BMW X3Drive30i M Sport Sudah Dirilis, Begini Detail Speknya

JAKARTA, Carvaganza – BMW X3 xDrive30i M Sport yang diluncurkan kemarin (24/2) berbarengan New X7 secara virtual di Jakarta, adalah varian terbaru dari generasi ketiga X3 produksi lokal yang diluncurkan. Mengusung sejumlah desain dan fitur baru yang terdepan di kelasnya yang diklaim oleh pabrikan menjadi karakter khas pabrikan Bavaria.

Dalam beberapa fitur memang memiliki kesamaa dengan BMW X7, namun tentu saja lebih kaya sang kakak. Salah satunya adalah desain layout Live Cockpit Professional yang memberikan kenyamanan premium kepada penggunanya. 

Konstruksi BMW Efficient Light Weight

Dengan harga Rp 1,139 milyar on the road, BMW X3 teranyar model tahun 2021 menawarkan bobot mobil yang ringan. Pabrikan menamainya Efficient Lighweight guna memperkaya dinamika berkendara dan efisiensi pemakaian bahan bakar.

Cara yang ditempuh adalah dengan menggunakan material-material berbobot enteng namun kuat seperti serat karbon untuk monokok, alumunium pada chassis dan baja yang ekstra kuat. Termasuk juga pemakaian magnesium alloy modern pada mesin sehingga ikut menyumbang efisiensi BBM sekaligus menambah performa pengendaraan.

Tentu konstruksi tersebut juga memberikan efek pada DNA Motorsport khas yang terdapat pada BMW M. Mobil SUV ini menjadi lebih fun-to-drive untuk dikendarai dan memberikan sensasi khusus kepada pengemudinya.

BMW X3 xDrive30i M Sport 2021

M Aerodynamic Package

Sebagaimana layaknya M Sport, SUV medium ini sarat dengan perangkat aerodinamika untuk mendukung kecepatan mobil. Misalnya air breather berlogo M dan velg 20 inci M Light Alloy Wheels Double Spoke style 699 M Bicolour dengan ban lebar berbeda. Ditambah dengan rem M Sport dengan cakram berkonstruksi enteng plus kaliper besar berwarna biru. Ditambah lagi dengan mengadopsi emblem M designation.

Pada bagian depan terpasang bumper M Sport plus LED foglamp melintang. Berpadu apik dengan kidney grille dan lampu utama Adaptive LED dengan selective-beam berbentuk hexagonal. Pada bagian belakang terdapat bumper two-tone dari M Sport exterior package plus dua knalpot.

Interior

Kabin terkesan mewah dan apik. Di sini, pabrikan memainkan ragam sentuhan agar kabin terasa lapang dan nyaman dengan memanfaatkan penambahan dimensi dibandingkan versi sebelumnya. Yup, panjang BMW X3 M Sport ini bertambah 51 mm, lebar 10 mm dan tinggi 15 mm. Wheelbase juga menjadi bertambah panjang 54mm dan overhang tergolong cukup pendek.

Dengan penambahan dimensi itu, tim engineer bisa bermain dalam hal rekayasa kabin sehingga nilai fungsionalitasnya juga bisa ditambah. Trim interior sendiri mendapat sentuhan alumunium Rhombicle plus highlight Pearl Chrome. Untuk memperkuat kesan mewah, tombol pengaturan juga mendapat sentuhan galvanisir.

Jok bergaya sport untuk pengemudi dan penumpang depan dengan tombol pengaturan dan memori. Setir sudah berlapis M Leather dengan paddle shift agar pengemudi mendapatkan sensasi mengemudikan mobil manual. Plus Panorama roo dan ambient light dengan 11 pilihan warna.

Fitur

Seperti halnya X7 terbaru yang dirilis berbarengan, X3 teranyar ini juga memegang filosofi BMW Live Cockcpit Professional lengkap dengan sejumlah fiur pendukung. Layar sentuh 12,3 dengan instrument display 10,25 inci full digital. Sudah termaduk BMW Operating System 7 yang terdiri dari Gesture Control, voice control, pengaturan iDrive Touch Controller, hard drive 32GB, Bluetooth, Wifi dan lain-lain. Tak lupa juga wireless charging dan Apple CarPlay.

Untuk sound system membenamkan Harman Kardon dengan 16 speaker berikut ekualiser individually adjustable.

BMW X3 xDrive30i M Sport  2021

Mesin dan transmisi

Jantung pacunya menggunakan mesin bensin 4 silinder segaris 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 252 hp dan torsi 350 Nm. Disuntik dengan teknologi BMW TwinPower Turbo untuk menamba performa mesin. Plus mengadopsi teknologi ikonik pabrikan Bavaria lainnya yaitu High Precision Direct Injection, Double-Vanos variable camshaft control dan valvetronic.

Tenaga tersebut disalurkan ke keempat roda oleh transmisi otomatis 8 percepatan Steptronic yang bekerja secara halus dan presisi. Pabrikan mengklaim X3 yang baru ini memiliki level konsumsi bahan bakar 12,1 km per liter dan emisi gas buang yang ramah lingkungan, 173 g/km.

Pabrikan mengklaim bahwa kendaraan sudah dilengkapi dengan teknologi AWD permanen ntuk memastikan traksi terbaik dan maksimal di semua permukaan jalan. Didukung pula ole fitur Variable Sport Steering dan Performance Control. Plus fitur Dynamic Stability Control (DSC), Dynamic Traction Control (DTC) dan Hill Descent Control (HDC).

Safety

Dalam hal keselamatan, dilengkapi ragam airbag yang melindungi pengemudi dan penumpang depan, airbag tirai di kepala, side airbag serta pada lutut. Pengereman sudah ABS, EBD dan lain-lain termasuk Cornering Brake Control (CBC). (EKA ZULKARNAIN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda