Cara Aman Membersihkan Jok Mobil yang Terkena Noda Makanan dan Minuman

Tips jok mobil

JAKARTA, Carvaganza - Biasanya pengguna kendaraan mengkonsumsi makanan dan minuman saat melakukan perjalanan. Baik itu makanan kering ataupun basah. Konsumsi makin banyak apabila di dalam mobil terdapat balita (bayi di bawah 5 tahun) atau kanak-kanak. Nah, yang kerap terjadi saat mengkonsumsi makanan atau minuman saat perjalanan adalah terjatuhnya makanan atau minuman hingga menodai peranti yang ada di dalam kabin.

Sisa makanan dan remah ini tentunya jadi masalah. Bila tidak segera dibersihkan bukan cuma timbul noda, tetapi juga dapat menimbulkan bau kurang sedap di dalam kabin. Apalagi untuk makanan tertentu terutama yang basah atau mengandung cairan dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Hal yang tentu saja tidak kita inginkan. Kabin bersih membuat kenyamanan berkendara terjaga.

Bagaimana jika hal itu terjadi? Anda tidak perlu panik. Apalagi jika bekas tumpahan masih baru dan belum lama mengering. Sebelum timbul bau tidak sedap, segera lakukan pembersihan noda bekas tumpahan dengan melakukan langkah-langkah seperti ini.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membersihkan jika yang ternoda adalah bagian kursi atau jok di dalam kendaraan. Ada dua jenis material jok yang biasa digunakan, yakni kain (fabric) dan kulit. Keduanya perlu perawatan berbeda dan jangan sampai salah menggunakan jenis pembersih yang bisa merusak kontur jok mobil.

Tips jok mobil

Bahan Fabric

Untuk membersihkan noda pada jok mobil berbahan kain berikut langkahnya. Sebaiknya menggunakan deterjen yang lembut, dengan lebih dulu bersihkan sisa-sisa kotoran bekas tumpahan makanan atau minuman pada jok. Alatnya bisa dengan sapu atau sikat berserat halus, lalu di-vacuum cleaner hingga tidak ada bekas kerak noda.

Lalu campurkan detergen dengan air hangat. Kemudian rendam busa pembersih (spons) ke dalam air dan remas untuk menghilangkan air sebelum digosokkan pada jok. Bersihkan secara perlahan agar jok terlalu basah, selanjutnya endapan air sabun diseka pakai handuk basah tanpa sabun hingga kotoran hilang.

Untuk noda membandel, bisa dengan menggunakan cairan pembersih dengan bantuan sikat halus. Setelah itu langsung keringkan jok dengan vacuum cleaner agar tak menimbulkan jamur dan bau tak sedap.

Tips jok mobil

Bahan Kulit

Sedangkan jok berbahan kulit memang lebih mudah dibersihkan. Namun juga tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Agar kualitas jok kulit tetap terjaga dapat membersihkan dengan air detergent. "Selanjutnya memberikan kondisioner atau cairan khusus untuk jok berbahan kulit. Perawatan jok berbahat kulit memang butuh penanganan yang khusus," tukas Samsudin, Aftersales Astra Peugeot.

Yap, pemilihan cairan pembersih adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam perawatan jok kulit. Untuk membersihkan jok kulit yang kita butuhkan adalah pembersih berbentuk pasta. Karena penggunaan pembersih berbahan air bisa menyebabkan kulit menjadi lebih cepat rusak dan risiko timbulnya jamur juga cukup besar.

Selain berbentuk pasta, pilihlah pembersih yang mengandung pelembab agar jok kulit terlindung dari risiko pecah-pecah. ketika mengaplikasikan cairan pembersih hindari penggunaan kain kasar karena bisa mengabrasi kulit. Supaya hasilnya lebih maksimal, jok yang dilapisi kulit baru sebaiknya diberikan leather coating terlebih dahulu sebagai perlindungan tambahan.

Tidak sulit bukan untuk melakukan tips di atas bukan? Selamat mencoba! (RAJU)

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature