Ikut Endurance Tahun 2024, Lamborghini Rilis Spesifikasi Hypercar Balapnya

Lamborghini LMDh Teaser

BOLOGNA, Carvaganza - Setelah terus menggoda publik dengan teaser tipis, Lamborghini resmi mengungkapkan spesifikasi hypercar LMDh (Le Mans Daytona hybrid) teranyar. Jenis mobil yang ditujukan untuk balap ketahanan. Di mana model terbaru Lamborghini itu bakal berpartisipasi di World Endurance Championship (WEC) dan IMSA Sportscar Championship pada 2024.

Pabrikan Italia ini akan debut di kelas premier balap ketahanan dunia, setelah selama ini selalu bermain di kelas GT3. Pasukannya dipastikan Lamborghini akan dikendarai dua pembalap Andrea Caldarelli dan Mirko Bortolotti.

Di balik bodinya yang unik, tersimpan jantung mekanis hybrid. Mesin pembakaran konvensional berkonfigurasi V8 twin-turbocharged dengan bobot 180 kilogram. Diungkapkan output total mencapai 681 hp yang mengizinkan mobil menyentuh kecepatan 340 kilometer per jam. Mesin tersebut dikembangkan sepenuhnya dari divisi balap Lamborghini Squadra Corse dari nol.

Lamborghini Le Mans

Sementara motor listrik disuplai dari Bosch Motorsport, yang dikombinasikan manajemen tenaga dan sistem penyimpanan energi dari Williams Advanced Engineering. Seluruh tenaga disalurkan ke roda lewat gearbox P1359 7-speed dari Xtrac. Untuk pengembangan chassis, Lamborghini berpartner dengan Ligier Automotive karena fleksibilitas desainnya. Ini bukan kali pertamanya mereka bekerjasama. Terakhir kolaborasi terjadi pada balapan Formula 1 pada 1991.

Baca Juga: Ford Mustang 2024 Langsung Tawarkan Versi Balap, Ada Banyak Pilihan

Berdasarkan foto resmi yang dipublikasikan sebelumnya, mobil balap hybrid tersebut memiliki desain widebody yang sepenuhnya terbuat dari serat karbon. Tersemat kabin membulat dengan atap octagonal dan hood. Spoiler masif tertanam di belakang dan headlamp berteknologi LED yang membentuk huruf Y tipis. Perangkat ini mirip model jalan raya Lamborghini Sian FKP 37. Secara dimensi memiliki panjang 5.100 mm dan lebar 2.000 mm, serta jarak sumbu roda 3.148 mm. Tercatat pula bobotnya 1.030 kilogram. Angka maksimal agar dapat mengikuti regulasi balapan yang ditetapkan.

“Langkah ini akan membawa kami ke tingkatan lebih tinggi di balap sportscar. Dan ini merupakan milestone penting bagi perusahaan kami,” ucap bos Lamborghini Stephan Winkelmann seperti dilansir dari Autocar, Rabu (21/09).

Lamborghini LMDh Team

Sebagai informasi, Lamborghini bakal bertarung melawan Ferrari, Peugeot, Scuderia Cameron Glickenhaus, Toyota dan Vanwall-ByKolles di balap WEC. Sementara Acura, Alpine, BMW, Cadillac dan Porsche akan ditemui Lamborghini di IMSA Sportscar Championship. Beberapa merek pun telah mengumumkan spesifikasinya. Seperti Porsche yang menggunakan 963 yang diperkuat mesin V8 twin-turbo 4.6 liter.

Kemudian ada Cadillac V-LMDh yang ditenagai mesin all-new V8 5.5 liter. Dari pabrikan Jepang yakni Honda Performance Development mengembangkan Acura ARX-06 dengan V6 twin-turbo 2.4 liter. Sedangkan BMW dikabarkan mengandalkan mesin M V8 twin-turbo dengan motor listrik. Namun, Alpine belum merilis spesifikasi, tapi dipastikan tengah menggandeng partner Oreca.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: Demi Ekslusivitas, Bugatti Batal Bikin Model SUV

Sumber: Autocar

Mobil Lamborghini Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza