Beranda Updates Daihatsu Rocky, Catat 5 Bintang Uji Tabrak JNCAP

Daihatsu Rocky, Catat 5 Bintang Uji Tabrak JNCAP

Dahatsu Rocky

TOKYO, Carvaganza.com – Kehadiran Daihatsu Rocky sempat menyita perhatian konsumen. Sayangnya, model ini bau dijual di Jepang. Ia tak lagi hadir sebagai jip. Wujudnya bereinkarnasi jadi SUV kompak bergaya modern yang lebih cocok untuk jalan perkotaan. Peluncurannya November tahun lalu di Jepang. Selang setengah tahun beredar di pasaran, Rocky akhirnya lulus uji safety Japan New Car Assessment Program (NJAP).

Kementerian Transportasi Jepang, dan National Agency for Automotive Safety & Victims’ Aid (NASVA) mengumumkan Rocky meraih 5 bintang, dengan jabaran nilai 85,7 dari total 100 poin pada performa keselamatan saat tabrakan. Sementara preventive safety performance meraih 73,6 poin dari 141 untuk mobil besutan Daihatsu Motor Co., Ltd.

Evaluasi JNCAP dilakukan dengan mempertimbangkan kasus aktual dan karakteristik kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jepang. Ada tiga aspek utama dievaluasi. Pertama perlindungan terhadap penumpang, bagi pejalan kaki dan pengingat sabuk pengaman.

Beberapa detailnya sebagai berikut. Proteksi pengemudi saat tabrakan frontal penuh dinilai level empat dari lima. Sedangkan penumpangnya level lima. Untuk tabrakan offset, sisi pengemudi dipatok level 5, begitu juga penumpang. Angka sama didapat hasil tabrak samping.

Untuk performa preventif, poin 31,7 dari 32 diraih pada tes Autonomous Emergency Braking System (mobil dengan mobil). Kemudian terhadap pejalan kaki sebesar 12,9 dari 80 poin. Nilai sempurna dikantungi tes Lane Departure Prevention System, Rear-view Monitoring System, High Performance Headlight dan pedal Misapplication Prevention.

Baca juga: Daihatsu Andalkan Penjualan pada Sigra dan Gran Max PU

Spesifikasi

Capain ini diklaim Daihatsu berkat penerapan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Ditambah teknologi keamanan terkini seperti Smart Assist System, terdiri dari 17 perangkat safety aktif, Blind Spot Monitor (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Kembaran Toyota Raize didesain tangguh dan memiliki kemampuan manuver andal. Cocok digunakan sebagai angkutan harian. Tanpa menghilangkan kenyamanan, berkat kabin lapang. Kemampuannya ditunjang mesin 1,0 liter, tiga silinder yang mendapat asupan turbo ini sangat memuaskan.

Baca juga: TIPS: Persiapan New Normal, Persiapan Berkendara ala Daihatsu

Raihan bintang lima uji keselamatan bukan yang pertama bagi Daihatsu. Sebelumnya model Boon juga diganjar prestasi sama pada 2016. Hal ini pun sejalan dengan slogan global Daihatsu, Light You Up. Mereka akan terus memberikan produk dan pelayanan terbaik, lewat beragam kemudahan dan kenyaman dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Lantas akankah Rocky melenggang bebas di Tanah Air? Sayangnya Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai pemegang merek di Indonesia telah mengungkapkan tak akan menghadirkan model baru tahun ini. Hanya penyegaran lini yang sudah ada. Walau memang, beberapa waktu lalu mereka telah melakukan pengujian mesin serupa Rocky, yang ditanam pada model bernama Thor.

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TMMIN Rayakan Kelulusan 64 Wisudawan Toyota Indonesia Academy

KARAWANG, carvaganza – Sudah sejak lima tahun lalu, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memiliki lembaga pendidikan di bidang otomotif. Lembaga Pendidikan Akademi Komunitas...

Program Cashback Rp 4 Juta di Suzuki Auto Value Berlaku Sampai Akhir Tahun

JAKARTA, Carvaganza -- Suzuki memberikan extra cashback hingga Rp 4 juta kepada pembeli XL7, All New Ertiga maupun SX4 S-Cross yang melakukan tukar tambah...

Akhir Tahun, Dua Varian Mercedes-Benz GLE Coupe Meluncur Bersamaan

JAKARTA, Carvaganza.com – Dalam berupaya memepertahankan gairah pasar otomotif di masa pandemi ini, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia menggelar kembali Star Expo di akhir tahun....
video

VIDEO: Peringati Hari Jadi Ke-106, Maserati Rilis Film Pendek Di Youtube

Modena, carvaganza – Usia dapat menggambarkan sebuah perjalanan yang begitu panjang yang ditempuh seseorang. Ragam gambaran dan pengalaman tertulis. Dan pada tahun ini, Maserati...

Mobil-Mobil Yang Pernah Dimiliki Freddie Mercury

JAKARTA, Carvaganza.com – Siapa yang tak mengenal Freddie Mercury, penyanyi rock pentolan grup musik Queen yang populer di tahun 1970-an. Meskipun pemilik nama asli...