Beranda New Cars Chevrolet Corvette Convertible Meluncur, Lebih Menggoda

Chevrolet Corvette Convertible Meluncur, Lebih Menggoda

DETROIT, 4 Oktober 2019 – Chevrolet Corvette telah meluncur tahun ini dalam generasi kedelapannya, yang menandakan era barunya dengan konfigurasi mid-engine. Tidak butuh waktu lama, Chevrolet langsung meluncurkan versi convertible dari Corvette terbaru.

Mobil dengan nama Corvette Stingray Convertible ini dihadirkan hanya berjarak dua bulan sejak debut versi Coupe. Chevrolet tampaknya sangat serius ingin bermain di segmen sportscar mid-engine melalui Corvette dengan kode C8 ini.

Varian Convertible akan mulai diproduksi pada kuartal pertama tahun 2020 mendatang, dengan tersedia dalam versi setir kiri dan setir kanan. Harga yang ditawarkan untuk Corvette Convertible mulai dari $7.500 atau sekitar Rp 106 jutaan lebih mahal dari varian terendah Coupe, yaitu LT1.

Pabrikan Amerika ini mengaku bahwa sejak awal pengembangan struktur Corvette C8 memang sudah disiapkan untuk dibuat sebagai convertible. Mekanisme pelipatan atapnya tidak menyita banyak ruang di bagian belakang mobil, yang tersimpan di balik body sisi belakang kokpit, kira-kira mirip Ferrari 488 Spider.

Chevrolet bahkan mengklaim saat atapnya dilipat, bagasi di belakang masih bisa memuat dua buah tas golf. Corvette terbaru meski bermesin di tengah, tetap dikembangkan sebagai sebuah grand tourer (GT), mempertahankan tradisi para pendahulunya.

Proses pelipatan atap berlangsung selama 16 detik, yang bisa dioperasikan sampai mobil melaju dalam kecepatan maksimal 48 km/jam. Jika sebelumnya Corvette menggunkan sistem hidrolik, untuk generasi terbaru ini justru sudah menggunakan sistem elektrik pada mekanisme pelipatan atapnya, yang diyakini lebih reliable.

Masih sama seperti versi Coupe, Corvette Convertible juga dibekali mesin V8 6.2 liter naturally-aspirated LT2, yang bertenaga 495 hp dan torsi 637 Nm. Roda belakang digerakkan oleh mesin melalui transmisi dual-clutch 8-speed.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto