Bridgestone dan EVBox Group Kolaborasi Bangun 3.500 Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik di Eropa

Bridgestone EVBox

BRUSSELS, Carvaganza -- Pabrikan ban raksasa, Bridgestone menjalin kerja sama dengan EVBox Group dan TSG. Mereka akan membangun tak kurang dari 3.500 stasiun pengisian daya kendaraan listrik di seluruh Eropa. Stasiun pengisian daya listrik baru ini akan berada di jaringan retail milik Bridgestone, termasuk beberapa jaringan retail terkenal seperti Speedy dan First Stop.

Kerjasama yang akan berlangsung selama 5 tahun ke depan ini, merupakan dukungan terbaru Bridgestone bagi kendaraan listrik (Electric Vehicle) sebagai bagian dari komitmen perusahaan terhadap masa depan mobilitas. Proyek ini akan mulai dibangun di Perancis dan Itali, lalu untuk selanjutnya dikembangkan menuju wilayah Inggris, Jerman, Polandia, Spanyol dan negara-negara lain di Eropa.

Nantinya, para pemilik mobil listrik pribadi serta armada fleet listrik nantinya akan mendapatkan akses khusus ke lokasi stasiun pengisian daya kendaraan listrik baru milik Bridgestone, ataupun milik publik yang berjumlah lebih dari 130.000 melalui satu solusi.

Berbagai fasilitas akan dibangun di jaringan stasiun pengisian daya milik Bridgestone ini. Nantinya lokasi ini akan dilengkapi oleh stasiun pengisian daya normal dan cepat. Stasiun pengisian daya cepat nantinya akan dipasang di jalur ramai dan strategis, diperuntukkan bagi para pengemudi yang melakukan transift dan membutuhkan waktu yang singkat untuk mengisi daya. Kerjasama ini akan difasilitasi oleh mitra EVBox, TSG, yang akan mengambil peran utama dalam merancang, memasang, dan pemeliharaan.

Bridgestone EVBox

Lewat kemitraan Bridgestone dan EVBox ini, pengemudi kendaraan listrik akan mendapatkan akses ke salah satu jaringan pengisian daya terbesar di Eropa, yang terdiri dari pengisian daya publik dengan lebih dari 130.000 buah stasiun serta 3.500 stasiun pengisian daya baru. Selain itu juga akan diberlakukan kartu khusus dan aplikasi Charging Management Software dari EVBox.

Jaringan ritel Bridgestone juga akan menawarkan pengemudi kendaraan listrik kesempatan untuk membeli dan memasang stasiun pengisian daya listrik di rumah. Hal ini memperkuat komitmen perusahaan untuk meningkatkan aksesibilitas kendaraan listrik sebagai pilihan kendaraan yang lebih berkelanjutan.

Christophe de Valroger, VP Retail Operations Bridgestone Eropa mengatakan Bridgestone berkomitmen untuk membantu mendorong masa depan listrik menjadi kenyataan, bermitra dengan produsen kendaraan listrik terkemuka untuk mengembangkan ban premium dan teknologi berkelanjutan yang memenuhi persyaratan spesifik mobil ini.

"Termasuk dalam upaya tersebut adalah membangun jaringan ritel dan layanan yang benar-benar siap kendaraan listrik. Melalui kemitraan ini, kami akan mendukung perluasan infrastruktur pengisian daya listrik di Eropa yang sangat dibutuhkan, dan memberikan kenyamanan serta efisiensi bagi mereka para pengemudi kendaraan listrik dan operator armada fleet listrik. EVBox telah memimpin penciptaan industri pengisian daya kendaraan listrik sejak 2010; dan merupakan mitra yang tepat bagi kami," katanya.

Bridgestone EVBox

Investasi untuk mendukung mobilitas kendaraan listrik

Kerjasama ini merupakan startegi Bridgestone ke depan. Bridgestone melihat kendaran listrik sebagai peluang besar untuk mengurangi emisi CO2 dan membuat kendaraan lebih ramah lingkungan. Apalagi sekitar 20 persen penjualan mobil baru di Eropa pada 2025 diharapkan beralih kepada mobil listrik.

Namun dalam riset yang dilakukan Bridgestone menemukan bahwa responden yang tidak mempertimbangkan untuk membeli kendaraan listrik, 50 diantaranya menyebutkan infrastruktur pengisian daya yang tidak memadai sebagai alasannya. Tantangan ini sedang ditangani oleh paket 'Fit for 55' UE, yang mengharuskan negara-negara anggota Uni Eropa untuk memperluas kapasitas pengisian daya mobil listrik sesuai dengan jumlah penjualan mobil yang diharapkan, serta untuk memasang titik pengisian dan pengisian bahan bakar secara berkala di jalan raya utama.

“Bisnis Bridgestone sangat bersemangat untuk membentuk masa depan mobilitas yang berkelanjutan. Kami telah melihat ini menjadi nyata melalui banyak pemberitaan kemitraan baru-baru ini, dan kami bangga dapat bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki ambisi yang sama,” kata Bram Poeth, CCO dari EVBox Group. “Kolaborasi ini menandai awal dari kemitraan jangka panjang baru antara para pemimpin industri yang akan berkembang dan tumbuh bersama mobilitas listrik dan tuntutannya.” (RAJU)

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya