5 Film Ini Dianggap Punya Adegan Kejar-Kejaran Mobil Terbaik, Fast & Furious Gak Masuk!

The Frenc Connection

JAKARTA, Carvaganza – Dalam sebuah film laga umumnya penonton menantikan adegan yang paling seru dan menegangkan seperti baku hantam, tembak-menembak dan aksi pengejaran menggunakan kendaraan. Nah yang paling terakhir ini selain membutuhkan keahlian yang mendalam juga pastinya biaya yang besar agar menghasilkan gambar yang dramatis. 

Bahkan ada seorang penulis dan sutradara, William Friedkin yang menyatakan bahwa aksi pengejaran adalah bentuk sinema yang paling murni, sesuatu yang tidak dapat dilakukan di media lain mana pun. Selain dibutuhkan ketangkasan dibutuhkan pula unsur spontanitas dalam setiap aksi pengejaran menggunakan mobil. Hal tersebut demi menghasilkan gambar yang natural bahkan terlihat tidak seperti dikoreografikan meski adegan tersebut sudah diset secara matang. 

Selain itu salah satu kritikus film Dann Gire juga merepresentasikan bahwa adegan kejar-kejaran dalam sebuah film itu merupakan bagian yang paling sulit. Proses syuting untuk adegan khusus ini bisa mencapai dua bulan, tetapi di film hanya ditayangkan sekitar dua menit saja. Sementara itu, sejarawan film dan penulis sembilan buku James Bond, Raymond Benson menyatakan bahwa adegan kejar-kejaran bisa terlihat sangat keren, karena dalam prosesnya terdapat aksi yang mungkin mengorbankan nyawa seseorang. 

Nah, belum lama ini dua tokoh film internasional Gire dan Benson sempat mempresentasikan 10 adegan kejar-kejaran paling keren di beberapa film yang sudah dirilis belasan bahkan puluhan tahun lalu. Meskipun daftar yang mereka rilis hanya secara general dan spontan mulai dari aksi Cary Grant di North by Northwest Hitchcock hingga peran terobosan John Wayne di 1939 Western Stagecoach. Tetapi mereka memilih adegan kejar-kejaran yang tidak pernah terlupakan oleh pecinta film dan tentu saja ini merupakan sudut pandang yang berbeda.

5. To Live and Die in L.A.

Film rilisan 1985 ini dibintangi oleh William Petersen sebagai Richard Chance dan menampilkan adegan pengejaran Chance yang melarikan diri dari penyerang yang mengendarai Chevy Impala 1985. Adegan ini hampir memakan durasi 8 menit dengan set kendaraan melewati wilayah industri berpasir L.A. kemudian ke jembatan kering di Sungai L.A.

Mungkin latar belakang dengan jembatan sudah muncul di beberapa film seperti Terminator 2: Judgment Day, Drive hingga Grease. Tapi menurut Gire, aksi kejar-kejaran di film To Live and Die in L.A. punya ketegangan yang alami dan kabarnya aksi ini diangkat dari pengalaman pribadi sang sutradara saat mengendarai kendaraannya saat badai salju.

4. Indiana Jones: Raiders of the Lost Ark

Harusnya film ini tidak masuk dalam daftar ini, namun adegan pertarungan truk Nazi di mana Harrison Ford sebagai Indiana Jones mengejar Talbut Perjanjian menampilkan sesuatu yang tidak terlihat pada film Indiana Jones lainnya. Harrison Ford melakukan beberapa aksinya sendiri pada proses penggarapannya yang memakan waktu hampir delapan minggu. Pada scene tersebut ia terlihat melakukan aksi yang cukup ekstrem termasuk tergantung di kisi-kisi truk dan diseret di belakangnya.

Selain itu, kedua tokoh perfilman ini juga menyatakan bahwa adegan kejar-kejaran dalam film itu harus natural bahkan menampilkan rasa takut saat beraksi. Ia juga menyatakan bahwa The Fast and the Furious juga sarat dengan adegan kejar-kejaran keren tapi merusak kredibilitas.  Menurut Gire, ada unsur ketidakpercayaan yang tidak bisa diabaikan dalam setiap aksinya alias lebay dan menurutnya film ini kurang bagus.

3. Grindhouse

Selanjutnya film besutan Quentin Tarantino dan Robert Rodriguez yang bekerja sama untuk mengarahkan aksi menegangkan di Grindhouse. Dalam set tersebut ditampilkan Kurt Russell yang berperan sebagai pembunuh berantai yang mengendarai Dodge Charger 1969 dan sedang mengejar sekelompok wanita muda di 1970 Dodge Challenger.

Pada kendaraan yang dibawa oleh sekelompok wanita muda tersebut terdapat Zoe Bell yang terikat di atas kap mesin dan berayun-ayun akibat ditabrak oleh Kurt Russel. Scene ini menghasilkan sebuah adegan yang sangat menegangkan dan sangat otentik dari para pemainnya. Selain itu, gerakan yang dihasilkan oleh kendaraan tersebut juga terbilang sangat bagus untuk sebuah film dan menghasilkan tayangan yang menarik bagi penonton.

Gire dan Benson juga setuju bahwa keaslian, sebagian, berasal dari "aksi fisik organik" dan mobil yang melalui urutan pengejaran terlihat natural dan menghasilkan gambar yang bagus dibandingkan dengan yang film dengan bantuan efek digital di adegannya. Keduanya juga menempatkan Road Warrior: Mad Max 2, The Bourne Identity, Italian Job dan Ronin sebagai sebuah film yang bagus berkat adegan-adegan yang natural seperti Grindhouse.

2. Bullitt

Adegan kejar-kejaran pada film Bullitt yang melibatkan dua mobil berotot ikonik juga masuk dalam jajaran kedua pengamat film ini. Terdapat aksi Steve McQueen yang menggunakan Ford Mustang 390 1968 sedang mengejar para penjahat yang mengendarai Dodge Charger R/T 1968 dengan durasi kurang dari 10 menit. Sang sutradara menggunakan latar belakang daerah di sekitar San Francisco, tanpa dialog dan tanpa skoring namun menghasilkan adegan yang sangat menegangkan dan sangat alami.

Bahkan Gire juga menyatakan yang menghilangkan skoring dalam adegan tersebut adalah sang komposer film Bullitt, Lalo Schifrin dan itu mungkin jadi kunci dalam membuat adegan kejar-kejaran mobil terhebat.

1. The French Connection

Dengan latar belakang  jalur kereta di atas jalan raya dan suasana kota New York namun tetap menghasilkan adegan pengejaran yang legendaris. Dalam set tersebut Gene Hackman dan Jimmy Doyle tampak mengendarai sebuah Pontiac Lemans 1972 dengan situasi pengejaran yang sangat natural, tidak terprediksi, terlihat berbahaya dan menegangkan. Semuanya diatur sedemikian akurat demi menghasilkan sebuah pengejaran di dalam kota yang begitu pada.

“Dengan segala efek yang dihasilkan seperti decitan ban, raungan mesin sehingga membuat adegan kejar-kejaran mobil terbaik di antara semua film yang ada,” kata Benson. Ia juga menyatakan bahwa pecinta mobil dan film akan setuju dengan pendapat tentang film The French Connection.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga:

Sumber: Motor Authority

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya