Dibanderol Lebih dari Rp 1 Miliar, Ini Dia Kelebihan Honda Civic Type R 2021

JAKARTA, Carvaganza – Kehadiran New Honda Civic Type R 2021 menjadi pelepas dahaga untuk para penggemar mobil sport asal Jepang itu di Tanah Air. Pasalnya setelah diluncurkan pada 2017, baru kali ini Civic Type R mendapat peremajaan pada sektor eksterior, interior, fitur, performa maupun kenyamanan berkendara.

Memiliki predikat Type R, tentu saja mobil ini berorientasi penuh pada kesan dan performa balap yang maksimal. Sehingga terdapat penyempurnaan juga pada bagian mesin dan kerja transmisi untuk menghasilkan feeback yang lebih maksimal lagi dibanding versi sebelumnya.

PT Honda Prospect Motor (HPM), agen pemegang merek Honda di Indonesia, terlihat cukup serius meremajakan salah satu mobil yang paling ikonik yang pernah dimiliki Honda di dunia sejak dulu ini. Jadi banderol yang mencapai Rp 1,1 Miliar, terasa tidak berlebihan untuk menebus New Honda Civic Type R 2021. Inilah beberapa ubahan dan hal-hal menarik yang terdapat pada New Honda Civic Type 2021 yang baru saja diluncurkan secara oleh HPM. 

Eksterior

Honda Civic Type R 2021

Versi tahun 2021 Honda Civic Type R datang dengan konsep desain eksterior yang terinspirasi dari mobil balap. Bodi yang aerodinamis membantu mobil agar memiliki keseimbangan yang apik saat bermanuver. Terdapat beberapa ornamen balap seperti side skirt, carbon effect fiber serta Underbody Spoiler Kit dengan Red Striping di beberapa sudut eksteriornya. Selain itu pada sektor pencahayaan Civic Type R terbaru sudah dilengkapi dengan Full LED headlights dan LED (DRL) Daytime Running Lights.

Honda Civic Type R 2021

Pada model facelift ini New Honda Civic Type R tampil lebih agresif dan tentu saja kental akan aura sportif. Terdapat sentuhan baru pada desain bumper depan dan belakang yang menggunakan diffuser. Selain itu Rear Wing Spoilernya pun dibuat lebih mencolok dengan Vortex Generator di atap belakang.

Untuk mempercantik bagian rodanya New Civic Type R ini menggunakan velg Alloy berukuran 20 inci dengan desain yang juga baru. Tersedia pula fitur Tire Pressure Monitoring System yang dapat memonitor tekanan angin dari panel instrument. Sedangkan beberapa tampilan lain yang masih dipertahankan diantaranya, Multi-Angle Rearview dan Triple Exhaust with Finisher.

Interior

Honda Civic Type R 2021

New Honda Civic Type R memiliki nuansa sporty di dalam kabinnya seperti jok dengan material Suede Fabric berkelir merah juga lingkar kemudinya yang dibungkus dengan material Alcantara. Untuk meningkatkan aura sport saat dikendarai New Civic Type R juga dibekali dengan fitur i-MID yang menampilkan berbagai pilihan mode Driving (+R, Sport, Comfort). Selan itu tersediap pula Throttle/Brake input display, G-Meter dan lap time recorder yang memudahkan pengendara untuk mengetahui kondisi mobil.

Pada layanan hiburan tersedia head unit dengan layar sentuh 7” yang dapat disambungkan ke smartphone melalui USB atau Bluetooth. Sama seperti Civic Type R sebelumnya, pada model terbarunya terdapat Audio Steering Switc yang bertengger di lingkar kemudi dan Meter Cluster Steering Switch, Hands Free Telephone Switch, Cruise Control, serta Dual Zone Auto A/C.

Honda Civic Type R 2021

Terdapat pula New Wireless Charging di kabin depan pada konsol tengah yang dipadukan dengan Shift Knob.

Selain fitur di atas, New Honda Civic Type R juga dibekali dengan berbagai peranti keselamatan aktif dan pasif di antaranya adalah Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA ), dan Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Terdapat pula fitur kenyamanan dan keamanan lainnya seperti Rain Sensing Front Wipers, Walk Away Auto Door Lock, Auto Door Lock by Speed, dan Smart Entry System dengan Push Start Stop Button. New Honda Civic Type R juga dilengkapi dengan Lane WatchTM yang dapat memberikan penglihatan lebih luas pada samping kiri kendaraan dan meminimalkan blind spot area.

Performa

Honda Civic Type R 2021

New Honda Civic Type R masih mempercayakan mesin 4-silinder 2.0 liter VTEC Turbo yang juga digunakan pada generasi sebelumnya. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 308 hp dan torsi maksimal 400 Nm yang mulai menendang pada putaran 2.500 – 4.500 rpm. Tenaga Civic Type R disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan dengan Rev Match System yang memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi.

Honda Civic Type R 2021

Selain itu untuk mendukung performanya tersebut, New Honda Civic Type R juga sudah dilengkapi dengan sasis, suspensi, serta kemudi yang responsif dan stabilitas kecepatan tinggi yang sudah ditingkatkan dari sebelumnya. Pada model terbaru ini terdapat Re-Setting Adaptive Damper System yang memaksimalkan kerja suspensi saat diajak menikung maupun membaca permukaan jalan yang tidak rata.

New Honda Civic Type R dibanderol dengan harga Rp 1,177,000,000,- on the road Jakarta dengan tiga pilihan warna yaitu Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, dan Championship White.
ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda