Akan Rilis Tahun Depan, Spesifikasi SUV Listrik Hyundai Ioniq 5 Bocor Duluan

SEOUL, Carvaganza.com – Ke depannya, lini produk bertenaga listrik dari Hyundai akan dipasarkan lewat merek Ioniq, yang akan masuk ke berbagai segmen. Model pertama adalah Ioniq 5, dengan wujud crossover / SUV urban, meluncur tahun depan. Namun belum juga rangkaian peluncuran diinisiasi, spesifikasi Ioniq 5 malah dibocorkan oleh website resmi Hyundai di Austria.

Hyundai memang merencanakan matang bagaimana model mereka akan meluncur. Momen harus pas apalagi untuk model baru demi memberikan kesan mengejutkan dan seru. Diketahui reservasi sudah bisa dilakukan di Austria untuk model Ioniq 5 First Edition. Namun bersamaan dengan itu, data spesifikasi ikut dimunculkan. Entah ketidaksengajaan ini direncanakan atau tidak, yang jelas segala potensinya bukan lagi sebuah misteri.

Berdasarkan data di situs resmi, edisi pertama Ioniq 5 akan dibekali dua motor listrik untuk menggerakkan keempat roda. Total outputnya tampak cukup mengesankan, diklaim sanggup mengail tenaga hingga 310 hp. Imbasnya jelas ke potensi berlari, mampu menuntaskan akselerasi ke 100 km/jam dalam tempo 5,2 detik.

Tak hanya kencang, dijanjikan jarak tempuh hingga 440 km dalam siklus pengujian WLTP lewat baterai 58 kWh. Melansir Korean Car Blog, baterai ini yang akan mengisi lantai platform Ioniq 5 First Edition. Kendati begitu, disebutkan pula akan ada opsi 73 kWh untuk tempuhan 550 km hanya saja belum diketahui apakah akan menjadi opsi di First Edition atau tidak. Di samping itu, melekat atap panel surya sebagai bantuan pengisian daya.

Sorotan utama sang SUV elektrik Hyundai adalah pemanfaatan platform E-GMP nan canggih. Ia mengadopsi sistem kelistrikan 800 V seperti Porsche Taycan. Memungkinkan pengisian ulang dari 15 ke 80 persen dalam waktu 15 menit saja lewat charger 350 kW eksklusif seperti Ionity. Pun tidak perlu kebingungan bila charger ultra cepat tersebut sulit ditemukan. Hal ini dikarenakan tersemat teknologi inverter multi-charging system – dipatenkan pertama oleh Hyundai. Dengan demikian, Ioniq 5 tetap dapat menerima asupan dari stasiun pengisian 50-150 kW.

Hingga saat ini wujud sang crossover EV masih dirahasiakan dan belum mau tampil telanjang tanpa baju kamuflase. Diperkirakan menganut tema rancangan sesuai model Hyundai 45 Concept. Statusnya terlihat rancu antara hatchback atau crossover. Secara dimensi dicatatkan figur 4.640 x 1.890 x 1.600 mm (PxLxT) yang berarti panjangnya berada di bawah Santa Fe dan Kona dengan tinggi sepantaran Kona. Hal menarik adalah jarak antar sumbu sampai 3.000 mm, menjanjikan kabin ekstra lapang.

Entah seperti apa detail fitur dan kelengkapannya. Disebutkan bakal memiliki spion samping berupa kamera sebagai opsi ekstra. Selain itu diprediksi kuat ia memainkan banyak layar digital dalam kabin. Tapi soal detailnya mungkin harus menunggu begitu nanti mendebut.

Segala informasi tadi dapat dijadikan acuan potensi Ioniq 5 nantinya. Meski begitu, disebutkan data “masih dapat berubah sebelum mulai diproduksi”. Untuk produksinya sendiri baru akan dimulai tahun depan. Juga di awal 2021 crossover bergaya hatchback ini baru akan mendebut.

Untuk pasar Austria sendiri dialokasikan sebanyak 150 unit First Edition. Calon pembeli sudah dapat melakukan reservasi sejak 18 Desember 2020 sampai akhir Januari 2021 dengan deposit 1.000 Euro (sekitar Rp 17 jutaan). Setelah itu mereka bisa mulai memilih warna dan melakukan pemesanan dari 2-16 Februari 2021. Ketika semua sudah selesai, pengiriman direncanakan terlaksana mulai Juni atau Juli 2021.

Sumber: Korean Car Blog, Car and Driver

AHMAD KARIM

Artikel yang direkomendasikan untuk anda