Hyundai Ioniq & Kona Electric Meluncur di Indonesia, Harga Rp600 Jutaan

JAKARTA, Carvaganza.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah resmi memulai era elektrifikasi, era baru bagi merek Hyundai di pasar indonesia. Hari Jumat, 6 November 2020, resmi hadir di pasar Indonesia Hyundai Ioniq Electric dan Kona Electric. Setelah sempat beredar belakangan ini di jalanan Jakarta, kini Ioniq dan Kona bertenaga listrik sudah bisa dimiliki masyarakat Indonesia.

Diklaim sebagai pionir mobil bertenaga listrik murni (pure electric) di Tanah Air, kehadiran dua produk ini mengantarkan Hyundai sebagai pabrikan game changer. Peluncuran Ioniq dan Kona selaras dengan visi mobilitas cerdas, yang diwujudkan Hyundai untuk menyediakan gaya hidup yang terhubung dengan pengalaman berkendara menyenangkan. Bahkan, harga yang ditawarkan untuk kedua model ini cukup menarik di segmen elektrifikasi.

“Dengan bangga kami perkenalkan dua mobil listrik murni dari Hyundai yang akan menjadi solusi bagi mereka yang selalu ingin menjadi yang terdepan dalam inovasi. Kami berkomitmen untuk memulai ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, berkontribusi pada kualitas hidup masyarakat dan menjadi Game Changer dalam teknologi mobilitas ramah lingkungan,” kata Presiden Direktur PT HMID, Sung Jong Ha.

Resmi meluncurnya Ioniq dan Kona versi electric ini menyusul upaya pemerintah Indonesia untuk mempercepat tumbuhnya tren kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Termasuk dengan adanya Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Ioniq Electric dirancang dengan pendekatan futuristik dan ergonomis, dilengkapi dengan trend terkini dan teknologi mutakhir, sehingga membuat berkendara menjadi menyenangkan, aman, dan nyaman sehingga cocok untuk masyarakat perkotaan. Dengan dimensi kompak, Ioniq hadir dengan bodystyling ala sedan liftback yang sporty dan modern.

Hyundai membekali motor listrik berdaya 100 kW atau sebanding 134 hp, dengan torsi 295 Nm, berikut baterai 38,3 kWh sebagai penampung energi listriknya. Akselerasi 0-100 km/jam dapat dilakukan Ioniq Electric dalam waktu 9,9 detik, mengandalkan penggerak roda depan. Sementara dengan baterai penuh, perjalanan sejauh 373 km diklaim dapat ditempuh olehnya.

Hyundai Ioniq Electric


Untuk pengisian ulang baterai dari nol sampai 80%, bisa dilakukan dalam waktu 54 menit menggunakan charging station berkapasitas 100 kW. HMID memasarkan Ioniq Electric dalam dua varian, yaitu Prime dengan harga Rp624,8 juta dan Signature dengan Rp664,8 juta. Semuanya dalam kondisi on the road (Jakarta).

Sementara Kona Electric, merupakan SUV urban bertenaga listrik yang debutnya menyusul kehadiran Kona versi mesin bensin sejak tahun lalu. Perbedaan jelas Kona versi listrik dan bensin bisa diidentifikasi dari fascia depan yang memiliki grille tertutup. Sebagai SUV atau crossover modern, Kona Electric menawarkan daya jelajah lebih fleksibel dan utilitas lebih baik.

Untuk powertrain-nya, Kona Electric dibekali motor listrik dengan tenaga 100 kW atau 134 hp seperti Ioniq, namun dengan torsi lebih galak hingga 395 Nm. Baterai milik Kona diklaim bisa diajak berkendara hingga sejauh 345 km dalam sekali isi penuh.

Hyundai Kona Electric


Berbagai fitur pendukung disematkan melengkapi kecanggihan Kona Electric, seperti Drive Mode Select, Rear View Mirror with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, dan Tire Pressure Monitoring System. Untuk memilikinya, siapkan mahar Rp674,8 juta (OTR Jakarta) jika berminat dengan Kona Electric. Rangkaian produk elektrik Hyundai didukung dengan ragam layanan aftersales. Mulai dari Roadside Assistance, layanan “Mobile Charging” gratis, biaya perawatan gratis, garansi high voltage battery, dan garansi dasar.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda