F1: Drama Lap Terakhir, Verstappen Rebut Gelar Juara Dunia 2021

F1 Abu Dhabi

ABU DHABI, Carvaganza -- Pertarungan memperebutkan gelar juara dunia Formula 1 musim ini panas sampai seri terakhir dan juga drama lap terakhir. Max Verstappen (Red Bull Racing Honda) memastikan gelar juara dunia pertamanya setelah menang di GP F1 Abu Dhabi. Siteru beratnya, Lewis Hamilton (Mercedes) kalah cepat dalam adu sprint di lap terakhir di Yes Marina Circuit, Abu Dhabi, Minggu (12/12) malam.

"Ini sungguh gila. Saya tak tahu harus berkata apa. Saya sangat senang dengan tim dan semua yang mendukung. Saya menyukai bekerja sama dengan mereka. Akhirnya hari ini saya mendapat keberuntungan. Tim saya tahu saya mencintai mereka. Saya ingin melakukan ini bersama mereka untuk 10 atau 15 tahun ke depan," kata Verstappen usai balapan.

Kegembiraan itu memang beralasan. Ia menjadi pembalap pertama asal Belanda yang meraih mahkota juara dunia. Verstappen masuk finish dengan catatan waktu 1 jam 30 menit 17,345 detik. Ia mengungguli Hamilton yang hanya terpaut 2.256 detik di belakang. Sedangkan pembalap Ferrari, Carlos Sainz Jr, naik podium setelah finish ketiga, 5,173 detik setelah Verstappen.

Bagi Hamilton, juara dunia tujuh kali, kekalahan kali ini tidak jadi masalah. Meski hal ini membuat ia gagal melampaui rekor pembalap legendaris Ferrari, Michael Schumacher. 

"Pertama, selamat untuk Max dan timya. Tapi saya juga bangga dengan tim saya sendiri, kami melakukan semuanya (untuk menang). Saya merasa sangat nyaman dengan mobil di beberapa bulan terakhir. Kita lihat seperti apa musim depan," kata pembalap Inggris tersebut.

F1 Abu Dhabi

Jalannya Balapan

Balapan terakhir F1 2021 menyajikan perebutan gelar juara dunia antara Max Verstappen dengan Lewis Hamilton. Kedua pebalap memilik nilai sama yaitu 369,5 poin.

Verstappen dan Hamilton start di posisi pertama dan kedua di F1 GP Abu Dhabi. Persaingan keduanya langsung terkadi selepas start. Hamilton mampu menyalip Verstappen. Kedua pembalap kemudian sempat bersenggolan di tikungan. Hamilton yang menyalip dari dalam di tikungan keluar lintasan. Namun, ia tetap melaju di run off arena.

Hamilton memimpin balapan sebelum kemudian melakukan pit stop di lap ke-15. Pemimpin balapan di ambil alih pebalap Red Bull Racing, Sergio Perez. Pada lap ke-21, Hamilton secara luar biasa menyalip Perez untuk kembali ke urutan teratas. Tim order Red Bull Racing lalu mambuat Perez merelakan posisi kedua untuk Verstappen.

F1 Abu Dhabi

Saat balapan tinggal menyisakan tiga lap, safety car harus keluar setelah Nicholas Latifi mengalami kecelakan. Hal ini membuat jarak antara Hamilton dan Verstappen kembali merapat. Inilah yang jadi keuntungan Verstappen.

Drama kemudian terjadi di lap terakhir, Verstappen mampu menyalip Hamilton di tikungan ke-4. Verstappen berhasil memenangi balapan. Hamilton berada di urutan kedua, sedangkan podium ketiga diraih pembalap Ferrari Carlos Sainz Jr.

Kemenangan di Abu Dhabi membawa Verstappen memastikan gelar juara dunia F1 musim 2021. Ia total mengumpulkan 394,5 poin mengungguli Hamilton dengan 388,5 angka.

F1 Abu Dhabi Lewis Hamilton Vs Max Verstappen

Gelar Konstruktor

Sayangnya, gelar konstruktor gagal diraih Red Bull Racing Honda. Pembalap Mercedes lainnya, Valtteri Bottas, mampu masuk finis di posisi keenam. Sementara rekan Verstappen, Sergio Perez, gagal menyelesaikan lomba. Dengan demikian Mercedes memastikan gelar sekaligus rekor delapan kali berturut-turut sebagai jawara konstruktor.

Hasil di Abu Dhabi membuat Mercedes mengumpulkan nilai 613.5, disusul Red Bull Racing Honda 585.5 poin, dan Ferrari di posisi ketiga dengan 323.5 poin. (RAJU)

Hasil balapan F1 GP Abu Dhabi:

1 Max Verstappen RED BULL RACING HONDA 1:30:17
2 Lewis Hamilton MERCEDES +2.256s
3 Carlos Sainz FERRARI +5.173s
4 Yuki Tsunoda ALPHATAURI HONDA +5.692s
5 Pierre Gasly ALPHATAURI HONDA +6.531s
6 Valtteri Bottas MERCEDES +7.463s
7 Lando Norris MCLAREN MERCEDES +59.200s
8 Fernando Alonso ALPINE RENAULT +61.708s
9 Esteban Ocon ALPINE RENAULT +64.026s
10 Charles Leclerc FERRARI +66.057s
11 Sebastian Vettel ASTON MARTIN MERCEDES +67.527s
12 Daniel Ricciardo MCLAREN MERCEDES +1 lap
13 Lance Stroll ASTON MARTIN MERCEDES +1 lap
14 Mick Schumacher HAAS FERRARI +1 lap
15 Sergio Perez RED BULL RACING HONDA DNF
NC Nicholas Latifi WILLIAMS MERCEDES DNF
NC Antonio Giovinazzi ALFA ROMEO RACING FERRARI DNF
NC George Russell WILLIAMS MERCEDES DNF
NC Kimi Räikkönen ALFA ROMEO RACING FERRARI DNF

Sumber dan Foto: F1

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature