Dijual Nissan Juke-R Pakai Mesin GT-R, Hanya Rp 11,2 Miliar

JAKARTA, Carvaganza.com – Kalau Anda punya uang, suka sesuatu yang berbeda dan nyeleneh rasanya mobil ini bisa jadi acuan. Nissan pernah mencoba menggoda supercar dengan Juke-R, crossover yang dibekali jantung mekanis GT-R. Sempat dibuat sebagai edisi terbatas, hanya lima unit. Kabarnya dua unit terjual sudah rusak, dua lagi disimpan Nissan. Bagaimana nasib yang kelima? Setelah 8 tahun mobil itu muncul dan dijual

Bisa ditemukan di diler VDM Cars di Gronau, Jerman, Juke-R kelima ini dilego US$ 706.883 atau sekitar Rp 11,1 miliar. Jauh lebih mahal dari awal debut. Dulu dibanderol di US$ 600 ribu atau Rp 9,4 miliar. Menariknya, unit ini terbilang brand new alias gres. Soalnya, sang pemilik diketahui jarang mengemudikan. Terlihat dari odometer yang baru menunjukkan angka 19 km.

Juke-R sendiri dikembangkan perusahaan motorsport RML Group, hasil konsultasi dengan Nissan Technical Center Europe (NTC-E), dan dibuat ahli tuning Severn Valley Motorsport. Di balik kapnya tersemat mesin VR38DETT dari GT-R R35. Konfigurasinya V6 berkubikasi 3,8 liter yang disokong turbocharger.

Jantung ini sudah dimodifikasi lagi supaya menghasilkan tenaga puncak 690 hp. Daya dorong disalurkan ke seluruh roda menggunakan sistem penggerak All-Wheel Drive (AWD) milik GT-R. Tak hanya menyajikan pengalaman berkendara gila, mobil dapat melesat dari posisi nol ke 96 kpj dalam 3 detik, dengan kecepatan tertinggi 272 km/jam.

Baca juga: Begini Hasil Render Nissan X-Trail Terbaru


Sasis Khusus


Sasis ikut ditingkatkan agar semakin rigid, berpadu suspensi coil-over tuning khusus. Peredaman didukung rollbar di depan dan belakang lebih. Manuver menjadi lebih mantap, serta stabil. Guna memastikan penghelaan laju makin optimal, perusahaan tuning turut mengotak-atik sistem pengereman.

Urusan penampilan, body kit lebar hasil kustom dari serat karbon dipasang. Material sama juga dapat ditemukan pada kap dan spoiler belakang. Pelek 20 inci yang juga diambil dari Godzilla, bermotif multi spoke sederhana sewarna bodi, agar makin terilhami GT-R.

Baca juga: FEATURE: Nissan GT-R, The Godzilla



Kabin tak luput ditransformasi dan masih standar semua. Aura sporty bak mobil balap terpancar kuat. Jok bucket dengan sabuk pengaman empat titik diimbuhkan. Strukturnya diperkuat rollcage berspesifikasi FIA, sehingga aman dan membuat penggunanya lebih percaya diri memacu, terutama di lintasan balap. Kelir interior perpaduan hitam, abu-abu, merah dan corak karbon.

Ragam teknologi GT-R juga bisa ditemukan pada Juke-R. Lantaran meminjam sistem penggerak AWD serta mode berkendara. Kemudian head unit berupa layar sentuh yang terhubung ke speaker Bose di depan dan belakang menyediakan hiburan. Mobil ini sudah cukup berumur, makanya teknologi lama bakal ditemukan. Seperti pengaturan pendingin kabin yang masih berupa kenop putar, termasuk kontrol audio. Toh, taka da juga yang peduli soal itu.

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda