Epic Journey! Xpedisi Tana Toraja Bersama All New Honda BR-V

JAKARTA, Carvaganza – Saya ingat sekali, perjalanan jauh menyenangkan saya yang terakhir kali dengan Honda BR-V terjadi tahun 2018 lalu. Tepatnya ke Garut, Jawa Barat, dari Jakarta dengan jarak sekitar 230 km.

KEY TAKEAWAYS

  • Titik start tim Xpedisi Tana Toraja Bersama All New Honda BR-V berawal di kota Makassar

    Tepatnya di dealer resmi Honda Remaja Jaya Panaikang dan total jarak yang bakal ditempuh lebih dari 820 km PP.
  • Berapa mobil All New Honda BR-V yang dipakai Tim Xpedisi Tana Toraja OTO Media Group?

    Dua unit All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing yang merupakan varian tertinggi.
  • Kami ke Kawah Kamojang dengan melewati ragam jalan mulai jalan tol, jalan pedesaan twisty, jalanan menurun dan menanjak curam. Sesuai dengan tajuk media drive yang waktu itu dikampanyekan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) “The Braver Journey’. Selepas Tol Cikampek – Purbaleunyi (Cileunyi), rutenya asik banget buat mengemudikan SUV Honda BR-V.

    Tujuan kami adalah ke Kamojang, Garut, Propinsi Jawa Barat, lewat Bandung. Rutenya enak untuk mengemudi, sepi, agak sempit dan berkelok. Terutama di Jalan Kamojang – Samarang yang menyusuri jalan pedesaan dengan pemandangan Gunung Guntur.

    Tapi itu sudah lama berlalu. Setelah itu, kami beberapa kali mencoba BR-V dengan rute pendek-pendek.

    Honda Remaja Jaya Panaikang

    Nah pada weekend ini, tim kami, OTO Media Group, mengulang perjalanan adventure kembali bersama Honda BR-V tapi yang terbaru yaitu All New Honda BR-V. SUV ini baru diluncurkan akhir tahun lalu dan langsung populer di kalangan konsumen.

    Destinasi kami yang sekarang tidak main-main, ke Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Jika kami ukur via google map, jarak yang kami tempuh saja dari Jakarta ke Makassar dengan pesawat sejauh 1.397 km ditambah dengan jarak perjalanan darat dari Makassar ke Tana Toraja sepanjang 825 km PP.

    Eits, Tapi kami tidak bawa All New Honda BR-V dari Jakarta sampai Sulawesi. Melainkan mematok titik startnya dari Kota Makassar, Ibukota Propinsi Sulsel. Kami bakal menempuh jarak sejauh 825 km PP, di mana perjalanan dari Makassar menuju Tana Toraja akan kami tempuh dengan melalui rute bagian timur Sulawesi dan pulangnya kembali ke Makassar akan melewati rute bagian barat.

    Sesampainya di Makassar, tim OTO Media Group langsung menuju dealer Honda Remaja Jaya Panaikang. Terletak di Jl. Urip Sumoharjo km 6 Panaikang, Makassar, Sulawesi Selatan. Merupakan salah satu distributor resmi Honda di Sulsel dengan layanan 3S (sales, services dan spare part) serta body repair. Diresmikan pada Juli 2016, waktu itu Honda Remaja merupakan dealer resmi Honda ke-4 di Kota Makassar, sekaligus dealer ke-124 di Indonesia dan ke-34 di area luar Pulau Jawa.

    rute H1 Xpedisi Tana Toraja bersama All New Honda BR-V

    Setibanya di Honda Remaja Jaya Panaikang, All New Honda BR-V Prestige dengan Honda Sensing sudah disiapkan. Yup, sebelum berangkat, dua SUV All New BR-V yang akan kami pakai untuk menjelajah telah dipersiapkan secara matang agar kondisi kendaraan selama perjalanan selalu prima. Biar ekspedisi yang kami lakukan aman, nyaman dan tentunya menyenangkan. Kami memakai dua unit All New Honda BR-V varian tertinggi.

    Tim Xpedisi Tana Toraja Bersama All New Honda BR-V langsung bertolak menuju kota Watampone, Kabupaten Bone. Namun sebelum ke destinasi, tim menyempatkan diri untuk melihat wisata alam Rammang-Rammang dan Bantimurung. Jaraknya sekitar 70-an kilometer dari dealer Honda Remaja Jaya. Kedua tempat ini lokasinya terletak di jalanan yang kami lewati menuju Watampone.

    Pada waktu masuk ke dalam kabin, kami mendapatkan kesan mewah dari layout interior, material yang digunakan dan desain jok. All New BR-V memiliki level ergonomis yang baik. Desain dashboardnya dibuat berbeda dengan versi yang sebelumnya. Lebih mewah dan elegan dengan capacitive touchscreen 7 inci di bagian tengah dashboard. Cluster meter TFT Display 4,2 inci didesain apik di bagian belakang kemudi yang memuat ragam informasi kendaraan.

    Baca juga:  Melihat Lebih Dalam Pengembangan All New Honda BR-V, Fiturnya Melimpah!

    Xpedisi Tana Toraja bersama All New Honda BR-V

    Keindahan Rammang Rammang dan Bantimurung

    Mesin bensin 4 silinder segaris DOHC I-VTEC 1.500 CC terdengar dengan halus. Tenaga yang dihasilkan 119 hp pada 6.600 rpm dan torsi puncak yang dihasilkan 145 Nm pada 4.300 rpm. Perlu diketahui Honda melakukan pembenahan besar pada sektor mesin dan transmisi pada BR-V teranyar dari versi sebelumnya. Kami merasakan respon yang lebih baik di putaran bawah dan efisiensi yang lebih baik. Dikombinasikan dengan transmisi CVT yang bekerja secara halus mengalirkan tenaga secara linear ke roda depan.

    Dandy salah satu anggota tim kami menyalakan musik dari layar komando monitor touchscreen 7 inci yang sudah terkoneksi dengan Bluetooth dan smartphone sambil menikmati pemandangan di perjalanan. View sepanjang perjalanan dari Makassar sampai Bantimurung dan lanjut ke Watampone betul-betul dahsyat. Jalanannya mulus, sepi dengan pemandangan indah di kanan kiri.

    All New Honda BR-V terasa stabil ketika meladeni kelokan-kelokan medium dan pendek khas jalur pedesaan di Indonesia. Fitur Vehicle Stability Assist (VSA), diperkuat konstruksi bodi G-CON + ACE with Side Beam Impact berpadu baik dengan kerja suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang dalam meminimalisir body roll. Ketika dipacu di jalan lurus yang banyak kami temukan dari Makassar menuju Rammang-Rammang, All New BR-V terasa solid.

    Respon setir terhadap output dari kondisi jalan sangat objektif sehingga pengemudi dapat memberikan input yang presisi. Posisi duduk di bagian pengemudi menurut saya cukup commanding dan terasa nyaman sepanjang perjalanan. Selain itu, memberikan pandangan yang luas dari segala penjuru, nihil titik blind spot.

    Memasuki kota Rammang Rammang kami dibuat kagum oleh gugusan karst yang membentuk bukit-bukit kecil yang hijau. Apa itu Karst? Merupakan daerah yang memiliki bentang alam dan pola hidrologi khusus yang terbentuk dari kombinasi sifat batuan yag memiliki tingkat kelarutan tinggi serta porositas sekunder yang berkembang dengan baik. Pusingkan?

    Xpedisi Tana Toraja bersama All New Honda BR-V

    Pendeknya adalah karst itu kawasan batuan gamping yang mudah larut bila terkena air hujan sehingga menghasilkan ragam bentuk permukaan bumi yang unik dan gua-gua bawah tanah. Makanya daerah Rammang Rammang ini indah sekali. Dan All New Honda BR-V yang kami kendarai melintas di antara bukit-bukit batuan karst tersebut.

    Kalau Bantimurung adalah kawasan wisata alam atau kita juga mengenalnya dengan sebutan taman nasional. Merupakan kawasan konservasi yang dijaga dengan ketat pelestarian lingkungannya. Taman Wisata Alam Bantimurung merupakan satu dari lima unit kawasan konservasi di wilayah Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung yang menjadi satu dari beberapa daerah wisata primadona di Sulawesi Selatan.

    Perjalanan dari Makassar – Rammang Rammang – Bantimurung sampai ke Watampone mungkin menjadi perjalanan terindah dalam hidup penulis. Jarak yang kami tempuh berkisar 215 km yang mestinya memakan waktu sekitar 6 jam, tapi kami habiskan cukup lama untuk suting dan foto-foto di spot-spot terbaik dan indah. Top banget perjalanan kami ini. Belum sampai Tana Toraja sudah disuguhi bentangan alam dan rute jalanan cakep abis. (SETYO ADHI/EK)                  FOTO: MUHAMMAD HAFID

    Baca juga:  TEST DRIVE: All-New Honda BR-V, Mendapat Penyempurnaan Menyeluruh

    Pelajari lebih lanjut tentang Honda BRV

    • Tampak Depan Bawah Honda BRV
    • Tampak belakang serong BRV
    • Tampak Grille BRV
    • Lampu depan BRV
    • lampu belakang BRV
    • Pelek BRV
    • Tampak belakang BRV
    Honda BRV
    Rp 281,1 - 346.6 Juta Cicilan mulai dari : Rp 6,41 Juta

    Mobil Honda Lainnya

    • Honda Brio
      Honda Brio
    • Honda BRV
      Honda BRV
    • Honda CRV
      Honda CRV
    • Honda HRV
      Honda HRV
    • Honda City Hatchback
      Honda City Hatchback
    • Honda Accord
      Honda Accord
    • Honda City
      Honda City
    • Honda Civic RS
      Honda Civic RS
    • Honda Civic Type R
      Honda Civic Type R
    • Honda Mobilio
      Honda Mobilio
    • Honda Mobilio
      Honda Mobilio
    • Honda WRV
      Honda WRV

    Don't Miss

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Honda Pilihan

    • Upcoming

    Pilihan mobil untuk Anda

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature