Hyundai Staria Resmi Diluncurkan, MPV Unik Berbentuk Pesawat Luar Angkasa

SEOL, Carvaganza – Hyundai merilis produk terbarunya yakni Staria yang mengisi segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) melalui peluncuran digital. Kehadiran Staria sekaligus mengukuhkan model masa depan Hyundai, yakni Purpose Built Vehicle (PBV). Selanjutnya Staria akan menjadi transformasi Hyundai Motor Company sebagai Smart Mobility Solution Provider dan mewujudkan metode desain inside-out yang menekankan pada ruang interior yang luas dan kegunaannya.

Staria tersedia dalam dua varian yakni Staria dan Staria Premium. Tersedia sampai 11 pilihan konfigurasi kursi serta sentuhan eksklusif dan nuansa yang mewah. Menariknya, tampilan eksterior Staria serupa dengan pesawat ruang angkasa dan didefinisikan layaknya sebuah bentuk yang dinamis dari depan ke belakang.

Bagian depan Staria dilengkapi dengan Daytime Running Lights horizontal dan sebuah lampu pendukung yang memanjang. Selain itu desain gril radiator dibuat dengan kesan yang tebal dan lebar.

Sedangkan untuk varian Staria Premium terlihat lebih menonjol dengan aksen krom kuningan yang diaplikasikan di hampir seluruh bagian kendaraan. Mulai dari emblem, grille, bemper depan dan belakang, kaca spion samping hingga seluruh gagang pintunya.

Hyundai Staria

Posisi beltline dibuat rendah dengan jendela panoramic di bagian samping kendaraan yang meningkatkan visibilitas dan nuansa yang lebih terbuka. Pendekatan desain ini terinspirasi oleh arsitektur tradisional 'hanok' yang memungkinkan para penumpang untuk seolah-olah merasakan pemandangan bagian luar sebagai bagian dari sisi interior kendaraan. Tampilan yang lebar tersebut juga diaplikasikan hingga ke bagian belakang dengan jendela yang lebar dan dikelilingi lampu belakang vertikal dan untuk varian Premium menggunakan lampu Parametric Pixel.

Interiornya menonjolkan kenyamanan pengemudi dan penumpang namun tetap menerapkan fungsi utama MPV. Kursi pengemudi dan penumpang di baris pertama dirancang untuk memberikan kesan luas dan nyaman. Hyundai menempatkan banyaknya laci penyimpanan di kursi penumpang baris pertama.

Layanan hiburan tersedia pada layar sentuh berukuran 10,25 inci serta layar cluster digital terletak di atas dasbor yang membuat visibilitas jauh lebih luas tanpa hambatan. Selain itu, terdapat pula beberapa ruang penyimpanan di beberapa sudut untuk memenuhi kebutuhan penumpang kabin di setiap baris.

Staria Premium juga menawarkan konfigurasi 7-penumpang dengan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat diatur secara elektronik. Pada tipe ini juga tersedia mode relaksasi dengan satu sentuhan membuat kursi dapat bersandar secara otomatis ke posisi yang nyaman.

Selain itu terdapat juga tipe Premium 9-seater yang di baris kedua dapat diputar 180 derajat untuk berhadapan dengan penumpang pada baris ketiga. Pada kabinnya juga tersedia ambient light dengan 64 pilihan warna yang tersedia di seluruh varian Staria Premium.

Hyundai Staria

Staria menyediakan beberapa pilihan mesin yakni VGT 2,2-liter diesel dan MPI 3,5-liter Smartstream G6DIII berbahan bakar bensin. Untuk mesin diesel akan dipadukan dengan dua pilihan transmisi 6-percepatan dan otomatis 8-percepatan. Sedangkan pada varian 3,5-liter bensin hanya tersedia dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Mesin diesel VGT 2,2-liter menghasilkan tenaga maksimal hingga 175 hp dan torsi yang mencapai 431 Nm. Sedangkan untuk mesin bensinnya memiliki tenaga 270 hp dengan torsi maksimal 331 Nm.

Selain itu Staria juga akan didukung dengan fitur-fitur keselamatan seperti Forward Collision Avoidance Assist (FCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA). Serta beberapa fitur keamanan seperti Wireless Module Seat Belt Reminder (WM-SBR),Safe Exit Assist (SEA) dan Rear Occupant Alert (ROA).

“Kami sangat senang memperkenalkan Staria yang mewakili upaya terbaru kami untuk mempelopori evolusi mobilitas dan memenuhi kebutuhan gaya hidup yang terus berkembang saat kita beradaptasi dengan cara hidup yang baru,” kata Thomas Schemera, Executive Vice President dan Global Chief Marketing Officer. Hyundai Staria mulai dijual pada paruh kedua 2021. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda