Beranda New Cars Desain Subaru Levorg Terbaru Isyaratkan Masa Depan WRX

Desain Subaru Levorg Terbaru Isyaratkan Masa Depan WRX

TOKYO, Carvaganza.com – Jika bicara soal model estate atau station wagon, Levorg menjadi andalan dari Subaru. Mobil kompak nan praktis berbasis Impreza ini telah mendapatkan pembaruan untuk meluncur dalam generasi baru. Tampang Levorg menjadi semakin sporty dan atraktif, bahkan mengisyaratkan masa depan WRX nantinya.

Awalnya, Levorg menjadi model yang khusus dipasarkan di Jepang alias JDM (Japanese Domestic Market) saat meluncur perdana tahun 2014 lalu. Namun seiring perkembangannya, Subaru turut mengekspornya ke sejumlah negara lain. Rupanya minat pasar terhadap Levorg terbilang besar. Kini, Levorg sudah memasuki siklus pergantian model.

Wujud penerus ini merupakan realisasi dari prototipe yang sempat dirilis sebelumnya. Mengikuti arahan prototipe trim standar, yang dipamerkan Oktober 2019, dan STI Sport Januari lalu. Secara perubahan desain sebenarnya cenderung evolusioner dari generasi pertama. Sekilas tidak berbeda jauh, bahkan bisa saja kalau mau disebut sebagai facelift. Ya, kalau ditilik lebih dalam lagi memang Levorg benar-benar baru.

Tema desain serbatajam dan futuristis diaplikasikan ke fascia depan Levorg. Desain lampu dibuat banyak berlekuk mengikuti pahatan bingkai grille depan. Tak ketinggalan nuansa atletis dipamerkan lewat bukaan kanal udara bumper serta air scoop di bonnet khas Subaru. Letak kemiripan utama sendiri berada di profil samping. Bentuk body estate tidak diotak-atik terlalu mendalam sehingga sekilas identik. Baru terasa berbeda ketika memerhatikan kaca deret terakhir, seakan lebih panjang dan pipih dari generasi sebelum.

Walau tampak seperti revisi, rancangan luar menyembunyikan basis anyar Subaru Global Platform. Model pengganti menjanjikan kabin lebih lapang pula berkat dimensinya yang mengembang. Dibanding pendahulu, dimensinya memanjang 65 mm hingga mencatatkan 4.755 mm. Wheelbase ikut bertambah 20 mm sehingga kini punya total 2.670 mm. Penyesuaian lain adalah area kargo 561 liter, torehkan ekstra volume 72 liter dari sebelumnya.

Platform baru dibarengi pula oleh set pemacu termutakhir. Mesin boxer empat silinder 1,8 liter turbo bersemayam di balik bonnet. Buncahan tenaga diklaim sampai 177 PS (174 hp) pada 5.200 – 5.600 rpm dibarengi torsi puncak 300 Nm sejak 1.600 rpm. Penyaluran daya terlaksana ke empat roda melalui Lineartronic CVT – disebutkan sekitar 80 persen menggunakan part baru.

Urusan teknologi dan fitur tak kalah seru, terpancar jelas ketika melirik kabin. Mata akan langsung tertuju ke layar superbesar 11,3 inci yang diposisikan berdiri di tengah dasbor. Layar infotainment ditemani instrument cluster 12,3 inci serta spion digital. Hal paling penting dari update teknologi Levorg sendiri adalah paket asistensi berkendara EyeSight. Di jepang sudah menjadi barang standar Levorg, termasuk sensor 360 derajat guna memudahkan pengoperasian. Sebagai tambahan, EyeSight X siapkan kemampuan otomatisasi berkendara Level 2.

Levorg sendiri punya hubungan dekat dengan kelanjutan WRX dan WRX STI. Dipercaya bahwa sang sedan performa Subaru bakal mewarisi gaya dari wagon ini. Meski begitu, detail lengkap masih diselimuti awan tebal. Terutama soal powertrain. Entah akan dibekali versi kencang dari unit boxer 1,8 liter turbo atau malah menganut pemacu 2,4 liter turbo milik Ascent.

Dapat diharapkan Subaru bekali WRX STI dengan tenaga lebih dari 405 PS (399 hp) dan torsi 490 Nm. Sebuah lonjakan besar memang dari angka 264 PS (260 hp) milik Ascent, apalagi dari jumlah ekstraksi Levorg. Konon dipadukan gearbox manual saja, sementara WRX standar gendong opsi manual atau CVT.

Rencana Line-up Subaru Hingga 2024

Rencana produk anyar Subaru sebenarnya sempat bocor lewat unggahan di media sosial. Di dalam presentasi internal disebutkan waktu produksi, bukan momen pengenalan produk. Tentu di dalamnya termasuk sedan legendaris mereka: Impreza.

Jika WRX dikenal sebagai improvisasi performa Impreza, tampaknya hal itu akan berubah. Dikabarkan WRX bakal dipisah sebagai model tersendiri, diproduksi lebih dulu pada kuartal ketiga 2021. Baru setelah itu, kemungkinan 2023, Impreza akan bersiap. Di samping sedan legendaris, mobil bertenaga listrik bakal ikut meramaikan. Turut pula datang beragam kelanjutan produk seperti BRZ, Forester, Outback, hingga Crosstrek anyar.

Sumber: Motor1, Carscoops

AHMAD KARIM

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

10 Mobil Paling Aerodinamis yang Tersedia di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com - Rancang desain mobil sekarang ini tak lagi terlahir dari sketsa di atas kertas. Tapi juga harus lulus ujian berat dalam melawan...

Tiga Alasan Kinto One Jadi Alternatif Menarik untuk Mendapatkan Mobil Baru di Tengah Pandemi

JAKARTA, Carvaganza -  Mobilitas dan finansial mungkin menjadi tantangan pandemi yang tengah Anda hadapi. Kedua faktor itu boleh jadi bergerak bersama bukan? Tanpa pergerakan...

Audi R8 Green Hell Edition, Tribute Tumpukan Prestasi di Nurburgring

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Audi R8 adalah salah satu supercar yang masih beredar di pasar saat ini, yang juga banyak dipakai menjadi mobil balap. Kesuksesannya...

Beli Peugeot 3008 & 5008 Kini Bisa Tukar Tambah

JAKARTA, Carvaganza.com – Astra Peugeot terus berusaha memberikan solusi dan menawarkan program menarik untuk para konsumen di Indonesia. Terlebih untuk mendorong penjualan dua model...

Tak Hanya Indonesia, Suzuki Ertiga Juga Laris Manis di Meksiko

JAKARTA, Carvaganza -- Suzuki All New Ertiga ternyata tak hanya menjadi andalan penjualan Suzuki di Tanah Air. Low MPV ini ternyata juga laris manis...