Demi Honda, Red Bull Ganti Livery Jadi Putih di Grand Prix Turki 2021

Livery Red Bull Honda

MILTON KEYNES, Carvaganza – Red Bull Racing akan tampil di Grand Prix Turki 2021, akhir pekan ini, dengan livery spesial berwarna putih. Lewat livery ini Red Bull ingin mempersembahkan tribute untuk Honda sebagai pemasok power unitnya yang akan hengkang pada tahun depan.

“Jubah” livery berwarna putih ini telah diumumkan pada hari Rabu (6/10/2021), yang kemudian langsung diungkap pada hari ini, Kamis (7/10/2021), jelang berlangsungnya Grand Prix Turki 2021. Jadi, saat tampil di Sirkuit Istanbul Park, mobil pacuan Max Verstappen dan Sergio Perez akan punya penampilan yang berbeda dan mencolok dibandingkan biasanya.

Livery putih ini memang sudah dijadwalkan oleh Red Bull untuk dipakai pada akhir pekan ini, yang seharusnya menjadi jadwal Grand Prix Jepang. Namun karena situasi pandemi yang tidak mendukung di Jepang, balapan digantikan oleh Turki untuk jadwal yang sama di kalender. Grand Prix Jepang sendiri seharusnya menjadi penampilan terakhir Honda sebagai pemasok mesin F1, di hadapan masyarakat Jepang langsung.

Livery Red Bull Honda

Desain keseluruhan tetap menampilkan branding Red Bull sebagai elemen utama desain livery. Namun warna biru navy yang biasanya digantikan oleh warna putih yang identik sebagai warna mobil balap Jepang. Warna biru yang menjadi warna dasar livery standar Red Bull, tetap disisakan di bagian sayap belakang dan endplate sayap depan.

Baca Juga: Maserati Grecale Siap Sikut Macan Bulan November, Ini Bocoran Speknya

Elemen desain ala Jepang pada livery diterapkan melalui latar nomor mobil milik Verstappen dan Perez, yaitu lingkaran merah seperti bendera Jepang. Di bagian engine cover, sejajar dengan branding “Honda e:technology”, mendapat sentuhan tulisan kanji yang dibaca “arigato” atau berarti “terima kasih”. Bukan hanya Red Bull, tambahan tulisan kanji ini juga akan tampil di mobil Alpha Tauri, tim junior Red Bull yang sudah lebih dulu dipasok Honda sejak 2018.

“Kami semua menantikan untuk memberikan kesempatan kepada penggemar Honda Jepang untuk merayakan hubungan kami yang sangat sukses di Formula 1, di kandang sendiri di Suzuka,” kata Christian Horner, bos tim Red Bull Racing.

Livery Red Bull Honda

“Dengan balapannya yang menjadi korban pandemi, kami tidak bisa membiarkan akhir pekan berlalu tanpa memberikan penghormatan kepada Honda dan penggemar tuan rumah yang luar biasa dengan membawa sedikit warisannya ke Istanbul.”

Red Bull Lanjutkan “Nyawa” Mesin Honda

Diungkapnya livery spesial jelang Grand Prix Turki 2021 sekaligus dimanfaatkan momentumnya oleh Red Bull untuk mengumumkan proyek masa depan dengan Honda. Setelah Honda mundur sebagai pabrikan pemasok power unit, Red Bull akan meneruskan pengembangannya. Dengan kata lain, Red Bull ambil alih dan lakukan sendiri pengembangan mesin F1 dengan izin Honda.

Meski mundur sebagai pabrikan, Honda akan mendukung upaya Red Bull pada pembuatan dan pengembangan power unit F1 mulai 2022, demi menjamin performa terbaik dan tetap kompetitif. Selain Red Bull, power unit Honda akan juga dipakai oleh Alpha Tauri. Dan mulai 2023, Red Bull akan sepenuhnya membuat dan mengelola sendiri mesinnya dengan label Red Bull Powertrains.

Bukan hanya dari sisi teknis, kelanjutan kolaborasi Red Bull dan Honda juga termasuk untuk mencari bakat-bakat pembalap terbaik dari Jepang untuk bisa menembus F1. Menyusul kesuksesan Yuki Tsunoda, semakin banyak pembalap dari Jepang diharapkan bisa berprestasi dan dipromosikan ke F1.

Livery Red Bull Honda

Lebih luas lagi, Red Bull dan Honda berencana menjalin kolaborasi untuk lebih banyak aktivitas motorsport lainnya. Namun saat ini belum disebut seperti apa aktivitas keduanya akan diwujudkan di luar F1. Honda menyatakan berniat untuk memperkenalkan rangkaian produk mobilitasnya ke audiens yang lebih luas.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Toyota Corolla Altis Punya Versi Nurburgring di Thailand, Sekencang Apa Performanya?

Sumber: Motorsport, Formula 1

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya