Beranda New Cars Banyak Pembaruan, Ini Daftar Ubahan Toyota Hilux Facelift

Banyak Pembaruan, Ini Daftar Ubahan Toyota Hilux Facelift

JAKARTA, Carvaganza.com – Beberapa bulan lalu, Toyota Hilux resmi debut dalam wujud facelift, pertama kali untuk Thailand. Kini di bulan Agustus 2020, Indonesia juga telah kedatangan versi terbaru dari pikap Toyota ini. Penyegaran signifikan ini menjadi yang pertama bagi Hilux, sejak generasi terbaru hadir pada 2015 lalu di Indonesia.

Toyota tidak ingin Hilux diam begitu saja di tengah kuatnya persaingan datang dari Mitsubishi Triton dan Nissan Terra. Hilux facelift mengalami pembenahan dan peningkatan baik dari sisi penampilan, sampai ke aspek teknis. Oleh Toyota, mobil ini ditawarkan sebagai kendaraan komersial Tangguh untuk segala kebutuhan bisnis, dengan tampang stylish yang lebih kokoh, gagah dan dinamis.

Hilux generasi kedelapan saat ini adalah generasi kedua yang resmi dipasarkan di Indonesia, sejak kembali hadir pada 2006 lalu. Toyota mengembangkan dan membangunnya dengan platform IVM (Innovative International Multi-purpose Vehicle), bersama Kijang Innova dan Fortuner. Sebagai kendaraan niaga, Hilux diklaim berperan penting membantu perekonomian terus berjalan di tengah pandemi COVID-19 ini.

Eksterior

Hilux telah mengalami permak wajah yang sangat signifikan bila dibandingkan versi awal alias pre-facelift. Toyota membuatnya bergaya lebih modern dan dinamis, bahkan futuristik. Grafis baru lampu utama dengan LED DRL mengubah perangainya bak pesolek untuk mengarungi perkotaan.

Khusus pada model double cabin, kini terpasang grille trapesium dengan bezel tebal, menciptakan kesan gagah dan kuat. Apalagi efek tampilan 3 dimensi ditonjolkan lewat desain bumper depan baru, dengan garis lekukan yang lebih berotot. Di antara para rival, Hilux yang paling baru mengalami pembaruan juga.

Kelengkapan eksterior kini juga sudah didukung foglamp LED untuk varian tipe G dan V. Bisa dibilang, tampang baru Hilux sekarang dibuat terinspirasi dari pikap yang lebih besar, yaitu Toyota Tundra. Belum lagi masih ada velg alloy berdesain baru, 17 inci berwarna abu-abu gelap seperti SUV modern saat ini. Aksen 3 dimensi juga ditampilkan oleh grafis baru lampu belakang, senada dengan ubahan fascia depan.

Interior

Penyegaran bagian kabin sebenarnya tidak terjadi sesignifikan bagian eksterior. Namun tetap berbagai penyempurnaan dilakukan Toyota untuk memanjakan pengemudi dan penumpang. Dibandingkan sebelumnya, ubahan utama diwakili oleh head unit layar sentuh 7 inci pada tipe V.

Fitur baru sistem infotainment ini sudah mendukung input dari DVD, USB, AUX-IN, dan Bluetooth, selain untuk menerima siaran radio. Sementara untuk tipe E mendapatkan 2 DIN capacitive screen tanpa DVD dan Bluetooth. Sementara tipe G mendapat kelebihan koneksi Bluetooth dari sistem yang dipakai pada tipe E.

Bagian pengemudi mendapatkan instrument cluster baru, yang kini dilengkapi layar TFT 4,2 inci sebagai MID (Multi Information Display), pada tipe G dan V. Informasi semakin lengkap dengan hadirnya ECO Indicator untuk membantu gaya mengemudi yang lebih hemat konsumsi BBM.

Kemudahan akses keluar-masuk ditambah dengan assist grip di atas pintu pengemudi pada seluruh varian D-Cab. Sementara untuk seluruh tipe untuk S-Cab dan D-Cab, kabin sudah dilengkapi dengan overhead console box dan illuminated entry.

Keselamatan dan Handling

Salah satu aspek yang turut ditingkatkan oleh Toyota pada Hilux adalah bertembahnya fitur keselamatan. Kini Toyota sudah menyediakan fitur seperti Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, Trailer Sway Control, dan Emergency Brake Signal sebagai standar tipe G dan V. Tambahan fitur baru ini berlaku untuk Hilux D-Cab.

Sementara untuk kemantapan pengendalian, seluruh Hilux D-Cab dan S-Cab 4×4 mendapat pembenahan pada sisi suspensi. Toyota melakukan setting alias kalibrasi ulang sistem suspensi demi seimbangkan antara kenyamanan dan respons kemudi lebih baik. Konfigurasi per daun (leaf spring) dibuat semakin nyaman bahkan saat melintas jalanan rusak, sekaligus meminimalisir limbung saat mennikung.

Terlebih, terpasangnya Variable Flow Control Power Steering pada Hilux D-Cab tipe G dan V memberikan feeling mengemudi lebih baik seiring perubahan kecepatan. Selain putaran setir menjadi lebih ringan, aplikasi teknologi ini ikut membantu kurangi konsumsi BBM.

Drivetrain

Mesin yang sama masih dipertahankan dan diandalkan oleh Toyota Hilux edisi 2020. Berkode 2GD-FTV, mesin diesel dengan kubikasi 2.400 cc terpasang untuk Hilux S-Cab Diesel dan 4×4, serta seluruh varian Hilux D-Cab. Unit ini menyimpan tenaga 147 hp, didampingi torsi galak hingga 400 Nm. Gaharnya performa ikut didukung oleh aplikasi VNT Turbo.

Dengan angka output tersebut dianggap masih cukup andal bagi Toyota, begitu juga untuk varian mesin bensin 2,0 liter yang khusus pada Hilux S-Cab. Transmisi pun masih memakai manual 5 percepatan, serta otomatis 6 percepatan.

Harga

Ada pembaruan tentunya diikuti juga dengan perubahan harga untuk Hilux. Untuk satu-satunya varian S-Cab bermesin 2.0 liter alias entry level, ditawarkan dengan harga Rp 241,7 juta. Kemudian disusul varian S-Cab 2.4 M/T dengan Rp 259,05 juta, lalu varian tertinggi S-Cab yaitu 2.4 4×4 M/T dengan Rp 349,35 juta.

Beralih ke varian D-Cab, Hilux dibanderol Rp 429,75 juta pada 2.4 E 4×4 M/T, diikuti varian 2.4 G 4×4 M/T dengan Rp 454,55 juta. Sementara varian termahal, 2.4 V 4×4 A/T bisa dimiliki dengan banderol Rp 492,8 juta. Seluruh harga tersebut dalam kondisi on the road (OTR) untuk wilayah DKI Jakarta.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...

Strategi Elektrifikasi, Kia akan Punya 7 Mobil Listrik Baru Sampai 2027

SEOUL, Carvaganza.com – Tren elektrifikasi semakin meluas dan diikuti oleh sebagian besar pabrikan otomotif di dunia. Kendaraan bertenaga listrik semakin banyak pula mengisi line...

4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi...

Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

LE MANS, Carvaganza.com – Peugeot akhirnya resmi mengumumkan akan mencoba lagi untuk megnejar kemenagnan di Le Mans 24 Hour. Caranya adalah dengan akan berpartisipasi...
video

VIDEO: Duel Maut McLaren 720S Spider Versus Porsche Taycan Turbo S

LONDON, Carvaganza.com - McLaren 720S lawan Porsche Taycan di lintasan drag? Ini duel yang seru. Dan mungkin banyak yang underestimate Taycan karena bentuknya. Taycan...