Hyundai: Meski COVID-19, Pembangunan Pabrik Manufaktur Jalan Terus

JAKARTA, Carvaganza.com – Di tengah wabah virus corona baru (COVID-19) yang melanda Indonesia, PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) menegaskan komitmennya untuk melanjutkan pembangunan pabrik di Indonesia. Hyundai meyakini bahwa pabrik yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Bekasi, Jawa Barat ini penting untuk mendorong dan memastikan pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk terus bergerak.

Hyundai menggelontorkan investasi senilai USD 1,55 miliar (Rp 234,2 triliun) hingga 2030. Pembangunan pabrik tersebut juga akan berkontribusi pada pengembangan ekspor Indonesia dengan menjadi pemasok produk-produk Hyundai ke pasar utama di kawasan ASEAN lainnya.

YoonSeok Choi, Presiden Direktur PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) mengatakan kondisi saat ini sangat sulit. Hyundai memahami bahwa saat-saat ini merupakan situasi sulit yang dihadapi oleh Indonesia dan dunia. Pada saat yang bersamaan, melanjutkan pembangunan pabrik di situasi ini juga bukan keputusan mudah yang diambil oleh Hyundai.

“Adalah komitmen kami untuk terus mendukung masyarakat serta lingkungan di sekitar kami. Sekarang, lebih dari sebelumnya, adalah saat yang penting untuk menunjukkan solidaritas kami kepada Indonesia dengan terus mendorong dan mendukung ekonomi Indonesia untuk terus bergerak,” kata YoonSeok Choi dalam keterangannya hari ini.


Jalan Terus


Untuk mengawasi jalannya investasi, Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama dengan beberapa anggota direksi, hari ini, Jumat (17/4/2020) mengunjungi pabrik HMMI dan secara langsung mengamati perkembangan terbaru dari pembangunan pabrik.

“Pembangunan pabrik Hyundai adalah komitmen bagi kedua negara. Meskipun saat ini adalah waktu yang sulit bagi semua orang karena pandemi COVID-19, mari kita pastikan dan jaga semua pengerjaan serta rencana semula berjalan sesuai rencana,” kata Bahlil Lahadalia.

Hingga saat ini, proyek manufaktur telah mencapai kemajuan konstruksi dengan proses pembersihan lahan dan pekerjaan pemancangan yang telah selesai. Target saat ini dari proyek konstruksi pabrik adalah untuk merampungkan penyusunan kerangka baja dan melanjutkan ke langkah pengembangan selanjutnya. Dalam pelaksanaan pembangunan HMMI selalu memperhatikan keselamatan dan kesehatan karyawan sebagai hal yang utama.


Bantuan APD


“Kami menerapkan peraturan kebersihan yang lebih ketat dan secara aktif mendisinfeksi tempat mereka bekerja secara berkala. HMMI menghormati keputusan pemerintah dan telah berusaha keras untuk menerapkan aturan physical distancing yang ketat. Kami berharap masa sulit ini akan segera berlalu bagi kita untuk dapat kembali lebih kuat,” kata YoonSeok.

Komitmen untuk mendukung penuh masyarakat dan kemanusiaan juga telah direalisasikan oleh Hyundai sebelumnya dengan memberikan bantuan berupa 50.000 set APD senilai Rp 8,2 miliar (USD 500 ribu) untuk tenaga kesehatan Indonesia secara bertahap. Sebanyak 10.000 set APD akan dialokasikan ke Jawa Barat, di mana Hyundai Motor Manufacturing Indonesia berada.

Selain itu, Hyundai juga menjajaki rencana untuk mengimplementasikan tes Drive-Thru sebagai upaya bantuan dalam mengatasi COVID-19, yang saat ini sedang dalam tahap diskusi dengan pemerintah Jawa Barat.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda