Goodyear Sediakan Ban Pintar dan Layanan untuk Truk Otonom Plus

Goodyear Plus

SHANGHAI, Carvaganza -- Jika di Indonesia segmen komersial masih berkutat dengan aturan emisi. Di luar sana perkembangan truk sudah jauh melaju. Bahkan memasuki era autonomous alias swakemudi. Baru-baru ini pabrikan ban Goodyear Tire & Rubber Company mengumumkan kolaborasi dengan Plus (sebelumnya Plus.ai), sebuah penyedia global teknologi truk swakemudi.

Kerjasama ini dilakukan sebagai upaya menyediakan solusi truk otonom yang dioptimalkan sehingga dapat meningkatkan transformasi cerdas dan terhubung untuk industri logistik. Lewat kolaborasi ini, rangkaian layanan Goodyear, termasuk ban terkoneksi, akan semakin meningkatkan efisiensi dan keamanan transportasi untuk truk semi yang sudah didukung oleh teknologi mengemudi otonom Level 4 Plus. Tujuan lain adalah mengurangi dampak karbon yang dihasilkan.

Goodyear dan Plus akan mengeksplorasi bagaimana sistem mengemudi otonom Plus dapat menggabungkan umpan balik dari ban terhubung Goodyear ke dalam efisiensi bahan bakar berbasis catatan mesin online (machine learning) oleh Plus. Tujuan besar dari hal ini adalah untuk lebih meningkatkan penghematan bahan bakar.

Goodyear Connected Tire Goodyear Connected Tire

Dalam keterangannya disebutkan mengintegrasikan ban cerdas Goodyear dengan sistem mengemudi otonom Plus juga dapat meningkatkan kinerja keseluruhan kendaraan dalam cuaca buruk dan kondisi jalan ekstrem.

Plus, sudah menerapkan solusi mengemudi otonom yang berfokus pada pengemudi, PlusDrive. Untuk pelanggan, solusi ini diharapkan sudah teraplikasi dalam produksi truk FAW J7 L3 (First Automobile Works) yang ditenagai oleh PlusDrive pada kuartal ketiga tahun 2021.

“Ban adalah satu-satunya komponen kendaraan yang menyentuh tanah dan posisi kritis inilah yang dapat membantu kami memungkinkan solusi mobilitas masa depan seperti transportasi otonom,” kata Chris Helsel, SVP Global Operations & CTO Goodyear dalam keterangannya. “Dengan kepemimpinan kami dalam produk dan inovasi, Goodyear mendukung operasi armada yang efisien dan sangat senang mendorong lebih banyak kesempatan menelisik kebutuhan industri logistik bersama Plus."

Chris Helsel mengatakan pengembangan jejaring solusi ini merupakan upaya menurunkan angka kecelakaan di jalan raya disebabkan kendaraan angkutan logistik. Data 2018, kecelakan truk dan bus adalah tiga terbesar di Indonesia.

Sementara Shawn Kerrigan, COO dan Co-founder Plus, mengatakan: "Kami terus mengeksplorasi peluang baru untuk menghasilkan nilai lebih bagi pelanggan menggunakan teknologi mengemudi otonom kami. Kolaborasi antara Plus dan Goodyear memungkinkan kami untuk memanfaatkan teknologi efisiensi bahan bakar yang inovatif dari kedua perusahaan, dan memanfaatkan ini untuk lebih meningkatkan kinerja truk otonom." (ALVANDO/RAJU)

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya