Beranda New Cars Ini Dia McLaren 720S Spider, Supercar Convertible Tercepat di Dunia

Ini Dia McLaren 720S Spider, Supercar Convertible Tercepat di Dunia

WOKING, 11 Desember 2018McLaren resmi melengkapi line up model Super Series mereka di akhir tahun 2018 ini, dengan akhirnya meluncurkan McLaren 720S Spider. Varian baru ini membuat 720S menjadi lebih eksotis sebagai sebuah supercar.

Dengan moniker ‘Spider’, makan mobil ini tidak lain dan bukan adalah versi atap terbuka dari 720S yang telah hadir sejak tahun 2017 lalu. McLaren mengklaimnya sebagai mobil dengan sistem convertible tercepat di kelas supercar.

Untuk proses buka-tutup atapnya, disebutkan 720S Spider bisa melakukannya dalam waktu 11 detik dan saat melaju dalam kecepatan hingga 31 km/jam. Retractable hard top dibuat dari bahan serat karbon, yang membuat konstruksi panel A sedikit diubah dari versi coupe.

Untuk sensasi yang lebih maksimal, konsumen bisa memilih opsi atap dengan panel kaca electrochromic. Kaca ini bisa diatur transparansi atau kegelapannya dengan hanya satu sentuhan tombol, dan saat mesin dimatikan kaca tersebut akan secara otomatis menjadi gelap.

Sistem aerodinamika 720S Spider termasuk active rear spoiler yang dapat beroperasi otomatis, menyesuaikan kondisi baik saat atap ditutup maupun dibuka. Kombinasi velg 19 inci di depan dan 20 inci di belakang dengan bahan lightweight alloy dibalut oleh ban Pirelli P Zero dan P Zero Corsa.

Untuk perlindungan ekstra, McLaren memperkuat struktur serat karbon pada chassis sebagai pelindung penumpang seandainya mobil terbalik. Struktur baja dari 650S Spider diganti oleh serat karbon yang selain lebih optimal untuk perlindungan, juga lebih ringan 6,8 kilogram.

Saat atapnya dibuka, kecepatan maksimal yang dapat dicapainya adalah 325 km/jam, sementara saat ditutup 341 km/jam. Mesin V8 4.0 liter twin-turbo miliknya menyimpan tenaga 710 hp dan torsi 769 Nm, dengan transmisi dual-clutch 7-speed yang dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam 2,8 detik.

Pesan sekarang, unit 720S Spider akan mulai dikirim ke garasi rumah pada bulan Maret 2019. Harganya sendiri dibanderol mulai $ 315.000 atau setara Rp 4,571 miliaran.

WAHYU HARIANTONO