Beranda Community AXIC Rayakan HUT ke-15 dengan Kampanye Kurangi Sampah Plastik

AXIC Rayakan HUT ke-15 dengan Kampanye Kurangi Sampah Plastik

JAKARTA, 6 April 2019 – Guna merayakan ulang tahun ke-15 yang jatuh pada 3 April lalu, komunitas otomotif AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) mengadakan kegiatan bertajuk #Fantast15 di kawasan Car Free Day (CFD) Jakarta, Minggu (7/4/2019) besok. Kegiatan tersebut mengkampanyekan pengurangan pemakaian kantong plastic di kawasan Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin.

Taufik Hidayatullah, Ketua Umum AXIC, menjelaskan tema kegiatan ulang tahun kali ini adalah “Fantast15”. Tema ini untuk menggambarkan perjalanan dan kontribusi AXIC selama 15 tahun di industri dan komunitas otomotif nasional.

“Tahun ini kami ingin kampanye pengurangan pemakaian kantong plastik sebagai merupakan bentuk kepedulian AXIC terhadap lingkungan. Sebab sampah plastik di kota-kota besar terutama di Jakarta sangat mengkhawatirkan kondisinya. Apalagi sampah kantong plastik sangat sulit didaur ulang. Kita sudah darurat sampah plastik,” ujar Taufik dalam keterangan resminya.

Rencananya, perayaan HUT ke-15 AXIC sekaligus kampanye pengurangan kantong plastik ini berpusat di pelataran parkir pusat perbelanjaan Sarinah Thamrin. Start dari Sarinah Thamrin, para anggota AXIC dan undangan yang hadir akan diajak jalan santai (fun walk) di arena CFD sambil memberikan brosur-brosur tentang pentingnya pengurangan sampah plastik.

Ajakan membawa botol minum sendiri serta pemberian secara gratis tas daur ulang kepada warga sehingga bisa menekan penggunaan kantong plastik di arena CFD Jakarta. AXIC juga menyiapkan sekitar 500 tas daur ulang.

Selama acara juga disediakan pemeriksaan kesehatan dan mata gratis dari mitra AXIC. Meski kuat dengan pesan lingkungan, tema otomotif tetap hadir dalam perayaan Fantast15 AXIC, berupa pameran mobil lima model lawas Toyota Avanza.

Taufik mengatakan di usianya yang ke-15 tahun, AXIC akan terus konsisten mengampanyekan kebaikan di bidang otomotif, sosial seperti lingkungan, dan keluarga, sesuai dengan tiga pilar kegiatan AXIC.

“Seperti rencana kegiatan pada 7 April nanti, AXIC ingin berperan lebih jauh untuk kebaikan lingkungan hidup dengan mengampanyekan pengurangan penggunaan plastik dengan membagikan 500 kantong daur ulang,” pungkas Taufik.

Saat ini jumlah anggota AXIC di seluruh Indonesia sekitar 6.000 ID. Berdiri sejak 3 April 2004, AXIC juga makin Indonesia dengan memiliki 12 chapter di kawasan Jabodeta (tanpa Bekasi) dan 54 cabang, mulai dari Pulau Sumatra hingga Papua.

RAJU FEBRIAN