Nih! Kami Review Langsung Mobil Listrik Wuling Seharga Rp 60 Jutaan yang Viral Itu

Wuling Hongguang Mini EV

JAKARTA, Carvaganza – Produsen mobil listrik asal Cina, Wuling Motors menggebrak. Hari ini, Kamis, (28/10) kami diajak mengunjungi Flagship Wuling Center yang berlokasi di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Menariknya, dua unit mobil listrik, Hongguang Mini EV terpajang.

Mobil listrik mungil yang dikenal sebagai Macaron itu di negara asalnya merupakan mobil listrik paling laris saat ini. Mobil ini di sana baru diluncurkan pada 2020 lalu. Tahu berapa harganya? Mulai dari 28.800 Yuan atau sekitar Rp 61 jutaan saja. Wajar saja animo pembelinya sangat tinggi.

Lantas mungkinkah harga mobil ini nanti di Indonesia akan semurah itu juga? Awalnya jawaban pihak Wuling yang kami dapatkan klise. “Kami belum bisa kasih banyak informasi saat ini,” ujar Brian Gomgom, Media Relations Wuling Motors Indonesia. Tapi kami kan kenal banyak orang dalam Wuling. Makanya kami korek informasi dari Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors yang kebetulan ada di lokasi tadi siang.

Wuling Hongguang Mini EV

“Begini mas, kalau di Cina ada skema insentif untuk mobil listrik. Nah di Indonesia kan berbeda, jadi harganya juga besar kemungkinan tidak sama dengan harga di Cina,” kata Danang. Masuk akal juga sih.

Kecewa? Jangan! Karena langkah Wuling ini sudah tergolong berani untuk ukuran brand otomotif yang usianya di Indonesia belum sampai lima tahun. Ya, pabrik Wuling di Cikarang, Indonesia baru mulai beroperasi 2017 lalu. Tapi sekarang mereka sudah berani janji mulai produksi mobil listrik di Tanah Air mulai akhir 2022.

Ini bukan isapan jempol belaka. Karena Shao Jie, eksekutif SAIC-GM-Wuling seperti yang kami lansir dari ChinaDaily.com beberapa waktu lalu pernah berkomentar akan memulai produksi model dari platform GSEV (Global Small Electric Vehicle) di pabrik Indonesia mulai 2022.

Wuling Hongguang Mini EV

Semakin menarik bukan? Semakin penasaran juga saya ingin tahu lebih dalam. Kebetulan kami punya kenalan orang dalam Wuling lainnya. Saat dihubungi, ternyata Pria yang tak bisa kami sebutkan namanya tersebut ada juga di lokasi kami berada. Usai dibujuk sedikit, beliau bersedia menemui saya.

“Coba perhatiin deh, kebanyakan mobil-mobil Wuling di Indonesia agak berbeda dari yang dijual di Cina. Pasti ada penyesuaian,” ujarnya. Kami ingat-ingat lagi, Wuling Confero memang agak berbeda dari Hongguang di Cina, begitupun dengan Wuling Cortez yang di sana dijual dengan nama Baojun 730. Berkaca dari informasi itu, besar kemungkinan mobil listrik yang dijual nanti bukan Mini EV yang kami lihat saat ini. Besar kemungkinan akan ada produk mobil listrik berdimensi ringkas sejenis yang dibangun di atas platform GSEV hasil racikan pabrik Wuling di Cikarang.

Berhubung mobil yang bisa saya oprek saat ini adalah Wuling Hongguang Mini EV, tak ada salahnya juga kita gali informasi lebih dalam seputar mobil ini. Sekaligus kita cek, seperti apa kualitasnya.

Eksterior

Wuling Hongguang Mini EV

Melihat mobil ini dari luar, bentuknya sih tak asing. Ya, Anda bukan orang pertama yang keliru kalau merasa bentuknya mirip Suzuki Karimun. Dimensi yang ringkas dengan desain sederhana dari depan mirip sekali Suzuki Karimun. Cuma mobil listrik ini dimensinya lebih kecil saja.

Tapi kalau bergeser ke samping bentuknya jelas berbeda. Karena ia hanya punya dua pintu dengan buntut yang sangat pendek. Dimensi panjangnya tak sampai 3 meter. Pillar-C diberi aksen motif hitam untuk memberi kesan atap belakang yang melayang. Desain velg miliknya pun lucu, mirip roda mobil-mobilan mungil.

Wuling Hongguang Mini EV

Belakangnya cukup menarik. Ada panel berwarna hitam glossy yang menghubungkan lampu kombinasi sebelah kiri dan kanan. Di tengahnya ada coakan untuk merogoh. Ternyata kalau dibuka, pintu bagasinya ya cuma sebesar itu saja. Mulut bagasinya kecil dan pas dibuka hampir tidak menyisakan ruang untuk menaruh tas atau koper. Karena ternyata di dalamnya ada empat kursi.

Interior

Wuling Hongguang Mini EV

Wuling Hongguang Mini EV ini memiliki konfigurasi kursi 4-seater. Kursi depan model ‘pocong’ khas LCGC. Kursi belakangnya tipis tanpa sandaran kepala. Karena pintunya cuma dua, masuk ke kursi belakang agak susah. Penumpang depan harus turun dulu untuk geser kursi biar penumpang belakang muat masuk ke dalam. Belum ada metode ‘one-touch thumble’ yang praktis itu.

Iseng, kami masuk ke dalam lalu sentuh-sentuh material kabinnya. Biasa saja sih tidak ada yang istimewa. Maklum karena di sana harganya juga sangat murah. Tapi jujur saja, material jok hingga dashboard semua tidak sampai membuat saya komplain. Apalagi desain kabinnya cukup rapih, minimalis dan efisien.

Daya tempuh dan pengisian baterai

Wuling Hongguang Mini EV

Mumpung ada Danang, saya tanya sekalian sedikit soal teknis. Wuling Hongguang Mini EV di Cina ini baterainya bisa terisi penuh cukup dengan 9,3 kWh listrik. Tarif dasar listrik PLN untuk rumah dengan golongan daya 901-6.600 VA adalah sekitar Rp 1.445 per kWh. Bulatkan saja jadi Rp 1.500. Kalau dikalikan 9,3 kWh maka hanya dibutuhkan Rp 13.950 atau sekitar Rp 14.000 untuk mengisi penuh energi baterainya. Jarak tempuhnya sampai energi baterai habis 120 km.

Wuling Hongguang Mini EV

Danang menambahkan bahwa ada pilihan baterai berkapasitas 13,8 kWh dengan jarak tempuh 170 km. Energi baterainya itu yang memutar satu unit motor elektris di gardan belakang. Kecepatan maksimumnya hanya 100 km/jam. Butuh waktu sekitar 6,5 jam sampai 9 jam untuk mengisi penuh energi baterainya dari kosong. Itu kalau pakai arus AC, kalau pakai arus DC hanya sekitar 3-4 jam lama pengisian saja. Tetapi perlu diingat, ini spesifikasi Wuling Hongguang Mini EV yang dijual di Cina.

Bagaimana, Anda tertarik? Jelas produk ini menarik. Karena saat ini mobil listrik yang dijual di Indonesia tak ada satupun yang harganya di bawah Rp 600 juta. Kalau ada mobil listrik yang berkualitas yang dijual seharga Rp 100 jutaan saja, pasti sangat menarik perhatian. Apalagi produk tersebut didukung jaringan penjualan dan fasilitas purna jual yang merata tersebar di seluruh Indonesia.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Pemerintah Berikan Apresiasi Kepada Hyundai Sebagai Produsen Mobil Listrik Pertama di Indonesia

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Wuling Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya