Bentley Siap Ramaikan Lagi Pikes Peak 2021 Untuk Terakhir Kalinya

CREWE, Carvaganza – Bentley mengumumkan akan kembali berlaga di ajang Pikes Peak International Hill Climb 2021 yang akan di gelar pada 27 Juni mendatang. Kabarnya ini adalah kali ketiga Bentley mengambil bagian pada ajang Pikes Peak sekaligus menjadi yang terakhir. 

Bentley akan menurunkan Continental GT versi GT3 untuk membidik rekor ketiga di lintasan 200 km (12,42 mil) yang populer itu. Dengan cakupan pendakian yang mencapai 1.440 meter. 

Pada tahun 2018 Bentley Bentayga sempat mencetak rekor pendakian tercepat dengan waktu 10 menit 49,902 detik. Hal tersebut sekaligus membuat Bentley menjadi SUV terkencang di dunia. Kemudian setahun berselang, Bentley Continental GT juga pernah mencetak rekor langsung lewat mobil produksi dengan patokan 10 menit 18,488 detik. Sayangnya di tahun 2020 gelaran Pikes Peak International Hill Climb tidak digelar sehingga menggugurkan kesempatan Bentley untuk menjuarai berturut-turut tiga tahun. 

Bentley Continental GT Pikes Peak

Tetapi tahun ini Bentley sudah siap untuk kembali ke ajang Pikes Peak International Hill Climb 2021 ini sekaligus merupakan keikutsertaannya yang terakhir. Bentley akan menurunkan pembalap Amerika Rhys Millen yang akan berlaga di ajang Pikes Peak 2021 nanti. Millen dikenal sebagai juara drifting Formula D pada tahun 2005 sekaligus juara dua kali di Global Rallycross Championship.

Namun pabrikan asal Crewe, Inggris ini akan segera mengumumkan detail dari pencapaiannya pada minggu ini. Bentley Continental GT3 yang digunakan untuk Pikes Peak International Hill Climb 2021 mendatang kabarnya akan menggunakan mesin V8 4,0 liter twin-turbocharged. Mesin tersebut akan dikawinkan dengan transmisi otomatis Xtrac 6-percepatan. Bentley akan meraih rekor baru di Pikes Peak bersama dengan tim Fastr. 

Pada tahun lalu, Bentley pernah memproduksi Continental GT seri Pikes Peak dan hanya diproduksi 15 unit di dunia. Model tersebut memang dirancang untuk menghormati pencapaian pabrikan di ajang Pikes Peak dari tahun sebelumnya.

Bentayga Pikes Peak Edition

Di atas kertas rekor keseluruhan di Pikes Peak sebenarnya dipegang oleh Volkswagen ID R,  mobil balap elektrik, di mana konsumen harus memesannya dulu sebelum diproduksi. VW memang dikenal telah mencetak segala macam rekor balap sejak mobil tersebut mulai dibuat pada 2018. Ia menyelesaikan lintasan hanya dalam 7 menit 57.148 detik, dengan pengemudi Romain Dumas dengan kecepatan rata-rata 90,538mph melalui jalur 156 putaran.

Jadi sebenarnya Bentley bukanlah satu-satunya raja di Pikes Peak, masih ada VW meskipun menggunakan motor listrik untuk mencapainya.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda