Beranda New Cars Begini Wujud Nissan Magnite, Konsep SUV Murah Bertampang Datsun

Begini Wujud Nissan Magnite, Konsep SUV Murah Bertampang Datsun

YOKOHAMA, Carvaganza.com – Nissan resmi memperkenalkan konsep dari calon model SUV termurahnya, yaitu Nissan Magnite. Versi konsep ini tidak lama lagi akan segera diproduksi langsung oleh Nissan, tahun depan. Bila dilihat seksama, Magnite merupakan sebuah SUV kompak yang seharusnya menjadi model baru Datsun.

Oleh Nissan, nama Magnite berasal dari gabungan kata “magnetic” dan “ignite”. Gabungan tersebut berdasarkan alasan bahwa Magnite akan menjadi magnet bagi konsumen lewat fitur-fitur yang dimilikinya. Di saat yang sama, mobil ini akan menjadi awal era baru yang akan dibawa oleh Nissan untuk pasar India.

Desain keseluruhan mengingatkan satu crossover lain di jajaran Nissan, yaitu Kicks. Terutama dari komposisi body pendek dan mungil. Kalau boleh dibilang seperti interpretasi Kicks di pasar berkembang yang bakal didagangkan di bawah nama Datsun. Mungkin tidak sepenuhnya salah lantaran bila melansir Autocar India, cerita Magnite bermula sebagai proyek Datsun. Ada rencana sang merek entry level dipunahkan maka eksistensi Magnite berlanjut dalam line up Nissan.

Elemen Kicks dapat dirasa pada permainan mata. Bagaimana tidak, Magnite punya komposisi sipit memicing sekaligus ditarik hingga ke sisi, mirip. Lalu bukaan grille besar menghubungkan garis keturunan para SUV berukuran besar. Kendati begitu, moncong oktagon itu pula yang mencirikan kedekatannya dengan Datsun. Penyesuaian dilakukan melalui frame metalik sehingga wajar bila nanti disebut sebagai V-Motion. Selain itu, kedekatan Datsun ditunjukkan juga oleh L-shaped DRL.

Rasa tangguh Magnite dikuatkan set cladding hitam melindungi sisi terbawah. Dari depan penuh mengisi dagu, bibir sepatbor, side skirt, hingga ke buntut. Lis krom eksis menghiasi plastik hitam, sementara pada sisi depan dan belakang disudahi desain ala scuff plate. Kuda-kuda jangkung dan ban kasar berprofil tipis turut menguatkan kesan macho. Bak sanggup melibas medan berat. Rancangan pun dibuat modern futuristis berkat pilar A hitam menyelaraskan atap two-tone kontras.

Kemungkinan tidak semua bakal diterjemahkan secara gamblang ke versi produksi. Boleh harap cladding berikut fender flare, atap kontras, dan permainan elemen metalik bertahan hingga lahir. Tapi urusan kaki-kaki kemungkinan besar disesuaikan dengan mengusung roda berukuran 16 inci – cukup lazim ditemukan pada segmen SUV kompak.

Belum ada gambaran terkait desain interior. Namun, disebutkan bahwa Magnite berpotensi menjadi salah satu kontestan dengan kabin lapang di kelasnya. Dikonfirmasi pula bahwa ia akan dibekali ragam fitur komplet. Di antaranya sistem infotainment touchscreen 8 inci berisi fungsi konektivitas, kamera 360 derajat, bahkan hingga cruise control bisa jadi masuk dalam salah satu paket trim. Ekspektasikan juga automatic climate control serta tambahan tombol di setir.

Dasar pembangun Magnite diyakini berbagi basis dengan Renault Kiger yang juga tengah dipersiapkan. Begitu pula menyoal dapur pacu, menggendong unit 1,0 liter Naturally Aspirated (NA) RB10 dipadu transmisi manual lima percepatan atau opsi otomatis AMT. Total ekstraksi tidak besar, hanya 73 PS (72 hp) dibarengi torsi 96 Nm.

Namun, konon opsi mesin akan kian diramaikan oleh versi tiga silinder 1,0 liter turbo. Buncahan tenaga sanggup mencapai angka 96 PS  (94 hp) dan dikawinkan transmisi manual lima percepatan atau CVT.

Nantinya Magnite akan lahir dari fasilitas perakitan Renault-Nissan di Tamil Nadu, India. Peluncuran diharapkan berlangsung awal 2021 di India dengan ekspektasi banderol terjangkau.

India sedang menjadi pusat berkembangnya SUV murah. Kontestasinya besar sekaligus permintaannya tinggi dan bertumbuh masif. Model baru pun semakin banyak bermunculan, karena memang sedang banyak peminatnya. Maruti Suzuki Vitara Brezza dan Hyundai Venue masih penguasa segmen yang juga disebut SUV sub-4m ini.

Sumber: Autocar India

AHMAD KARIM

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

6 Mobil Baru Pakai Sunroof Di Bawah Rp 400 Juta

Eksistensi kaca di atap seperti sunroof atau panoramic roof hingga kini masih dapat dianggap sebagai barang peningkat gengsi. Maklum, memang fitur itu sering kita...

Penjualan Turun Akibat Covid-19, Keuntungan Otomotif Astra Merosot 70 Persen

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 benar-benar merusak pasar otomotif Tanah Air. Demikian juga dengan group raksasa seperti Astra International....

Deretan Koleksi Mobil Khabib Nurmagomedov, Mulai Dari Mercedes-Benz W124 Sampai Ferrari California

Khabib Nurmagomedov, atlet Ultimate Fighting Championship (UFC) berusia 32 tahun itu telah mendapatkan banyak pujian atas rekor profesional 29-0 selama 12 tahun terakhir. Tepat...

Hyundai Resmikan City Store Pertama di Lotte Shopping Avenue

JAKARTA, Carvaganza -- Sejak resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sebagai pemegang merek Hyundai terus bergerak. Kini mereka meresmikan City...

Supercar Baru McLaren akan Tandai Debut Mesin V6 Hybrid

WOKING, Carvaganza.com – Line up produk mobil kencang McLaren Automotive sedang memasuki transisi ke era baru yang dihiasi teknologi elektrifikasi. Era baru tersebut akan...