Honda Brio RS Punya Varian Baru Bernama Urbanite Edition, Harga Berapa?

JAKARTA, CARVAGANZA – Honda Indonesia merilis tiga mobil sekaligus di awal tahun ini. Selain meluncurkan Honda CR-V dengan Honda Sensing dan Honda Odyssey, meluncur juga varian lain dari Honda Brio RS bernama Honda Brio RS Urbanite.

Apa perbedaan Honda Brio RS Urbanite dengan Honda Brio RS? Perbedaan varian spesial ini sebetulnya hanya terletak pada sentuhan ornamen di bagian eksteriornya saja. Misalnya. Di bagian depan ia memakai New Front Under Spoiler. Kemudian di bagian sisinya ia dibekali Black Door Handle, Black Side Door Mirror with LED Turning Signal dan Black Side Under Spoiler. Bagian belakang sentuhan New Rear Under Spoiler with Diffuser memberi kesan yang berbeda dari varian RS biasa. Varian Honda Brio RS Urbanite tersedia dalam dua pilihan warna, Carnival Yellow dan Phoenix Orange Pearl.

Honda Brio RS Urbanite

Lantas berapa harganya? Yusak Billy selaku Director of Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor dalam acara virtual press conference mengatakan, “Jadi Honda Brio RS Urbanite hari ini sebatas kami perkenalkan saja. Mobil ini baru akan mulai diproduksi Maret mendatang. Makanya harganya juga akan kami informasikan nanti.”

Tak hanya itu, Yusak Billy juga mengatakan kalau harga dan distribusi Honda Brio RS Urbanite baru akan diperkenalkan bulan Maret lantaran keputusan pemerintah memberikan relaksasi pajak terkait PPnBm nol persen untuk mobil tertentu yang berlaku mulai Maret 2021 sampai Mei 2021. Ia juga menambahkan kalau Honda Brio RS Urbanite bukan menggantikan Brio sebelumnya tapi menambah varian Honda Brio RS yang ada.

Honda Brio RS Urbanite

Penjualan Honda Brio memang sedang disorot belakangan ini. Pertama karena Honda Brio sukses menggeser Toyota Avanza menjadi mobil terlaris di Indonesia pada 2020 lalu. Honda Brio terjual sebanyak 40.879 unit sepanjang tahun lalu yang terdampak pandemi COVID-19. Tak berhenti sampai tahun lalu saja. Bulan Januari ini saja bahkan Honda Brio Satya dan Honda Brio RS terjual sebanyak masing-masing 2.758 unit dan 942 unit. Angka ini menempatkan Honda Brio memimpin pangsa pasar LCGC (Low Cost Green Car) sebesar 28 persen. Kontribusi total Honda Brio terhadap penjualan Honda di bulan Januari 2021 mencapai 52 persen.

Honda Brio memang punya posisi pasar yang unik, karena ia dijual menggunakan mesin 1,2 liter SOHC yang bertenaga 90 PS mulai harga Rp 149 juta (Brio Satya S M/T). Saat ini varian termahalnya Honda Brio RS CVT dijual Rp 204 juta. Varian RS menggoda lewat tampilan yang lebih sporty dan beberapa tambahan ornamen sporty di interiornya. RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda