Beranda Updates Grab Gunakan Mobil Listrik Hyundai Ioniq, Target 500 Unit

Grab Gunakan Mobil Listrik Hyundai Ioniq, Target 500 Unit

JAKARTA, Carvaganza.com – Penggunaan mobil listrik oleh penyedia taksi seperti menjadi tren. Yang terbaru Grab resmi memasukkan mobil listrik dalam armadanya. Penyedia taksi berbasis aplikasi ini memilih Hyundai. Pabrikan asal Korea itu menyediakan Ioniq Eelectric Vehicle (EV) sebagai armada Grab.

Untuk saat ini, layanan memang masih terbatas. Grab baru menyediakan 20 unit Hyundai Ioniq. Mobil-mobil ini siap melayani konsumen di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), tepatnya Grab Pick-Up Point, Gate 2 Terminal 3. Tempat itu menjadi titik awal penjemputan maupun pengantaran. Adapun pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi pada seksi GrabCar Elektrik atau GrabNow.

“Ini adalah bentuk nyata dari komitmen kami untuk mendukung ekosistem EV di Indonesia, yang telah kami sampaikan ketika memperoleh investasi US$ 2 miliar dari SoftBank tahun lalu,” ucap Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata di Cengkareng, Senin (27/01).

Grab tidak akan berhenti di sini. Ridzki mengaku berencana meningkatkan jumlah mobil yang digunakan secara bertahap. Tak tanggung-tanggung, targetnya mencapai 500 unit sampai akhir tahun. Ia mengatakan hak ini merupakan komitmen Grab sekaligus menciptakan lingkungan lebih bersih.

Baca juga: Segwey Apex, Superbike Bertenaga Listrik
Baca juga: Ini Spesifikasi Hyundai Ioniq buat Armada Grab

Dukungan Pada Pemerintah

Peluncuran ini turut menandai resminya Hyundai beroperasi dalam Electric Vehicle Mobilty Service (Layanan Kendaraan Listrik) di Tanah Air. Sekaligus awal perjalanan Hyundai dan Grab Indonesia, untuk mendukung inisiatif pemerintah menghadirkan sebanyak 2 juta kendaraan elektrik pada 2025.

“Kami merasa bergembira dan mengucapkan selamat kepada Grab atas beroperasinya GrabCar Elektrik. Kami ingin menawarkan pengalaman mobilitas pintar yang memenuhi kebutuhan pelanggan, dengan memanfaatkan teknologi canggih seperti Hyundai Ioniq Electric,” jelas Sung Jong-Ha, Presiden Direktur Hyundai Motor Indonesia.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi yang turut hadir saat prosesi, mengapresiasi kerja sama ini. Langkah keduanya diharapkan dapat mengedukasi masyarakat agar semakin memahami teknologi kendaraan elektrik. Strategi yang dilakukan Grab dan Hyundai membantu perwujudan jumlah kendaraan elektrik di Tanah Air.

Untuk mendukung upaya itu, bahkan ia menjanjikan akan membantu Grab dengan bentuk pemberian insentif untuk uji kelayakan (KIR). “Kendaraan listrik diharapkan menjadi solusi mobilitas yang mengusung konsep smart cities. Saya mengapresiasi dukungan pihak swasta, seperti Grab dan Hyundai,” jelas Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

Rencananya Hyundai Ioniq Elektrik ini akan dipamerkan di Terminal kedatangan Bandara International Soekarno-Hatta, dekat Gerbang 2. Selama 3 bulan ke depan, 27 Januari hingga 27 April 2020, masyarakat bisa melewati lokasi tersebut dan melihat penampilan perdana Ioniq Electric.

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto