Bukan Mobil Listrik, Ini Spesifikasi Mobil Resmi Presiden AS Selama di KTT G20 Bali

Mobil Kepresidenan AS, Cadillac One

BALI, Carvaganza – Menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Nusa Dua, Bali pada 15 – 16 November 2022 terlihat sejumlah tamu negara mulai berdatangan sejak Minggu malam (13/11). Salah satunya ialah kepala negara Amerika Serikat, Joe Biden yang datang menggunakan Air Force One dan dijemput langsung oleh mobil kepresidenan AS Cadillac One atau yang dikenal juga dengan sebutan The Beast.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa mobil yang digunakan sebagai mobil kepresidenan Amerika Serikat?

    Cadillac One atau dikenal dengan sebutan The Beast.
  • Berapa harga setiap unit Cadillac One?

    Diperkirakan seharga US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 22,8 milyar per unit.
  • Di hampir seluruh kunjungan Presiden AS di sejumlah negara, The Beast selalu hadir sebagai kereta kencana seperti yang dipakai saat mendarat di Bali semalam. Cadillac One sendiri merupakan kendaraan khusus yang didesain oleh General Motor untuk kendaraan resmi Presiden AS dan menggunakan basis dari Cadillac CT6. Di dalamnya terdapat mesin diesel berkapasitas V8 6.6-liter supercharged dan mampu berakselerasi ke kecepatan 100 km/jam kurang dari 15 detik saja.

    The Beast juga didesain sebagai kendaraan paling aman. Salah satunya ialah sasis yang dipakai menggunakan material kokoh dengan kemampuan anti ledak. Sejumlah bagian bodinya dibangun menggunakan pelat baja setebal 8 inci dan juga didesain anti peluru, hal tersebut juga berlaku untuk setiap kaca kendaraan dari The Beast.

    Mobil Kepresidenan AS, Cadillac One

    Sejumlah orang yang pernah menunggangi The Beast juga menyebut bahwa kendaraan ini didesain seperti layaknya tank baja. Seluruh rodanya memiliki teknologi anti kempes atau run flat tire dan juga tahan terhadap ledakan. Terdapat sejumlah persenjataan seperti pelontar granat, senjata berat dan pelontar gas air mata di bagian depan kendaraan. Bahkan setiap presiden yang bertugas, bisa mengakses telekomunikasi satelit dari dalam serta peluncur nuklir dengan kode rahasia.

    Dengan segala kemampuan dan perbekalannya tersebut, bobot The Beast diklaim sekitar 8 – 10 ton. Setiap kunjungannya, protokoler Amerika Serikat selalu membawa dua unit The Beast sebagai kendaraan cadangan atau juga kamuflase.

    Kabarnya untuk produksi Cadillac One ini, GM mendapat kontrak senilai US$ 15,8 juta atau sekitar Rp240,6 miliar dari pemerintah AS. Tidak disebutkan berapa unit The Beast yang diproduksi GM untuk Presiden AS. Diperkirakan setiap unitnya memiliki nilai setara dengan US$ 1,5 Juta atau sekitar Rp22,8 miliar. Joe Biden adalah salah satu kepala negara yang tidak menggunakan kendaraan listrik di gelaran KTT G20. Di samping itu masih ada lagi sejumlah kepala negara yang sudah mendarat di Bali di antaranya Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, President Uni Emirat Arab dan Kepala Negara Korea Selatan.

    Pemerintah Indonesia sendiri telah menyediakan sejumlah kendaraan khusus kepala negara pada ajang KTT G20. Salah satu kendaraan yang diumumkan dipakai untuk kebutuhan kepala negara ialah Genesis G80 Electrified yang merupakan sedan premium full elektrik dan dikirim langsung dari Korea Selatan. Terdapat pula kendaraan pendukung lainnya seperti Hyundai Ioniq 5, Hyundai Kona Electric, Ioniq, Toyota bZ4X, Lexus UX300e dan Wuling Air EV untuk mobilitas selama KTT G20. (ALVANDO NOYA/EK)

    Mobil Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature