Beranda Updates COVID-19 Paksa BMW 4-Series Coupe Meluncur via Digital

COVID-19 Paksa BMW 4-Series Coupe Meluncur via Digital

JAKARTA, Carvaganza.com – Beberapa bulan lalu ketika kita mendengar kata “Juni” dan “debut” maka yang ada di kepala kita adalah Detroit Auto Show. Tapi pandemi virus corona atau COVID-19 memaksa gelaran yang juga disebut North American International Auto Show (NAIAS) itu batal dihelat. Akibatnya BMW Seri-4 yang semua dijadwalkan manggung juga tak jadi hadir.

Hal yang sama juga terjadi dengan Geneva Motor Show bulan lalu. Sementara pelaksana New York dan Beijing Motor Show menggeser acaranya ke Agustus dan September. Adapun Paris Motor Show akan dilangsungkan Oktober mendatang. Belum ada kepastian apakah terus berjalan atau akan juga dibatalkan.

Setidaknya kini ada kabar baik. Menurut BMWBlog, Seri-4 generasi G22 ini dijadwalkan meluncur pada Juni mendatang. Namun, tidak dilakukan langsung. Perkenalan 4er anyar ini akan dilakukan secara online. Jika kabar ini benar, maka paling tidak kita takkan lagi dibuat penasaran. Maklum, ketik ditampilkan sebagai mobil konsep, model ini menuai kontroversi lewat revolusi desain grille miliknya.

Suka atau tidak, kidney grille ekstra besar melihat dunia nyata sekitar dua bulan lagi. Sekarang belum dapat tergambar jelas apakah grille membuatnya semakin menawan, atau justru mendapat cemoohan. Kalau meneliti bentuk tubuh, tetap membawa nuansa guratan Concept 4 dengan rongga ekstra di luar bingkai bagian bawah. Jika eksekusi terlaksana serta direspon dengan baik, tak mengherankan bila Seri-4 laris manis.

Ubahan arah desain ini pun turut menyapa di Seri-3 tapi bukan dijadikan sebagai facelift. Versi racikan performa tinggi dari Divisi Motorsport, M3, dipastikan menganut desain paras serupa 4er.

Baca juga: Beli Mobil Sekarang, BMW Astra Gratiskan BBM Rp 20 Juta

Kabin

Dalam kabin, juga akan da ubahan. Namun mayoritas bentuk diturunkan dari Seri-3. Sebab 4er tak lain hanyalah versi kupe seri khas BMW itu. Spyshot yang beredar pun seolah mengamini pandangan bahwa sang kupe turut membawa dasbor identik model sedan. Kendati begitu, dirumorkan jika nantinya terdapat perbedaan menarik antara kedua spesies ini.

Menyoal pemacu daya, kurang lebih serupa dengan opsi G20 sedan. Memanfaatkan unit mesin bensin empat silinder B48B20 atau enam silinder B58B30. Ada juga varian diesel B47D20 atau B57D30. Tak ketinggalan powertrain hybrid masuk di tubuh kupe ini. Komponen elektris diyakini berasal dari 330e, menyajikan total output 292 PS disertai torsi sekuat 420 Nm. Belum lagi mendapat tambahan 41 PS selama 10 detik dalam boost mode.

BMW rencananya akan mengenalkan tiga jenis tubuh berbeda: Coupe, Gran Coupe, Convertible. Untuk bodi convertible, revisi terkini menanggalkan atap keras untuk komponen kanvas. Selain lebih ringan, hal ini menambah ruang akomodasi penumpang dan penyimpanan. Terakhir, tambahan Gran Coupe akan menyambut versi elektris i4.

Sumber: Motor1, BMWblog

Baca Juga: BMW 4-Series Coupe Dikabarkan Meluncur Juni Secara Online

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto