Influencer Otomotif Yang Bilang Pemberitaan Media Hoax Sudah Meminta Maaf

Influencer otomotif minta maaf pada media

JAKARTA, Carvaganza – Insiden konvoi mobil mewah yang dihentikan petugas patroli pada Minggu (23/1) lalu di Tol Desari (Depok - Antasari) sempat berbuntut panjang. Beberapa orang yang ikut dalam iring-iringan tersebut, yang diketahui sebagai influencer sempat memberikan tudingan miring kepada media-media yang memberitakan peristiwa itu.

Salah satu tudingan yang dilemparkan influencer otomotif seperti Akbar Rais,  Reindy Riupassa dan Kiki A Nugraha adalah bahwa pemberitaan yang ditulis sejumlah media nasional tentang peristiwa tersebut adalah hoax karena menurut mereka peristiwa itu tidak seperti yang ditulis oleh media.

Tudingan itu tentu saja mendapat reaksi keras dari kalangan jurnalis, terutama jurnalis otomotif. Media Kompas dan Gridoto telah melayangkan protes. Sedangkan kalangan jurnalis otomotif yang terhimpun dalam Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) telah mengeluarkan Pernyataan Sikap kepada ketiga orang tersebut. Kasus tudingan miring yang dilemparkan influencer ini menjadi berita viral dan membuat kalangan media tersinggung.

Influencer minta maaf kepada media

Namun dari perkembangan yang terjadi, pihak influencer akhirnya menyatakan permintaan maaf kepada media di Studio Green Kompas TV, Palmerah, Jakarta Barat, pada Jumat sore (28/1). Urusan ini pun diselesaikan secara kekeluargaan.

Hadir dari pihak media diwakili oleh Billy Riestianto selaku Pimred GridOto, Munawar Chalil Publisher dari OTO.com, Aries F. Harvenda sebagai Editor Otomotif Kompas.com, Rio Fajar selaku Managing Editor kabaroto.com, dan Indra Prabowo selaku Ketua Umum Forum Wartawan Otomotif (FORWOT). Dari pihak influencer yang hadir adalah Akbar Rais, Rockford Pojono dari Lugnutz Auto Junkie, Reindy Riupassa dari btxconcept. Namun, Kiki A Nugraha yang disebut dalam Pernyataan Sikap FORWOT berhalangan hadir.

Dalam pertemuan tersebut, Akbar Rais cs menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat khususnya pengguna jalan tol Andara terkait aktivitas dokumentasi yang dilakukan pada 23 Januari lalu. Mereka juga menyatakan permohonan maaf kepada seluruh awak media, baik Kompas.com, Gridoto.com dan kalangan jurnalis  FORWOT.

Influencer minta maaf kepada media

Para influencer yang hadir menyatakan bahwa mereka menghargai posisi media dan menyebut bahwa pers sudah bekerja secara profesional sesuai dengan UU No.40 tahun 1999. Selain itu, mereka juga mengimbau kepada seluruh followersnya untuk patuh dan taat pada peraturan serta bijak dalam menggunakan sosial media.

Dengan adanya permintaan maaf ini, pihak media menganggap persoalan dengan Akbar Rais, Reindy Riupassa dan Rockford Pojono telah selesai. Sekaligus menandakan bahwa semua pihak berharap dapat membangun industri otomotif nasional bersama-sama di masa mendatang.

Terkait Kiki A Nugraha yang tidak hadir dan tidak mengkonfirmasi dalam acara klarifikasi bersama media otomotif tersebut, maka pihak Forwot masih menunggu hingga batas waktu 31 Januari 2022. Dalam surat keterangan resminya, media-media yang tergabung dalam FORWOT juga memboikot acara yang mengikutsertakan Kiki A Nugraha dalam bentuk apapun. (ALVANDO NOYA/EK)

Baca juga: Polisi Beberkan Fakta dan Bukti Kisruh Rombongan Mobil Mewah di Tol Andara

Featured Articles

Read All

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature