Ini Harga Baru Mobil Honda Setelah Dapat Insentif PPnBM

JAKARTA, CARVAGANZA - Empat mobil yang dijual Honda Prospect Motor mendapat keringanan potongan pajak PPnBM. Mereka adalah Honda Mobilio, BR-V, HR-V dan Brio RS. Selama periode Maret hingga Mei 2021, harga on the road Jakarta keempat mobil itu bisa lebih miring dari kondisi normal. Potongan banderol resmi berkisar Rp 11 jutaan hingga Rp 20 jutaan. Ini bisa menjadi momentum terbaik membeli mobil. Apalagi bila ingin digunakan untuk mobilitas mudik lebaran tahun ini bila diizinkan mudik oleh Pemerintah.

Honda Mobilio

Honda Mobilio

Jantung mekanis Mobilio, memiliki tenaga paling tinggi di kelasnya. Pabrikan mengandalkan mesin 1,5 liter i-VTEC yang melecutkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm. Sementara daya puntir maksimal sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm. Daya itu disalurkan ke roda depan, melalui transmisi CVT Earth Dreams Technology. Selain diklaim penyaluran lebih halus, efisiensi bahan bakar juga dibilang lebih baik. Opsi lainnya, transmisi manual lima percepatan.

Kemudian di tipe RS tersedia dalam pilihan warna oranye two-tone dengan atap berwarna hitam. Unit ini dilengkapi audio 6,8 inci yang lebih canggih plus 6 speaker dibanding varian lain. Versi RS sudah dilengkapi AC digital yang serbaotomatis. Interiornya berwarna gelap sementara tipe lainnya terang. Untuk tipe terendahnya sekalipun, Mobilio S bertransmisi manual sudah dilindungi dual front SRS airbags dan rem dengan teknologi ABS + EBD. Ia mengusung struktur rangka G-CON + ACE, dilengkapi side impact beam dan sabuk keselamatan pretensioner serta kursi ISOFIX & Tether.

Di tipe tertinggi (RS). Honda melengkapi Mobilio dengan kamera parkir dan Hill Start Assist (HSA) serta Vehicle Stability Assist (VSA). Sekarang Mobilio menyediakan tujuh sandaran kepala yang dapat diatur posisi ketinggiannya. Pada model sebelumnya menyatu dengan penampang kursi. Jok yang dipakai kini lebih tebal. Penumpang belakangnya juga tak merasa kegerahan, karena ada AC Double blower.

Harga Honda Mobilio (PPnBM 0%) Mobilio S M/T Rp 196,1 juta
Mobilio E M/T Rp 215,7 juta
Mobilio E CVT Rp 226,4 juta
Mobilio RS M/T Rp 238,3 juta
Mobilio RS CVT Rp 248,5 juta

Honda BR-V

Honda BR-V

Mesin BR-V pakai jenis 1.5L SOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga maksimal 120 PS pada 6.600 rpm. Lalu torsi optimal 145 Nm di 4.600 rpm. Untuk indonesia punya opsi manual enam percepatan dan CVT. Sebagai kendaraan tualang, ia memiliki jarak pijak tanah 201 mm. Besarannya cukup dalam menapaki berbagai medan jalanan.

Lalu peranti keamanan berkendara. Demi keselamatan pengendara, Honda BR-V dibangun di atas struktur rangka G-CON + ACE™ with Side Impact Beam. Gunanya meredam benturan saat terjadi kecelakaan. Sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Start Assist (VSA) demi menjaga stabilitas kendaraan. Serta Hill Start Assist (HSA) guna memudahkan akselerasi setelah berhenti di tanjakan. Sedang dalam aspek keamanan, ia didukung immobilizer dan alarm system sebagai standar semua varian.

Secara visual, kisi-kisi depan BR-V tampak lebar dengan lapisan kromium tengah sebagai tempat logo H tegak bernaung. Guratan sudah mulai usang, sehingga perlu rombakan total di sekujur tubuh. Di generasi sekarang, semua model memakai pelek 16 inci dual tone baru dengan profil ban 195/60. Selebihnya antena sirip hiu, bumper belakang, reflektor vertikal senantiasa tersedia. Di dalam BR-V, terdapat fitur standar baru seperti speaker tweeter, pencahayaan di belakang, filter kabin, AC digital, keyless entry dan tombol start-stop.

Jika Anda membeli BR-V Prestige, maka mendapatkan layar monitor 8 inci floating capacitive touchscreen. Ia kompatibel dengan berbagai format musik. Seperti AM/FM radio, MP3/WMA, bluetooth, smartphone connection, aux input dan USB port. Bahkan lebih lengkap, tersemat smart connectivity web link. Anda dapat terhubung antara smartphone dan monitor, menampilkan beberapa aplikasi tertentu, misal Youtube.

Harga Honda BR-V (PPnBM 0%)
BR-V S M/T Rp 238 juta
BR-V E M/T Rp 252,6 juta
BR-V E CVT Rp 261,8 juta
BR-V Prestige Rp 277,6 juta

Honda HR-V 1.5L

Honda HR-V

Hanya unit 1,5 liter yang mendapat potongan pajak. Ia menganut mesin empat silinder naturally aspirated. Bore dan stroke diseting 73 x 89,4 mm plus rasio kompresi 10,3:1. Tenaga maksimal terproduksi 120 PS di 6.600 rpm. Kemudian momen puntir 145 Nm pada 4.600 rpm. Ada dua pemindah gigi untuknya. Bagi yang ingin mendapat kesenangan mengemudi. Bisa memilih manual 5-speed. Sementara kenyamanan ada pada tipe CVT.

Fitur pada varian dasar sudah komplet. Honda sama sekali tidak pelit memberi perangkat keselamatan maupun keamanan untuk HR-V. Varian termurah (1.5L S), sudah dilengkapi pengereman ABS, EBD, BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal dan Brake Override System. Rem parkirnya saja pakai model elektrik (Electronic Parking Brake). Kemudian ada Auto Brake Hold. Namun airbag hanya ada dua, sama seperti tipe E.

Varian tengah (E dan E Special Edition) makin lengkap lagi. Saat Anda menyalakan mesin, cukup pakai tombol (keyless ignition) ditambah paddle shift. Ia jua punya cruise control untuk sensasi berkendara lebih menyenangkan. Lalu tombol AC Smart Touch tetap terlihat futuristik. Urusan audio juga sudah cukup. Head unit monitornya sebesar 8 inci, yang dibuat bergaya mengambang.

Andai butuh SUV kompak dengan kabin nyaman dan lapang, HR-V bisa jadi pilihan utama. Penumpang belakang disediakan ruang kaki dan kepala ekstralega. Ditambah lagi kepraktisan pengaturan kursi yang sama persis dengan Honda Jazz. Bila Anda butuh ruang bagasi lebih besar, tinggal melipat sandaran jok yang rata lantai. Seketika tersedia area lapang dan datar. Pembagiannya 60:40 dan bisa disesuaikan kebutuhan antara membawa barang juga penumpang. Dudukan jok juga mampu dilipat ke atas atau juga dikenal sebagai mekanisme Ultra Seat.

Harga Honda HR-V 1.5L (PPnBM 0%)
HR-V 1.5L S M/T Rp 284,2 juta
HR-V 1.5L S CVT Rp 294 juta
HR-V 1.5L E CVT Rp 316,9 juta
HR-V 1.5L E CVT Special Edition Rp 333,6 juta

Honda Brio RS

Honda Brio RS

Urusan mekanikal pacu pada New Honda Brio RS sama dengan model reguler. Ia membawa keunggulan dari mesin 1.2L i-VTEC 4 silinder yang bertenaga 90 PS serta torsi puncak 110 Nm. Angka ini merupakan merupakan terbesar di kelasnya, sekaligus diklaim hemat bahan bakar. Selain itu, serangkaian fitur dan teknologi terkini juga tetap tersedia. Misal transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology, kemudian tersisip pula ECO Assist.Sementara itu, untuk fitur keselamatan tetap sama. Konsumen senantiasa mendapat Dual Front i-SRS Airbags, sistem pengereman ABS + EBD dan struktur rangka tetap pakai G-CON + ACE.

Nah, seiring dengan popularitasnya. Tahun lalu New Honda Brio tercatat menjadi mobil paling laris di tahun 2020. Tercatat total penjualan sebesar 43.021 unit. Honda Brio juga mendapatkan total 41 penghargaan di berbagai kategori. Di antaranya kategori mobil terbaik, konsumsi bahan bakar terbaik, mobil pilihan konsumen. Seluruh tampilan tubuh terlihat begitu mirip dengan rancangan Honda Small RS Concept. Prototipe itu sempat dipamerkan pada gelaran Indonesia International Motor Show 2018.

Pabrikan sedikit menambahi tampilan muka biar terlihat racing look. Misal Front Under Spoiler dan Rear Under Spoiler yang dilengkapi dengan Diffuser. Sementara terdapat pula Black Side Under Spoiler, Black Side Door Mirror yang dilengkapi dengan LED Turning Signal. Lalu ada Black Door Handle. Racikan ini menjadikan mobil ini terlihat semakin sporty. Cocok dengan target marketnya.

Urbanite pun memakai material dan aksen warna sama dari RS reguler. Ia mengusung dominasi warna hitam dengan detail oranye. Itu bisa dilihat pada jahitan material serta lis penghias dasbor. Soal fitur pasti paling lengkap di keluarganya. Contoh sarana hiburan, menganut sistem head unit layar sentuh 6,2 inci lengkap USB, AUX, dan Bluetooth. Kontrol audio dan telepon dapat terlaksana lewat audio switch di lingkar kemudi. Telinga pun lantas dimanjakan oleh keberadaan tweeter. Di samping itu, panel AC digital ditugaskan sebagai alat pengatur suhu dengan sensasi modern. (ANJAR LEKSANA / RS)

Harga Honda Brio RS (PPnBM 0%)
Honda Brio RS M/T Rp 178,3 juta
Honda Brio RS CVT Rp 192,7 juta
Honda Brio RS M/T Urbanite Edition Rp 185,8 juta
Honda Brio RS CVT Urbanite Edition Rp 200,2 juta

Artikel yang direkomendasikan untuk anda