GIIAS 2022: Daihatsu Perkenalkan Ayla Versi Listrik

  • 2022/08/Daihatsu-Ayla-EV-4.jpg
  • 2022/08/Daihatsu-Ayla-EV-5.jpg
  • 2022/08/Daihatsu-Ayla-EV-9.jpg
  • 2022/08/Daihatsu-Ayla-EV-3.jpg
  • 2022/08/Daihatsu-Ayla-EV-10.jpg
  • 2022/08/Daihatsu-Ayla-EV-12.jpg

ICE BSD CITY, Carvaganza – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku APM tak mau ketinggalan langkah dari pabrikan lain di GIIAS. Pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) hari ini, Kamis (11/8), secara resmi memperkenalkan Ayla EV (Electric Vehicle).

KEY TAKEAWAYS

  • Apa mobil LCGC pertama di Indonesia yang bertenaga motor listrik?

    Daihatsu Ayla EV yang diperkenalkan di GIIAS 2022.
  • Berapa suplier lokal yang terlibat di dalam pengembangan Daihatsu Ayla EV?

    Menurut PT Astra Daihatsu Motor (ADM), melibatkan lebih dari 1000 suplier lokal dan UMKM.
  • Kehadiran Ayla versi listrik itu bahkan membuat penasaran Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Pak Menteri bahkan menyempatkan diri untuk melihat serta berfoto di depan LCGC setrum tersebut.

    Tapi kehadiran Ayla EV di panggung GIIAS 2022 baru tahap pengenalan saja. Menurut, Daihatsu Indonesia mobil listrik ini masih berupa konsep. Pabrikan akan terus melakukan program studi serta riset untuk kepuasan kenyamanan konsumen nantinya.

    "Ini merupakan mobil konsep, dalam konsep ini kita masih studi. Begitu sudah selesaI akan segera kami informasikan. Intinya kami masih menyelesaikan proses studi hingga selesai dan memenuhi 3 pilar penting," kata Sri Agung Handayani, Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT ADM setelah pengenalan Ayla EV.

    Daihatsu Ayla EV

    Dalam proses pengembangan serta pembuatan Ayla EV, pihak Daihatsu melibatkan langsung 1.000 supplier lokal serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Harapannya bukan cuma melibatkan pelaku bisnis lokal namun juga bisa meningkatkan TKDN dari produk ini nantinya.

    "Jadi konsep kita berbeda dari yang lain, kita menggandeng industri lokal dengan tagline dari Indonesia untuk Indonesia. Ada sekitar lebih dari 1000 supplier lokal dan UMKM yang ingin kita libatkan dalam proses pengembangan kami," tambah dia.

    Sementara itu saat disinggung mengapa Ayla yang dipilih jadi konsep mobil listrik, Agung menjelaskan bila Ayla adalah produk LCGC pertama yang diproduksi oleh Daihatsu sehingga bisa memudahkan proses pengembangan.

    Baca juga: Toyota Siapkan Lexus UX300e Untuk Dukung KTT G20 Bali

    "Kami sudah sangat familiar dengan mobil ini, sebanyak 253 ribu sudah dibuat dan itu membuat banyak bahan riset 3 komponen tadi dari kualitas, convert ke konsumen, dan termasuk safety-nya. Kita fokus pada mobil yang kita kenal, baik dari teknologi dan proses manufaktur soal membuat konsep EV ini," imbuhnya.

    Untuk diketahui, proses awal pembuatan Daihatsu Ayla EV konsep dimulai sejak akhir 2020 yang kemudian dilanjut pada tahap detail serta konversi di 2021. Sementara pada 2022 ini pihak Daihatsu menyelesaikan desain dan selanjutnya akan memfinalisasi mobil ini.

    "Kita sedang fokus untuk menyelesaikan proses studi kita. Itu yang lebih penting, agar bukan mobil cepat diluncurkan tetapi memenuhi 3 pilar tadi, itu yang lebih penting untuk kami," jelasnya.

    Sayangnya pihak Daihatsu Indonesia masih menutup rapat informasi menyoal spesifikasi dan kisaran harga yang pantas untuk dijual kepada konsumen. Lagi-lagi mereka mengatakan bila tahap studi selesai, barulah Ayla EV benar-benar diungkap ke publik.

    Interior Daihatsu Ayla EV

    Sarat Desain Futuristik

    Secara keseluruhan, DNA dan visualnya masih mirip dengan Ayla bermesin konvensional. Tapi model yang EV ini jelas lebih menarik, usung tampilan futuristik dan dikawinkan dengan tampilan sporty.

    Diferensiasinya ada di komponen grill tanpa kisi-kisi, spion, bumper depan-belakang yang sporty, hingga penggunaan lampu DRL (Daytime Time Running Light) yang menyatu dari sisi kiri, tengah, hingga kanan. Keempat pelek mengaplikasikan palang baru dengan lingkar yang terlihat lebih besar ketimbang Ayla bermesin bensin.

    Sementara di bagian interior juga tampil mewah dengan penggunaan panel meter full digital, tuas transmisi model putar, bangku kulit berkelir putih. dan pengaplikasian semacam monitor kecil untuk memantau visual dari luar samping.

    Selain membawa Ayla EV, pabrikan juga memamerkan Rocky Hybrid dan unit modifikasi Xenia. Bila penasaran melihat wujudnya, Anda bisa langsung menyambangi booth Daihatsu Indonesia di Hall 5 ICE, BSD, Tangerang Selatan. (BANGKIT JAYA/EK)

    Baca juga: GIIAS 2022: Dibuka Menko Airlangga, Hadirkan Banyak Kendaraan Listrik

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Daihatsu Pilihan

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature