Honda Rilis HR-V 2022, Begini Segala Perubahannya

JAKARTA, Carvaganza – Salah satu model Honda yang cukup laris di pasar nasional adalah HR-V. Crossover/SUV kompak yang bermain di pasar Indonesia pasca diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Pada waktu itu tersedia dalam dua pilihan mesin yakni 1.5 liter dan 1.8 liter.

Kemarin ini, Pabrikan Honda telah merilis Honda HR-V model tahun 2022 untuk pasar Eropa. Merupakan penyegaran dari versi tahun 2020 dengan tampilan baru, termasuk didukung powertrain anyar. Pabrikan juga memberikan sentuhan penyempurnaan di kabin sehingga menjadi lebih canggih dan modern. Tentu saja mesin 4 silinder segaris naturally aspirated akan tetap dipakai, tapi belum jelas apakah akan mengadopsi turbo atau tidak.

HR-V 2022 ini akan mulai debutnya pada akhir 2021 dan kabarnya bakal terlebih dulu masuk ke pasar Eropa. 

Honda HR-V 2022

Penyempurnaan eksterior

Honda HRV-V 2022 menyandang tampilan segar luar dan dalam. Tampak luar sangat baru, dengan taste yang cukup kuat untuk pasar SUV/crossover. Tapi jika dibandingkan dengan HR-V sebelumnya, ciri khas HR-Vnya jadi kurang kelihatan karena versi anyar terkesan lebih premium dan permukaan bodinya menjadi lebih flat, sedangkan versi yang lama lebih berlekuk dan mengotak.

Lampu depan terlihat lebih sipit dan memanjang. Untuk memberikan kesan elegan pada fascia depan, antara lampu depan dikoneksikan dengan garis krom tipis . Bentuk grille depan tak lagi memakai Solid Wing Face, digantikan oleh front grille baru yang bentuknya lebih radikal. Menyerupai bilah-bilah tipis dengan warna diselaraskan dengan pulasan bodi sehingga terkesan menyatu. Tampangnya menjadi terlihat futuristik, mirip seperti fascia mobil listrik.

Di Jepang, konsumen bisa mengustom warna, termasuk memberikan warna lain pada bilah grille. Sehingga kalau ada yang menganggap warna grille terlalu monoton, bisa diganti dengan warna lain agar terlihat lebih segar.

Kalau dilihat secara utuh, bentuk HR-V teranyar menyerupai mobil coupe, dengan layout dipilar C menyempit. Kaca belakang didesain menjadi lebih landai sehingga menjadi lebih dinamis, mengikuti garis desain menyempit di belakang. Lampu belakang juga dibuat baru, lengkap dengan lampu belakang memanjang di bagian belakang.

Honda HR-V 2022

Interior

Tampilan dalam dibuat lebih apik dan lebih premium dibandingkan sebelumnya. Desain dibuat lebih minimalis dan simpel sehingga menjadi terkesan lapang. Dilapisi material berkualitas dan lembut. Material plastik yang dipakai pun lebih bermutu.

Terpasang panoramic roof yang lebar untuk menambah kenyamanan dan penerangan bagi penumpang belakang. Pabrikan juga mengadopsi ventilasi AC berbentuk L di bagian sudut atas dashboard. Versi terbaru juga dilengkapi ventilasi AC untuk penumpang belakang.

Engine dan transmisi

Untuk versi Eropa akan mendapat penambahan mesin hybrid, sama dengan hybrid Honda Insight dan Accord. Tapi untuk pasar Amerika Utara belum diketahui secara pasti mesin apa yang bakal dipakai. Harapan konsumen di Amrik, mesin yang dipakai pada HR-V terbaru memiliki tenaga lebih besar. Misalnya bisa dari 4 silinder segaris 2.0 turbo dari Honda Civic yang menghasilkan tenaga 158 hp. Kabin juga diharapkan dibikin lebih senyap lagi dengan teknologi insulasi yang lebih baik.

Pabrikan sendiri sudah menyatakan telah melakukan serangkaian perubahan pada HR-V sehingga catch-up dengan perkembangan jaman. Tak terkecuali dalam hal kelegaan kabin sehingga kenyamanan bisa dioptimalkan lagi.

Honda HR-V 2022

Fitur infotainment

Semua model dilengkapi sistem entertainment layar sentuh dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Lebar layar sentuh mungkin lebih besari dari yang sekarang, 7.0 inci dan terpasang di dashboard tengah. Pada layar tersebut sudah terdapat ragam informasi kendaraan, Wi-Fi, sistem navigasi serta bertindak sebagai kamera mundur.

Fitur keselamatan

Fitur-fitur yang terdapat di HR-V teranyar tampaknya akan lebih ditingkatkan lagi seperti Lane-Keeping Assist dan Adaptive Cruise Control serta Automated Emergency Braking.  (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: ragam sumber

Artikel yang direkomendasikan untuk anda