, nantinya eActros LongHaul akan menjadi truk bertenaga listrik pertama yang dibangun di pabrik Mercedes-Benz Trucks Worth. Unitnya akan dibangun bersamaan dengan model konvensional lainnya dan dijadwalkan dimulai pada 2024 mendatang. Hal tersebut juga didorong oleh rencana pemerintah Eropa melarang kendaraan beremisi melintas di jalan raya termasuk truk pengangkut.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Ikut Endurance Tahun 2024, Lamborghini Rilis Spesifikasi Hypercar Balapnya

Sumber: Carscoops

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mercedes Benz Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature