Beranda Community Cek Kesiapan Radiator Mobil Anda Sebelum Mudik

Cek Kesiapan Radiator Mobil Anda Sebelum Mudik

JAKARTA, 22 Juni 2016 – Sebentara lagi, ritual mudik lebaran akan segera dimulai. Bagi Anda yang mudik dengan kendaraan pribadi, sudahkah memeriksakan kesiapan mobil kesayangan Anda yang akan digunakan untuk mudik?

Ada beberapa hal yang perlu diperiksa pada mobil Anda sebelum anda mudik. Salah satunya adalah temperatur mesin mobil anda. Ya, temperatur perlu diperhatikan, pasalnya setiap mudik selalu identik dengan kemacetan. Mesin mobil anda perlu sistem pendinginan mesin yang mumpuni untuk menghadapi kemacetan mudik.

Untuk memeriksa temperatur bisa dimulai dengan memeriksa radiator mobil. Apalagi jika mobil yang digunakan sudah cukup lawas. Caranya mudah, jika temperatur mobil anda cepat menunjukkan H (Hot) pada indikator panas mesin, Anda bisa langsung membawa ke bengkel servis radiator.

Namun, jika tempratur masih normal, cobalah untuk menguras cairan radiator. Untuk mengurasnya, anda tidak perlu datang ke bengkel servis, Anda pun bisa mengurasnya sendiri. “Cara nguras Radiator cukup mudah kok. Para pemilik mobil bisa mengurasnya sendiri di rumah,” kata Faisal Nasution pemilik bengkel Anugrah PRM Racing Division yang berlokasi di Lenteng Agung Jakarta Selatan.

Faisal mengatakan langkah pertama adalah menghidupkan mobil sehingga kotoran yang mengendap ikut tersirkulasi. Setelah itu matikan mesin tunggu sampai aman. “Tunggu mesin sudah agak dingin untuk membuka tutup radiator,” katanya.

Berikutnya buka keran pembuangan yang ada di bagian bawah radiator, sambil memasukkan cairan baru dari bagian atas radiator.

Setelah cairan yang keluar menjadi bening tutup kembali keran pembuangan, kemudian isi kembali radiator sampai penuh. “Jangan lupa tabung cadangan untuk dibersihkan juga dan diisi ulang,” tutup Faisal.

Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

TITO LISTYADI

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza