Azerbaijan Ragu Gelar Balap, F1 2020 Semakin Tertunda

BAKU, Carvaganza.com – Dimulainya musim balap Formula 1 2020 kemungkinan akan semakin mundur, setelah pihak Azerbaijan mempertimbangkan untuk menunda grand prix tahun ini. Tadinya, seri Grand Prix Azerbaijan diperkirakan akan menjadi seri pembuka di bulan Juni, menyusul ditunda dan batalnya beberapa seri awal.

Pihak penyelenggara di Azerbaijan sudah mempertimbangkan opsi untuk menunda balapan musim ini, menyusul semakin luasnya penyebaran wabah virus Corona. Langkah ini dilakukan Azerbaijan menyusul pandemic Corona yang tampak belum mereda di kawasan benua Eropa.

Seri Azerbaijan dijadwalkan untuk digelar pada tanggal 7 Juni 2020, yang sebenarnya menjadi seri kedelapan balap F1 musim ini. Karena Corona, sudah tujuh seri awal diputuskan untuk ditunda dan batal yaitu Australia, Bahrain, Vietnam, China, Spanyol, Belanda dan Monako.


Beresiko


Oleh pihak penyelenggara, dianggap bahwa untuk memaksakan balapan di jalan raya kota Baku untuk tetap dilangsungkan menjadi tidak masuk akal. Apalagi balapan digelar di tengah kota, dengan kepadatan ibukota yang dapat meningkatkan risiko penyebaran virus lebih luas.

Pertimbangan lain untuk tetap menggelar balapan atau tidak adalah dari sisi logistik, karena area sirkuit perlu dipersiapkan dan selesai dibangun tepat waktu. Dilansir oleh Motorsport, petinggi dari pihak penyelenggara akan mengeluarkan keputusan secepatnya pada hari Senin (23/3/2020) ini. Azerbaijan tetap mempertimbangkan opsi untuk memindah jadwal balapan ke tengah atau akhir musim.

Chase Carey sebagai CEO F1 bahkan sempat menyatakan bahwa pihaknya sendiri belum tahu kapan balapan akan benar-benar dimulai tahun ini. “Kami sadar semua orang ingin tahu apa yang akan terjadi selanjutnya untuk Formula 1 pada tahun 2020. Kami tidak dapat memberikan jawaban spesifik hari ini mengingat situasi yang berlangsung saat ini,” kata Carey dikutip Motorsport.



“Namun, kami berencana untuk memulai musim kejuaraan 2020 segera setelah kondisi aman untuk melangsungkannya. Kami bekerja sama dengan para ahli dan panitia setiap hari sekaligus kami mengevaluasi bagaimana progres kami dalam beberapa bulan ke depan.”

Jika Azerbaijan juga akhirnya ditunda, maka seri pertama F1 musim ini akan bergeser ke Kanada di Montreal, pada 14 Juni. Namun Kanada juga belum bisa dipastikan bisa digelar. Apalagi dengan instruksi para pemerintah di Eropa untuk social distancing akan berpengaruh pada aktivitas tim-tim F1 yang mayoritas berbasis di sana.


F1 2020 Tanpa Monako


Di antara sejumlah seri F1 yang ditunda dan batal tahun ini, paling menarik perhatian adalah tidak akan digelarnya seri Monako. Seri paling ikonik dan bergengsi tersebut akan absen dari kalender F1 untuk pertama kalinya setelah enam dekade.

Batalnya seri Monako tahun ini diumumkan langsung oleh Automobile Club de Monaco (ACM) yang menjadi penyelenggara, pekan lalu. Salah satu alasannya adalah tidak memungkinkan untuk menggeser jadwal balapan GP Monako ke lain waktu di tahun ini.

Apalagi, telah resmi diumumkan juga bahwa Pangeran Albert sebagai pemimpin wilayah kerajaan di selatan Perancis tersebut, positif terjangkit Corona. Dalam setiap gelarannya, Pangeran Albert selalu hadir di podium setelah balapan untuk menyerahkan piala ke pembalap.

Dengan tidak adanya Monako dalam kalender, maka ini akan menjadi kali pertama musim F1 tidak menggelar balapan di sirkuit jalan raya tersebut sejak tahun 1955. Monako adalah salah satu balapan grand prix tertua di dunia yang telah dilangsungkan sejak 1929, bahkan sebelum F1 terbentuk. Balap F1 baru benar-benar ada mulai tahun 1950.

Sumber: Motorsport

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda