Honda City Hatchback, Pengganti Jazz Siap Dirilis Di Indonesia

JAKARTA, CARVAGANZA – PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja membuka tahun 2021 dengan meluncurkan tiga model sekaligus. New Honda Brio Urbanite, New Honda CR-V dan New Honda Odyssey langsung menyegarkan setiap segmen yang tersedia di jajaran lini produk Honda. Dikabarkan akan ada model terbaru yang segera diluncurkan oleh HPM dalam waktu dekat. Honda City hatchback yang merupakan sedan kompak kini berganti kostum menjadi sebuah hatchback.

PT HPM belum bisa mengkonfirmasi kebenaran hal tersebut, sedangkan beberapa sumber menyatakan bahwa unitnya tersedia di Indonesia. Salah satunya adalah website resmi Samsat DKI Jakarta.  Di situ terdaftar unit Honda City terbaru dengan nilai jual Rp. 256 – 269 Juta.

Honda City Hatchback

Melihat daftar yang tertera pada website tersebut, sepertinya akan ada tiga varian Honda City terbaru yaitu tipe City E CVT dan E manual yang menggunakan kode bodi GM6 atau sedan, serta City tanpa kode GM6 dengan transmisi CVT. Yang terakhir bisa jadi merupakan tipe hatchback karena tidak menggunakan kode GM6. Ketiganya menggendong mesin 1.5-liter dengan pilihan transmisi otomatis CVT dan manual.

Pada tahun lalu, beberapa negara di Australia dan Amerika dikabarkan menghentikan produksi Honda Fit atau Honda Jazz. Bisa jadi segmen hatchback di jajaran Honda akan dilanjutkan oleh City versi hatchback ini. Honda Jazz dan Honda City memang dikenal berbagi platform dan juga mesin 4-silinder 1,5-liter. Selain itu, transmisi CVT yang terdapat dikedua model ini menggunakan teknologi yang sama.

Honda City Hatchback

Jika benar maka kehadiran Honda City hatchback akan menjadi nostalgia bagi pengguna City generasi pertama, yang diproduksi pada 1981. Honda City sebelumnya memang dikenal sebagai sebuah sedan kompak yang berkompetisi dengan Toyota Vios. Namun tahukah bahwa generasi pertama Honda City merupakan hatchback konfirgurasi 2- pintu atap konvertible dan 3-pintu hatchback. Saat itu, Honda City generasi pertama dibekali dengan mesin 4-silinder 1.2-liter turbocharged.

Honda City versi hatchback bertahan dari generasi pertama hingga generasi kedua, pada produksi generasi keempat barulah Honda mengubahnya menjadi sebuah sedan kompak. Sedangkan Honda City yang saat ini tersedia di dealer-dealer resmi Honda merupakan generasi keenam dan diluncurkan pada 2014 silam. Memang belum ada penyempurnaan baru dari model terakhirnya, bahkan varian faceliftnya saja sudah eksis sejak 2017 silam.

Di Indonesia Honda City facelift menggendong mesin 4-silinder 1.5-liter i-VTEC yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 7-percepatan CVT. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 118 hp dan torsi yang mencapai 145 Nm. Saat ini Honda Prospect Motor membanderol Honda City dengan harga Rp. 352 Juta. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda