All New Honda Civic RS Meluncur di Indonesia, Semakin Dewasa dan Kaya Fitur Canggih di Evolusi ke-11

  • All New Honda Civic
  • All New Honda Civic
  • All New Honda Civic
  • All New Honda Civic
  • All New Honda Civic
  • All New Honda Civic
  • All New Honda Civic

JAKARTA, Carvaganza – Dua model sekaligus diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di penghujung bulan Oktober 2021 ini, yaitu All New Honda Civic RS dan All New Honda City. Eksistensi Civic sebagai sedan paling populer dalam sejarah Honda dilanjutkan melalui generasi kesebelas ini. Civic terbaru memadukan desain mature dan sporty, dengan rangkaian teknologi canggih.

Oleh PT HPM, All New Honda Civic dilansir dengan harga Rp 567 juta (OTR Jakarta), yang mengalami kenaikan harga Rp 34 juta dari model sebelumnya. civic telah berevolusi tampil lebih sederhana dan terkesan dewasa ketimbang model lama. Tapi di balik itu tentu terdapat berbagai penyempurnaan untuk bisa tetap kompetitif dan menarik di pasar Indonesia yang punya keinginan konsumen dinamis.

Civic generasi ke-10 punya gaya desain yang menampilkan permainan garis-garis tajam dan agresif. Gaya desain generasi ke-11 justru cenderung “humble”, tidak lagi diaplikasikan tarikan garis tajam dan lekuk yang agresif. Civic kini terlihat lebih dewasa dan minimalis, permainan lekuk garis body terbilang halus, namun tetap punya kesan yang menunjukkan karakter sporty.

All New Honda Civic

Gaya desain eksterior Civic terbaru terbilang diseragamkan dengan Accord sebagai kakaknya di lini sedan. Namun Civic tidak menerapkan desain grille depan yang melebar besar ke bawah, melainkan punya grille yang terpisah menjadi dua bagian. Grille utama di bagian atas berdimensi kecil memanjang tersemat logo RS, sementara di bagian bawah menjadi air dam besar dengan bentuk trapesium. Gaya sporty yang ditunjukkan oleh Civic terbaru dengan trim RS diwakili aksen hitam pada grille, air dam dan bezel fog lamp depan.

Baca Juga: Nih! Kami Review Langsung Mobil Listrik Wuling Seharga Rp 60 Jutaan yang Viral Itu

Warna hitam diaplikasi juga pada velg sporty berdiameter 17 inci, begitu juga dengan cover spion dan handle pintu yang menghiasi bagian samping eksteriornya. Seluruh frame jendela tidak menampilkan aksen chrome, melainkan warna hitam untuk menegaskan karakter sporty Civic RS. Tidak cukup sampai situ, terdapat juga ducktail hitam di kap bagasi dan dual exhaust pipe yang dipertahankan dari Civic Turbo generasi pendahulu.

Di bagian interiornya, Honda membuat visual Civic terbaru lebih simple demi mengutamakan pengalaman berkendara. Garis horizontal mendominasi desain dashboard, yang dihiasi oleh aksen honeycomb untuk menyembunyikan ventilasi AC. Layar sentuh y inci terpasang di tengah dashboard sebagai pusat infotainment, yang diklaim sudah punya Apple CarPlay dan Android Auto. Panel instrumen juga sudah full digital, menggunakan layar 10,2 inci yang tampilannya bisa berubah menyesuaikan mode berkendara.

All New Honda Civic

Sekali lagi, warna hitam mendominasi visualisasi Civic RS ke dalam kabinnya. Lapisan material kulit berwarna hitam dengan jahitan merah hadir pada lingkar setir, jok, sarung gear knob, dan arm rest di pintu. Lapisan jok menggunakan kombinasi lapisan kulit dan suede untuk memancarkan aura sporty. Pengemudi kini bisa memilih 3 mode berkendara; Normal, Sport, Eco melalui tombol di konsol tengah. Sebelumnya Civic hanya menyediakan tombol untuk mode Econ.

Civic generasi ke-11 adalah yang pertama di Indonesia sudah dilengkapi dengan paket fitur keselamatan dari Honda Sensing. Daftar fiturnya yaitu Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow (ACC + LSF), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Auto-High Beam (AHB) dan Lane Watch. Rangkaian fitur ini merupakan turunan dari Honda Accord, Odyssey , CR-V dan BR-V terbaru.

All New Honda Civic

Selain itu masih tersedia juga fitur pendukung seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Emergency Stop Signal, Drive Attention Monitor dan Seatbelt Reminder untuk setiap jok. Civic RS diklaim telah mendapatkan rating 5 bintang di pengujian ASEAN NCAP.

Akses masuk ke dalam kendaraan kini dibuat lebih berkelas, karena Honda memberikan Smart Key Card sebagai “kunci” mobil di Civic RS terbaru. Fitur kenyamanan lainnya juga meliputi Smart Entry, Walk Away Auto Door Lock dan Auto Fold Mirror.

All New Honda Civic

Untuk pasar Indonesia, seperti generasi sebelumnya Honda kembali mengandalkan mesin empat silinder 1.5 liter turbo VTEC untuk Civic RS. Mesin versi baru ini punya performa yang meningkat, dengan tenaga sebesar 178 hp dan torsinya mencapai 240 Nm yang didistribusikan ke roda depan via transmisi CVT. Sensasi berkendara sport bisa dinikmati melalui paddle shifter di balik setir.

Honda menawarkan empat pilihan warna untuk All New Honda Civic RS, yaitu Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl. Sayangnya Honda masih belum mendatangkan versi hybrid untuk Civic di Indonesia. Dan hanya satu varian yang diluncurkan untuk generasi ke-11 ini, yaitu Civic RS yang melengkapi model RS lainnya dari Brio, City Hatchback, Mobilio, dan Civic Hatchback generasi 10.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: BMW Seri 4 Gran Coupe Siap Debut Susul Seri 2 Coupe, Menawarkan Paket Serba Baru

Pelajari lebih lanjut tentang Honda Civic

  • Tampak Depan Bawah Honda Civic
Honda Civic
Rp 533 Juta Cicilan mulai dari : Rp 12,16 Juta

Mobil Honda Lainnya

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda Civic RS
    Honda Civic RS
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda WRV
    Honda WRV

Don't Miss

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya