5 Hal Yang Perlu Diketahui Dari Honda Step WGN Generasi Kelima

JAKARTA, Carvaganza – Pada Jumat lusa (7/1), Honda bakal merilis mobil baru Step WGN e:HEV lewat media digital kanal Youtube Honda. Medium MPV 7 penumpang ini memang belum dipasarkan di Indonesia, namun pernah menjadi bahan pertimbangan pabrikan untuk dijual di sini, untuk berkompetisi dengan Nissan Serena. Kalau pun nanti masuk ke Indonesia, bakal menghadapi rival terkuatnya, Toyota Voxy. 

Honda Step WGN teranyar yang bakal dirilis nantimerupakan MPV hybrid dan bakal memasuki generasi keenam. Jenis powertrain hybrid sudah dipakai oleh Step WGN generasi kelima yang diluncurkan sejak 2015. Mesin hybrid itu sekaligus melengkapi dua mesin lainnya yang naturally aspirated  berbahan bakar bensin.

Untuk mengetahui apa sih kelengkapan yang dimiliki Honda Step WGN generasi kelima, begini hal-hal detail yang diadopsi oleh generasi kelima tersebut.

mesim Honda Step WGN generasi kelima

1. Mesin Hybrid

Mulai tahun 2020, Honda memperkenalkan Step WGN e:HEV dengan dua motor listrik sesuai dengan perkembangan inisiatif e:Technology yang dirintis pabrikan Jepang tersebut. Menurut pabrikan, e:HEV tersebut bukan teknologi hybrid biasa seperti yang sebelumnya, di mana motor listrik berfungsi membantu mesin untuk bergerak. Dengan e:HEV, mesin justru menghasilkan listrik yang bisa membantu pergerakan motor listrik.

Motor listrik itu disandingkan dengan mesin konvensional bensin Atkinson Cycle DOHC i-VTEC 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 144 hp dan torsi puncak 175 Nm. Total output yang dihasilkan adalah 182 hp dan torsi 315 Nm.

Pada varian hybrid terdapat tiga mode pengendaraan yakni Hybrid Mode di mana motor listrik digerakkan oleh listrik yang bersumber dari mesin konvensional. Engine Mode mengoneksikan mesin lewat direct-coupling cluth untuk menggerakkan roda depan pada saat cruising kecepatan tinggi. Sedangkan EV Mode menggerakkan mobil hanya dengan motor listrik dengan memanfaatkan tenaga dari baterai.

Selain hybrid, Step WGN – yang dibaca Step Wagon – tetap mempertahankan mesin naturally aspirated bensin 4 silinder segaris direct-injection turbo VTEC dengan penggerak roda depan maupun AWD. Dikombinasikan dengan transmisi CVT plus paddle shifter yang terdapat pada model Spada dan Modulo X.

Baca juga:  Honda Rilis Mobil MPV Baru Step WGN 7 Januari Mendatang

Waku Waku Gate Honda Step WGN

2. Waku Waku Gate

Pintu belakang unik yang mendapat sebutan Waku Waku Gate dari pabrikan menjadi hal yang sangat menarik. Pintu belakang bisa dibuka lebar penuh ke bagian atas dan bisa dibuka setengah ke bagian samping.

Kabin Honda Step WGN Generasi Kelima

3. Interior Honda Step WGN Generasi Kelima

Bagian interior Honda Step Wagon terasa lapang dan mewah. Balutan jok terdiri dari dua pilihan fabric dan kulit, di mana bangku baris kedua mengadopsi model Captain Seat. Bahkan pada model Spada dan Cool Spirit yang dipasarkan di Jepang, memakai teknologi Fabtect Water yang baru dan permukaannya joknya sudah oil-repellent. Sebagaimana layaknya mobil keluarga yang nyaman, MPV medium size ini dilengkapi oleh ragam tempat penyimpanan.

Pada konsol tengah terdapat colokan USB sehingga tidak repot-repot pada saat ingin charging smartphone. Terdapat pula charging untuk penumpang di baris kedua. Untuk baris ketiga juga terdapat soket power supply 12 V di bagian samping kiri dan kanan.

Agar penumpang makin santai dan nyaman, terdapat meja kecil lipat untuk penumpang baris kedua. Posisinya terlipat di bagian belakang jok penumpang depan, dan jika ingin dipakai tinggal dibuka. Mirip dengan meja di pesawat terbang.

Untuk akses penumpang, terdapat sliding door di kiri dan kanan yang bisa dibuka tanpa harus menggunakan tangan. Tinggal menggerakkan kaki di bagian bawah sliding door, layaknya kita membuka tailgate secara otomatis. Jadi kalau tangan kita kepenuhan barang belanjaan, tinggal gerakkan kaki saja.

Soket USB Honda Step WGN

4. Sistem Multimedia Canggih

Untuk sistem infotainment, pabrikan memberikan pembaruan pada generasi kelima. Di antaranya Gathers Internavi unit dengan layar sentuh 10 inci dan drive recorder (alat perekam data mengemudi) dengan fungsi timekeeping serta navigasi yang terkoneksi dengan ETC 2.0.

5. Honda Sensing

Pada generasi kelima, Step WGN sudah dilengkapi dengan Honda Sensing untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan berkendara. Honda Sensing sendiri merupakan serangkaian fitur keselamatan yang dikembangkan pabrikan untuk menambah kenyamanan mengemudi. Di antaranya adalah Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Auto-High Beam. (EKA ZULKARNAIN)

Baca juga: Honda Step WGN Pernah Mampir Di Indonesia, Bakal Jadi Rival Toyota Voxy?

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya